home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Enak dan Mudah Dibuat, Bolehkah Makan Nasi Goreng Saat Sahur?

Enak dan Mudah Dibuat, Bolehkah Makan Nasi Goreng Saat Sahur?

Ada berbagai menu makanan saat sahur yang biasanya disajikan sebagai pembuka hari sebelum mulai berpuasa, satu di antaranya yaitu nasi goreng. Selain rasanya yang enak, proses pembuatan nasi goreng juga tidak memakan waktu lama. Namun, sebenarnya makan nasi goreng saat sahur itu boleh atau tidak, sih?

Apakah boleh makan nasi goreng saat sahur?

Kebanyakan orang mungkin berpendapat bahwa makanan apa saja bisa dimakan saat sahur untuk menjadi sumber tenaga saat berpuasa.

Hal ini tidak sepenuhnya salah karena makan sahur bisa diibaratkan seperti sarapan pagi. Asupan makanan maupun minuman yang Anda konsumsi saat sahur berguna sebagai sumber tenaga sampai waktu buka puasa tiba.

Hanya saja, sebaiknya tetap perhatikan sumber makanan yang Anda makan ketika sahur. Ini dikarenakan selama seharian penuh saat berpuasa Anda tidak makan dan minum apa pun.

Asupan yang salah saat sahur berisiko membuat puasa Anda terganggu. Ambil contohnya makan sahur dalam jumlah yang terlalu banyak dapat memicu perut begah dan sakit karena kekenyangan.

Itu sebabnya, ada aturan porsi makanan yang tepat serta jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur. Nah, yang kerap dipertanyakan yakni mengenai nasi goreng sebagai menu makanan saat sahur.

Sebenarnya, tidak ada larangan untuk menjadikan nasi goreng sebagai menu makanan saat sahur. Terlebih karena proses pembuatan nasi goreng yang terbilang mudah dan tidak memakan waktu lama.

Hal ini karena nasi goreng dapat dimasak dalam waktu singkat, terutama bila Anda hanya punya sedikit waktu sebelum imsak.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa sesuai dengan namanya, nasi goreng mengandung cukup banyak minyak.

Sadar atau tidak, makan makanan berminyak dapat membuat Anda lebih mudah merasa haus. Apalagi jika setelah makan nasi goreng Anda harus berpuasa sehari penuh sampai waktu berbuka tiba.

Alasan mengapa makanan berminyak bisa membuat haus karena ketika ditumis atau digoreng, kandungan minyak yang ada di dalam makanan tersebut akan hilang dan digantikan oleh lemak.

Itulah mengapa makanan berminyak biasanya memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan yang tidak berminyak dan tidak digoreng.

Jadi, selain mengandung lemak dan kalori yang cukup banyak, makan nasi goreng saat sahur juga bisa membuat tubuh gampang haus.

Makanan lain yang membuat tubuh cepat haus

Bukan hanya nasi goreng yang bisa membuat tubuh menjadi gampang haus saat puasa, makanan yang digoreng lainnya juga menimbulkan efek yang sama.

Ambil contohnya ayam goreng, tahu goreng, ikan goreng, dan berbagai jenis gorengan lainnya. Di sisi lain, makanan dengan kandungan garam yang tinggi juga memicu timbulnya rasa haus di dalam tubuh.

Melansir dari laman Moment of Science, asupan garam (sodium) yang terlalu banyak bisa mengganggu keseimbangan cairan di dalam sel-sel tubuh.

Ketika keseimbangan cairan di dalam sel-sel tubuh terganggu, Anda jadi lebih cepat merasa haus. Makanan dengan kandungan garam yang tinggi biasanya terdapat pada makanan cepat saji, pizza, hot dog, dan lain sebagainya.

Makan nasi goreng saat sahur tidak masalah, asalkan…

Meski sedang berpuasa, Anda tetap harus mencukupi semua kebutuhan nutrisi harian tubuh. Oleh karena itu, usahakan untuk makan beragam jenis makanan saat sahur, berbuka, dan makan malam.

Ketimbang hanya makan nasi goreng tanpa tambahan makanan lainnya ketika sahur, Anda bisa mencampurkan nasi goreng dengan potongan sayur dan kacang-kacangan sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat.

Pilihan sayur dan kacang-kacangan yang bisa Anda campurkan meliputi sawi, kacang polong, daun bawang, dan daun selada.

Bahkan, sah-sah saja untuk menambahkan buah-buahan ke dalam nasi goreng racikan Anda saat sahur untuk mempercantik tampilan, misalnya tomat dan mentimun.

Tambahkan juga lauk seperti daging ayam, daging sapi, dan telur untuk memenuhi kebutuhan protein. Jangan lupa, perbanyak minum air putih saat sahur untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Why Are Fried Foods Bad for You? Retrieved 21 April 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/why-fried-foods-are-bad

Why Salt Makes You Thirsty. (2011). Retrieved 21 April 2020, from https://indianapublicmedia.org/amomentofscience/why-salt-makes-you-thirsty.php

Why Do You Get So Thirsty When You Eat Foods High in Sodium? Retrieved 21 April 2020, from https://www.livestrong.com/article/476234-why-do-you-get-so-thirsty-when-you-eat-foods-high-in-sodium/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal diperbarui 05/05/2020
x