Nama Generik: Fosphenytoin Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa fosphenytoin?

Fosphenytoin adalah obat dengan fungsi mengobati beberapa jenis kejang parah (misalnya, status epilepticus). Obat ini juga digunakan untuk mencegah dan mengobati kejang yang mungkin terjadi selama atau setelah operasi otak atau sistem saraf. Selain itu, obat ini juga dapat digunakan untuk penyakit lain yang ditetapkan oleh dokter.

Fosphenytoin adalah antikonvulsan. Obat ini bekerja dengan menghambat penyebaran aktivitas kejang di dalam otak.

Bagaimana cara penggunaan fosphenytoin?

Gunakan Fosphenytoin sesuai arahan dokter. Periksa instruksi dalam kemasan mengenai penggunaan obat yang tepat.

Fosphenytoin diberikan dalam bentuk suntikan saat berada di kantor, rumah sakit, atau klinik. Hubungi dokter jika Anda memiliki pertanyaan.

Jangan menghentikan penggunaan secara tiba-tiba. Kemungkinan Anda akan mengalami peningkatan risiko kejang. Jika pemberhentian Fosphenytoin diperlukan, dokter akan menurunkan dosis secara bertahap.

Jika Anda melewatkan dosis Fosphenytoin, segera hubungi dokter.

Bertanyalah kepada dokter mengenai seluruh hal seputar penggunaan Fosphenytoin.

Bagaimana cara penyimpanan fosphenytoin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis fosphenytoin untuk orang dewasa?

Dosis dewasa biasa untuk status epilepticus

Dosis: 15-20 mg phenytoin natrium setara/kg IV dalam 100-150 mg PE/menit. Dosis maksimum 2.000 mg. Dosis pemeliharaan: 4-6 mg/kg/hari IV. Karena risiko hipotensi, Fosphenytoin harus diberikan paling cepat 150 mg PE/menit.

Dosis dewasa biasa untuk epilepsi

Dosis: 10-20 mg phenytoin natrium setara/kg IV pada tingkat 100-150 mg/menit. Dosis maksimum 2.000 mg. Dosis pemeliharaan: 4-6 mg/kg/hari IV dalam 3 sampai 4 dosis terbagi. Karena risiko hipotensi, Fosphenytoin harus diberikan paling cepat 150 mg PE/menit.

Bagaimana dosis fosphenytoin untuk anak-anak?

Dosis dewasa biasa untuk status epilepticus

Dosis untuk anak belum ditentukan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah fosphenytoin tersedia?

Larutan, injeksi, natrium: 100 MG PE/2ml, 500 MG PE/10ml

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena fosphenytoin?

Segera dapatkan pertolongan medis jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Beri tahu dokter Anda jika mengalami efek samping serius seperti:

  • Rasa panas yang parah, gatal, bengkak, kemerahan, atau perubahan warna kulit
  • Gangguan penglihatan atau berbicara
  • Merasa seperti akan pingsan
  • Nyeri dada, irama jantung tidak teratur, sesak napas
  • Demam, kelenjar bengkak, nyeri badan, gejala flu
  • Ruam kulit, mudah memar atau terjadi perdarahan, kesemutan parah, mati rasa, nyeri, kelemahan otot
  • Kebingungan, mual dan muntah, pembengkakan, berat badan naik drastis, buang air kecil lebih sedikit atau tidak sama sekali
  • Batuk yang memburuk disertai demam, sulit bernapas
  • Nyeri perut bagian atas, kehilangan nafsu makan, urin berwarna gelap, tinja berwarna tanah liat, sakit kuning (menguningnya kulit atau mata)
  • Rendah kalium (kebingungan, denyut jantung tidak merata, rasa haus yang ekstrim, peningkatan buang air kecil, rasa tidak nyaman pada kaki, kelemahan otot atau perasaan lemas)
  • Reaksi kulit yang parah —demam, sakit tenggorokan, pembengkakan pada wajah atau lidah, mata terasa terbakar, kulit terasa sakit, disertai dengan ruam kulit merah atau ungu yang menyebar (terutama di wajah atau tubuh bagian atas) serta lepuhan dan pengelupasan

Efek samping yang tidak terlalu serius yaitu:

  • Sembelit, mual ringan, mulut kering
  • Sakit kepala, pusing, mengantuk
  • Gatal ringan atau perasaan geli
  • Tremor, kelemahan otot, kehilangan koordinasi
  • Telinga berdengung
  • Sakit pinggul atau punggung

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan fosphenytoin?

JANGAN menggunakan Fosphenytoin jika:

  • Anda alergi terhadap bahan-bahan dalam Fosphenytoin atau Hydantoins lainnya (misalnya Fenitoin)
  • Anda memiliki masalah jantung (misalnya, detak jantung yang sangat lambat, blok jantung, sindrom Adams-Stokes)
  • Anda menggunakan Delavirdine

Hubungi dokter atau penyedia layanan kesehatan segera jika Anda mengalami salah satu dari yang tertera di atas.

Apakah fosphenytoin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai untuk menentukan risiko penggunaan pengobatan pada wanita selama kehamilan atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam kategori risiko kehamilan D.

  • A=tidak berisiko,
  • B=tidak berisiko pada beberapa studi,
  • C=mungkin ada risiko,
  • D=terbukti positif berisiko,
  • X=kontraindikasi,
  • N=tidak diketahui

Tidak ada penelitian yang memadai untuk menentukan risiko terhadap bayi ketika menggunakan obat ini selama menyusui. Pertimbangkan manfaat potensial terhadap potensi risiko sebelum mengambil obat ini saat menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan fosphenytoin?

Beberapa OBAT MUNGKIN BERINTERAKSI dengan Fosphenytoin. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, terutama salah satu dari obat-obatan berikut.

Banyak obat dengan/tanpa resep lainnya (misalnya digunakan untuk reaksi alergi, asma atau masalah pernapasan lainnya, pengencer darah, diabetes, infeksi, peradangan, sakit dan nyeri, gangguan hiperaktif penurunan perhatian, alkoholisme, kanker, disfungsi ereksi, tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, denyut jantung tidak teratur atau masalah jantung lainnya, hepatitis C, tingginya kadar zat besi dalam darah, kolesterol tinggi, HIV, KB, penggantian hormon, tekanan terhadap sistem kekebalan tubuh, gula darah rendah, gangguan mental atau suasana hati, kecanduan narkotika, nyeri, kejang, masalah lambung atau usus, sulit tidur), produk multivitamin, dan suplemen herbal atau makanan (misalnya teh herbal, koenzim Q10, bawang putih, ginseng, ginkgo, wort St John) dapat berinteraksi dengan Fosphenytoin. Tanyakan kepada dokter atau apoteker jika Anda tidak yakin jika ada obat yang mungkin berinteraksi dengan Fosphenytoin.

Data yang tercantum di atas bukan merupakan daftar lengkap mengenai seluruh interaksi yang mungkin terjadi. Tanyakan pada dokter bila Fosphenytoin dapat berinteraksi dengan obat lain yang Anda gunakan. Periksakan ke dokter sebelum Anda memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan fosphenytoin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Interaksi berikut ini dipilih atas dasar signifikansi potensi obat dan tidak semuanya termasuk.

Menggunakan obat ini dengan Etanol dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi kemungkinan tidak dapat dihindari dalam beberapa kasus. Jika digunakan bersama-sama, dokter dapat mengubah dosis atau jadwal untuk seberapa sering menggunakan obat ini, atau memberikan instruksi khusus mengenai penggunaan makanan, alkohol, atau tembakau.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan fosphenytoin?

Masalah kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Gangguan darah atau sumsum tulang (misalnya, agranulositosis, leukopenia, atau trombositopenia)
  • Diabetes
  • Gagal jantung
  • Hipotensi (tekanan darah rendah)
  • Limfadenopati (gangguan kelenjar getah bening)
  • Porfiria (masalah enzim). Gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • Blok jantung (misalnya, sindrom Adams-Stokes, blok AV, atau blok sinoatrial)
  • Sinus bradikardia (detak jantung lambat). Tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi ini.
  • Hipoalbuminemia (kandungan albumin rendah dalam darah)
  • Penyakit ginjal
  • Gangguan hati. Gunakan dengan hati-hati. Efek dapat meningkat karena pembuangan sisa obat dari dalam tubuh berjalan lebih lambat.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan