Nortriptyline obat apa?

Oleh

Nama Generik: Nortriptyline Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa nortriptyline?

Nortiptyline digunakan untuk mengobati kondisi mental seperti depresi. Nortiptyline dapat membantu memperbaiki mood dan memberikan perasaan senang, meredakan gelisah dan tegang, dan meningkatkan level energi. Obat ini dikategorikan dalam kelas tricyclic antidepressants (TCAs). TCAs bekerja memengaruhi keseimbangan bahan kimia alami dalam otak (neurotransmitters).

Nortriptyline juga dapat digunakan untuk mengobati rasa sakit seperti sakit saraf dan postherpetic neuralgia. Nortriptyline dapat digunakan untuk kondisi mental lainnya seperti gelisah dan panik atau membantu menghentikan kecanduan rokok.

Bagaimana cara penggunaan nortriptyline?

Ikuti petunjuk medis yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanya pada dokter atau apoteker.

Obat ini biasanya diminum 1-4 kali sehari atau sesuai instruksi dokter. Jika Anda menggunakan obat bentuk cairan, ukur dosis dengan hati-hati dengan alat pengukur khusus. Jangan gunakan sendok makan biasa karena Anda mungkin bisa salah mengukur dosis.

Dosis diberikan berdasarkan kondisi kesehatan dan respon Anda terhadap pengobatan. Untuk mengurangi rsiko efek samping (seperti mulut kering, pusing), dokter Anda mungkin memulai penggunaan obat dengan dosis yang ringan dan meningkatkannya di kemudian hari. Ikuti instruksi dokter dengan saksama.

Minum obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah obat ini pada waktu yang sama setiap hari. Jangan berhenti menggunakan obat ini sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Tetaplah menggunakan obat ini meskipun Anda sudah merasa lebih baik. Jangan hentikan penggunaan obat tanpa konsultasi dengan dokter Anda. Beberapa kondisi mungkin akan semakin buruk ketika penggunaan obat dihentikan secara mendadak. Juga, Anda mungkin akan merasakan gejala seperti mood yang berubah-ubah, sakit kepala, merasa lelah, dan perubahan saat tidur. Untuk menghindari gejala seperti ini, saat Anda menghentikan pengobatan dengan obat, dokter Anda mungkin akan mengurangi dosis Anda secara perlahan. Konsultasikan kepada dokter atau apoteker Anda untuk informasi lebih lanjut. Laporkan jika terdapat gejala baru atau keadaan Anda memburuk.

Obat ini tidak bekerja secara langsung. Anda mungkin akan merasakan manfaatnya setelah seminggu. Tetapi, baru dapat dirasakan efek optimalnya dalam waktu 4 minggu.

Beri tahu dokter Anda jika keadaan tidak membaik atau semakin buruk (seperti rasa sedih yang semakin parah, atau keinginan untuk bunuh diri).

Bagaimana cara penyimpanan nortriptyline?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis nortriptyline untuk orang dewasa?

Dosis orang dewasa untuk depresi

25-150 mg sehari diminum dengan dosis yang telah dibagi, total dosis mungkin dapat diberikan sehari sekali.

Bagaimana dosis nortriptyline untuk anak-anak?

Dosis depresi untuk anak

Keamanan dan efisien dari nortriptyline belum ditentukan untuk anak <13 tahun. Tetapi penggunaan nortriptyline mungkin cocok untuk beberapa situasi.

Depresi:

>13 tahun-18 tahun: 30-150 mg sehari, dibagi menjadi 3-4 dosis, atau total dosis diminum sekali sehari.

Dosis maksimal: 150 mg per hari.

Nocturnal Enuresis:

>= 6 -13 tahun

  • <25 kg: 10 mg per hari 30 menit sebelum tidur
  • 25 kg<35 kg: 10-20 mg per hari 30 menit sebelum tidur
  • 35 kg: 25-35 mg per hari 30 menit sebelum tidur

Dosis anak untuk Primary Nocturnal Enuresis

Penggunaan nortipryline pada anak <13 tahun belum ditetapkan. Tapi, penggunaan dapat sesuai pada situasi tertentu.

Depresi:

>13 – 18 tahun: 30-50 mg per hari, dibagi menjadi 3-4 dosis, atau total dosis diberikan sekali sehari. Dosis maksimal: 150 mg per hari.

Dalam dosis apakah nortriptyline tersedia?

Nortriptyline tersedia dalam dosis:

  • Kapsul: 10 mg, 25mg, 50 mg, 75 mg.
  • Obat cair: 10 mg bsae/5mL

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena nortriptyline?

Segera cari bantuan medis jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Laporkan jika terdapat gejala baru atau semakin buruk kepada dokter, seperti: perubahan mood atau sikap, gelisah, panik, susah tidur, atau jika Anda merasa terganggu, impulsif, gelisah, agresif, hiperaktif, lebih depresi atau berpikir untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Hubungi dokter jika Anda merasa:

  • penglihatan buram, mata terasa sakit atau bengkak, melihat halo di sekitar cahaya
  • gerakan otot yang meresahkan di mata, lidah, rahang, atau leher anda
  • perasaan  ingin pingsan
  • kejang
  • sakit dada yang baru terjadi atau memburuk, jantung berdetak cepat
  • tiba-tiba merasa kebas atau lemah, terjadi masalah pada penglihatan, bicara, atau keseimbangan
  • demam, sakit tenggorokan, mudah memar, pendarahan tidak wajar (hidung, mulut, vagina, dubur), noda ungu atau merah dalam kulit
  • sakit pada perut bagian atas, kehilangan napsu makan, penyakit kuning
  • sulit buang air kecil atau
  • level serotonin tinggi dalam tubuh—gelisah, berhalusinasi, demam, detak jantung cepat, mual, muntah, diare, hilangnya kordinasi, pingsan

Orang dewasa mungkin Akan merasakan efek samping lebih banyak dari obat ini.

Efek samping umum oleh nortriptyline seperti:

  • mual, muntah, hilang nafsu makan.
  • gelisah, insomnia
  • mulut terasa kering dan aneh
  • sulit buang air kecil
  • sulit buang air besar
  • perubahaan pada penglihatan
  • bengkak di bagian dada (wanita atau pria) atau
  • berkurangnya gairah seks, impotensi, atau sulit orgasme

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan nortriptyline?

  • beri tahukan dokter Anda jika Anda alergi terhadap nortriptyline atau obat depresan lain seperti as desipramine (Norpramin), clomipramine (Anafranil), imipramine (Tofranil), trimipramine (Surmontil) dan obat lain yang menggandung notriptyline kapsul atau cair. Tanyakan kepada dokter atau apoteker mengenai komposisinya.
  • beri tahu dokter Anda jika Anda menggunakan monoamine oxidase seperti isocarboxazid (Marplan), linezolid (Zyvox), methylene blue, phenelzine (Nardil), selegiline (Eldepryl, Emsam, Zelapar), dan tranylcypromine (Parnate), atau berhenti menggunakan MAO selama 14 hari. Dokter Anda mungkin menganjurkan untuk tidak menggunakan nortriptyline. Jika Anda berhenti menggunakan nortriptyline, Anda sebaiknya menunggu selama 14 hari untuk kembali menggunakan MAO.
  • beri tahu dokter dan apoteker Anda jika Anda mengkonsumsi obat baik obat resep dan non-resep, termasuk vitamin. Pastikan Anda menyebutkan: anticoagulant (pengencer darah) seperti warafin; antihistamines; chlorpropamide (Diabinese); cimetidine (Tagamet); flecainide (Tambocor); guanethidine (Ismelin); lithium (Eskalith, Lithobid); obat untuk tekanan darah tinggi, kejang, penyakit parkinson, diabetes, asthma, mual, gangguan jiwa, flu, atau alergi; methylphenidate (Ritalin); pengrileks otot; propafenone (Rhythmol); quinidine; sedatives; selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs) seperti citalopram (Celexa), escitalopram (Lexapro), fluoxetine (Prozac, Sarafem), fluvoxamine (Luvox), paroxetine (Paxil), dan sertraline (Zoloft); obat tidur; obat tiroid; dan penenang. Dokter Anda mungkin akan merubah dosis atau memantau efek samping lebih saksama
  • beri tahu dokter Anda jika Anda hamil, merencanakan kehamilan, atau menyusui. Jika Anda hamil ketika menggunakannya, hubungi dokter.
  • beri tahu dokter Anda jika Anda baru saja mengalami serangan jantung. Dokter Anda mungkin tidak menganjurkan penggunaan notrtriptyline.
  • beri tahu dokter Anda jika Anda mengalami pembesaran prostat, sulit untuk buang air kecil, diabetes, kejang, schizophrenia, reaksi tiroid berlebihan, penyakit liver, ginjal, atau jantung
  • beri tahu dokter atau dokter gigi Anda bahwa Anda menggunakan nortriptyline
  • Anda harus tahu bahwa obat ini membuat Anda mengantuk. Jangan menyetir atau menggunakan mesin sampai Anda tahu efek yang Anda rasakan akibat obat ini
  • bicarakan pada dokter Anda tentang keamanan penggunaan alkohol dengan obat.
  • hindari paparan sinar matahari secara langsung dan gunakan pakaian yang melindungi dari sinar matahari, kaca mata hitam, dan sunscreen. Nortriptyline membuat kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari
  • Anda sebaiknya tahu bahwa nortriptyline menyebabkan angle-closure glaucoma (kondisi di mana cairan mendadak dihentikan dan dapat mengalir melalui mata menyebabkan tekanan pada mata yang dapat membuat penderita kehilangan penglihatan). Mintalah pemeriksaan mata sebelum meggunakan obat. Jika Anda merasa mual, sakit pada mata, perubahan pada penglihatan, melihat lingkaran warna di sekitar cahaya, dan bengkak atau kemerahan di sekitar mata, segera hubungi dokter.

Apakah nortriptyline aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai resiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan resiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam resiko kehamilan kategori D menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori resiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak beresiko
  • B=Tidak beresiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin beresiko
  • D=Ada bukti positif dari resiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan nortriptyline?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan resiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan semua daftar produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter,

Penggunaan obat dengan obat lain yang menimbulkan kantuk akan memperburuk efek ini. Tanya dokter Anda sebelum menggunakan nortriptyline dengan pil tidur atau obat penenang.

Sebelum menggunakan nortriptyline, beritahu dokter jika Anda menggunakan SSRI anti-depresan dalam 5 minggu terakhir seperti citalopram, escitalopram, fluoxetine, fluvoxamine, paroxetine, atau sertraline. Anda harus menunggu 5 minggu setelah penghentian fluoxetine sebelum menggunakan nortriptyline.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan nortriptyline?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau pada makanan tertentu karena dapat menyebabkan interaksi obat. Mengkonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda terkait makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan nortriptyline?

Kehadiran masalah medis lain dapat memengaruhi kegunaan obat ini. Beritahu dokter Anda jika Anda memiliki masalah medis, terutama:

  • perubahan sikap (seperti agresif, panik)
  • bipolar disorder
  • glaukoma
  • masalah detak jantung (arrhtymia)
  • psikosis (penyakit kejiwaan)
  • skizofrenia (penyakit kejiwaan)
  • kejang
  • sulit buang air kecil—gunakan dengan hati-hati karena dapat memperburuk kondisi ini
  • serangan jantung,baru—sebaiknya tidak menggunakan obat ini dengan kondisi tersebut
  • penyakit jantung atau pembuluh darah atau
  • ohipertiorid (tiroid terlalu aktif)

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Dalam keadaan darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis:

  • detak jantung tidak teratur
  • kejang
  • koma
  • bingung
  • halusinasi
  • membesarnya pupil mata
  • rasa kantuk
  • gelisah
  • demam
  • temperatur tubuh rendah
  • otot yang tegang
  • muntah

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca