Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ini 4 Manfaat EVOO untuk MPASI Serta Takaran yang Tepat

Ini 4 Manfaat EVOO untuk MPASI Serta Takaran yang Tepat

Ada banyak persiapan yang dilakukan ibu untuk memulai MPASI bayi. Terkadang, tak jarang Anda juga mendapatkan saran dari keluarga atau teman sehingga menjadi semakin bingung. Salah satunya pendapat untuk menggunakan extra virgin olive oil (EVOO). Apakah boleh menggunakan EVOO untuk MPASI? Apa saja manfaatnya dan berapa takaran yang tepat? Simak dulu penjelasannya.

Manfaat extra virgin olive oil (EVOO) untuk MPASI

EVOO untuk MPASI

Pada usia 6 bulan, Anda sudah bisa memberikan MPASI untuk membantu menambah kebutuhan asupan gizi dan nutrisi bayi.

Mengutip dari Pregnancy Birth, and Baby, tak hanya karbohidrat dan protein, perhatikan pula asupan lemak untuk memaksimalkan perkembangan bayi.

Hal ini karena lemak untuk MPASI dapat menyediakan energi serta nutrisi untuk pertumbuhan dan aktivitas fisiknya.

Namun, ibu sebaiknya memilih lemak tak jenuh sebagai makanan bayi karena lebih sehat dan baik untuk perkembangannya, salah satunya extra virgin olive oil (EVOO).

Extra virgin olive oil (EVOO) dianggap sebagai jenis minyak zaitun yang paling sehat karena pengekstraksiannya menggunakan metode alami.

Tak hanya itu saja, EVOO juga menggunakan standar kemurnian serta kualitas yang sangat terjaga dibandingkan dengan minyak zaitun biasa.

Berikut adalah beberapa manfaat extra virgin olive oil (EVOO) untuk MPASI.

1. Kebutuhan kalori tercukupi

Jika kebutuhan gizi bayi tercukupi, pertumbuhan bayi bisa optimal.

Saat berat badan si kecil tidak mengalami kenaikan yang signifikan, kemungkinan dokter akan memberi saran agar ia mendapatkan asupan makanan dengan kalori tinggi.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan EVOO untuk MPASI bayi karena kandungan kalorinya cukup tinggi dan tergolong sehat.

2. Mengandung lemak baik

Kandugan lainnya dalam extra virgin olive oil (EVOO) adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang juga bermanfaat untuk MPASI si kecil.

Hal ini karena peran dari lemak tak jenuh tunggal mempunyai kandungan antioksidan dan antiradang sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat hingga serangan jantung.

3. Meningkatkan perkembangan otak

Selain menjadi sumber energi, kandungan lemak baik dalam EVOO untuk MPASI juga bermanfaat membantu mengoptimalkan perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Lemak baik yang ada dalam EVOO juga berfungsi untuk membantu membentuk lapisan pelindung myelin yang mengelilingi sel otak.

Sekaligus dapat membantu penyerapan vitamin dan mineral penting dalam makanan.

Lalu, lemak tak jenuh adalah sumber nutrisi dalam makanan untuk membangun jaringan saraf, hormon, dan juga mata.

4. Mencegah penyakit kronis

Sudah dijelaskan sedikit di atas bahwa extra virgin olive oil (EVOO) mempunyai kandungan senyawa antioksidan serta antiinflamasi.

Asam oleat dalam EVOO untuk MPASI bermanfaat untuk mengurangi inflamasi sehingga dalam jangka panjang dapat mencegah peradangan kronis.

Takaran EVOO untuk MPASI

EVOO untuk MPASI

Walaupun extra virgin olive oil (EVOO) bermanfaat untuk kesehatan bayi, orangtua juga perlu memahami takaran yang tepat.

Sebaiknya, memang menggunakan takaran atau dosis yang tepat karena bagaimana pun tubuh si kecil masih beradaptasi dengan asupan makanan yang masuk.

Takaran minimal penggunaan EVOO untuk MPASI adalah seperempat sendok teh untuk satu porsi makanan. Perlu orangtua ketahui bahwa takaran berlebih dapat menjadi penyebab diare pada bayi.

Saran penyajian extra virgin olive oil (EVOO)

EVOO untuk MPASI

Sebagian orang mungkin menggunakan minyak kelapa untuk memasak langsung di penggorengan. Akan tetapi, perlu orangtua ketahui bahwa saat memasak, asam lemak baik dapat teroksidasi.

Ini akan mengakibatkan kandungan yang ada di dalamnya bereaksi dengan oksigen dan menjadi rusak.

Berbeda halnya dengan olive oil atau pun EVOO yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal sehingga tergolong tahan terhadap panas tinggi.

Meskipun tahan terhadap panas, sebaiknya penggunaan atau penyajian EVOO untuk MPASI adalah dengan mencampurkannya saat makanan sudah matang.

Anda boleh mencampurkannya setelah makanan jadi atau setelah menghaluskannya sesuai dengan tekstur yang diinginkan.

Hal ini dilakukan untuk menjaga agar menu MPASI yang sudah Anda rancang tetap terjaga nutrisinya dengan baik.

Jangan lupa untuk memperhatikan jenis EVOO yang Anda pilih untuk bayi dengan melihat label serta memeriksa kualitas yang sudah tersertifikasi.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai penggunaan EVOO untuk MPASI agar tetap waspada dengan kemungkinan reaksi alergi.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Starting Solid Foods. (2021). Retrieved 6 May 2021, from https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/feeding-nutrition/Pages/Starting-Solid-Foods.aspx

When, What, and How to Introduce Solid Foods. (2020). Retrieved 6 May 2021, from https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/foods-and-drinks/when-to-introduce-solid-foods.html

Why choose olive oil over other fats?. (2021). Retrieved 6 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/food-and-nutrition/faq-20058439

Publishing, H. (2021). Is extra-virgin olive oil extra healthy? – Harvard Health. Retrieved 6 May 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/is-extra-virgin-olive-oil-extra-healthy

About fat in your child’s diet. (2021). Retrieved 6 May 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/about-fat-in-your-childs-diet

Learn the facts about fat. (2021). Retrieved 6 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fat/art-20045550

Fats (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 6 May 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/fat.html

Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda . (2021). Retrieved 6 May 2021, from https://www.panganku.org/id-ID/view

Oil, A. (2021). Is It Safe to Cook with Extra Virgin Olive Oil?. Retrieved 6 May 2021, from https://www.aboutoliveoil.org/is-it-safe-to-cook-with-extra-virgin-olive-oil

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 04/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x