Cisapride obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Cisapride Merek: Acpulsif 5, Disflux, Pridesia 5, Ethiprid, Guarposid, Rapulid dan Stimulit.

Penggunaan

Untuk apa Cisapride?

Cisapride adalah obat yang digunakan untuk mengobati naiknya asam lambung (gastric reflux) yang biasanya dialami sebagai nyeri ulu hati (heartburn). Meski demikian, Anda harus tahu, bahwa obat ini peredarannya sudah dihentikan di Amerika.

Bagaimana cara penggunaan Cisapride?

Gunakan sesuai anjuran dokter Anda. Jangan menggunakan dosis yang lebih banyak atau sedikit atau lebih lama dari yang disarankan. Ikuti aturan pakai pada label resep.

Kocok dahulu suspensi atau obat oral (cair) dengan baik sebelum mengukur sebuah dosis. Ukur cairan dengan sendok ukur khusus atau cangkir obat, bukan dengan sendok biasa. Apabila Anda tidak memiliki alat untuk mengukur dosis, mintalah ke apoteker Anda.

Cisapride adalah obat yang biasanya digunakan empat kali sehari, setidaknya 15 menit sebelum makan dan saat waktu tidur. Bila Anda mengonsuminya, ikuti instruksi dokter.

Bagaimana cara penyimpanan obat ini?

Cisapride adalah obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                        

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Cisapride untuk orang dewasa?

  • Dosis untuk penyakit gastroesophageal reflux pada orang dewasa:

Gunakan sebanyak 10 mg oral empat kali sehari 15 menit sebelum makan dan pada waktu tidur. Dapat ditingkatkan hingga 20 mg per dosis apabila diperlukan.

  • Dosis untuk Gastroparesis pada orang dewasa:

Gunakan sebanyak 10 mg oral empat kali sehari 15 menit sebelum makan dan pada waktu tidur. Dapat ditingkatkan hingga 20 mg per dosis apabila diperlukan.

Gunakan sebanyak 5 mg oral 3 kali sehari 15 menit sebelum makan. Dapat ditingkatkan hingga 10 mg per dosis apabila diperlukan.

Bagaimana dosis Cisapride untuk anak-anak?

  • Dosis untuk penyakit gastroesophageal reflux pada anak-anak.

Untuk usia lebih dari 1 tahun gunakan 0.2 hingga 0.3 mg/kg/ dosis oral tiga hingga 4 kali sehari. Dosis maksimal hanya boleh10 mg per dosis.

Dalam bentuk dosis apakah Cisapride tersedia?

Cisapride adalah obat yang tersedia dalam bentuk tablet 10 mg dan20 mg dan cairan suspensi 1mg/ml.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Cisapride?

Cisapride adalah obat yang dapat menghasilkan efek samping. Apabila Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi pada obat ini, segera cari pertolongan medis: gatal-gatal; kesulitan bernapas; pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan. Hentikan penggunaan cisapride dan hubungi dokter apabila Anda mengalami efek samping serius seperti:

  • Denyut jantung yang cepat atau tidak teratur; atau
  • Merasa seperti akan pingsan.

Cisapride adalah obat yang dapat menimbulkan efek samping ringan, termasuk:

  • Sakit perut, mual, diare; atau
  • Sering buang air kecil

Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Cisapride?

Sebelum menggunakan cisapride ada baiknya beri tahu dokter dan apoteker apabila Anda memiliki alergi terhadap cisapride atau obat-obatan lain.

Beri tahu dokter apabila Anda hamil, berencana memulai kehamilan, atau sedang menyusui. Apabila Anda hamil saat sedang menggunakan cisapride, hubungi dokter.

Perlu diketahui bahwa obat ini dapat membuat Anda mengantuk. Jangan berkendara atau mengoperasikan mesin hingga Anda mengetahui bagaimana obat ini mempengaruhi Anda. Ingat bahwa alkohol dapat menambah rasa kantuk yang disebabkan obat ini.

Apakah Cisapride aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Amerika
Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut BPOM Amerika :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Cisapride?

Cisapride adalah obat yang bisa berinteraksi dengan obat tertentu. Meskipun beberapa obat tertentu tidak direkomendasikan untuk digunakan bersamaan, pada kasus lain dua obat-obatan yang berbeda dapat digunakan bersamaan meskipun interaksi obat mungkin terjadi. Pada kasus-kasus seperti ini, dokter Anda mungkin akan mengganti dosis, atau pencegahan lain yang perlu dilakukan. Beri tahu penyedia layanan kesehatan Anda apabila Anda menggunakan obat-obatan resep atau non-resep lain.

Jangan gunakan cisapride tanpa persetujuan dokter apabila Anda menggunakan obat-obatan berikut:

  • Antibiotik seperti clarithromycin (Biaxin), erythromycin (Ery-Tab, E.E.S., E-Mycin, dan lainnya)
  • Antidepresan seperti amitriptyline (Elavil, Vanatrip) atau nefazodone (Serzone)
  • Obat-obatan anti jamur seperti fluconazole (Diflucan), itraconazole (Sporanox), dan ketoconazole (Extina, Ketozole, Nizoral, Xolegal)
  • Phenothiazines seperti prochlorperazine (Compazine, others) dan promethazine (Phenergan, dan lainnya)
  • Heart medications seperti procainamide (Procan SR, Procanbid, Pronestyl) dan quinidine (Quin-G); atau
  • Obat-obatan HIV seperti indinavir (Crixivan) dan ritonavir (Norvir, Kaletra)

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Cisapride?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Cisapride?

Adanya masalah kesehatan lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahu dokter apabila Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:

  • Pendarahan atau penyumbatan pada perut Anda
  • Penyakit jantung atau pengerasan arteri
  • Gagal jantung bawaan
  • Denyut jantung yang lambat atau gangguan ritme jantung
  • Riwayat long QT syndrome pribadi atau keluarga
  • Cacat jantung
  • Penyumbatan jantung atau gangguan konduksi lain
  • Dehidrasi berat, malnutrisi, gangguan makan
  • Gagal ginjal; atau
  • Masalah paru-paru berat atau kanker stadium lanjut.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Juli 31, 2018

Sumber