home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Cara Memasak Ayam yang Lebih Sehat Selain Digoreng

6 Cara Memasak Ayam yang Lebih Sehat Selain Digoreng

Memang sulit menolak lezatnya olahan ayam goreng, tapi menggoreng makanan terus menerus dampaknya akan berbahaya bagi tubuh. Adakah cara masak ayam selain digoreng? Ada, pastinya. Namun sebelum mengetahui cara masak ayam selain menggoreng, ada baiknya Anda menyimak bahaya makan makanan digoreng terlebih dahulu.

Mengapa makan ayam goreng terlalu banyak berbahaya bagi kesehatan?

Sudah jelas sekali kalau makan makanan yang digoreng dapat meningkatkan asupan lemak dan kalori lebih dalam tubuh. Terutama kalau menggorengnya berbarengan dengan makanan lain.

Mengapa demikian? Menggoreng makanan dengan jumlah banyak dalam waktu bersamaan bisa menurunkan suhu minyak. Nah, menurunnya suhu minyak ini membutuhkan waktu lebih lama untuk menggoreng makanan hingga matang. Sayangnya, makanan yang kelamaan digoreng akan menyerap minyak lebih banyak, sehingga jumlah lemak dalam makanan jadi ikut tinggi.

Mengingat lemak dan kalori yang tinggi dalam makanan bisa meningkatkan risiko kesehatan yang buruk, seperti obesitas, sakit jantung dan stroke, cobalah untuk sedikit demi sedikit mengurangi masak ayam dengan cara menggoreng.

Cara masak ayam selain digoreng

1. Ayam tim atau ayam kukus

Anda bisa mengukus ayam yang dibaluri dengan olesan bawang putih bubuk, lada dan garam secukupnya. Ayam yang dikukus akan mengandung kadar lemak dan kolesterol yang lebih rendah. Selain itu, masak ayam dengan cara dikukus bisa memberikan aroma wangi yang sedap pada menu masakan ayam Anda.

2. Ayam bumbu pesmol

Selain ikan, ayam juga bisa diolah menggunakan bumbu pesmol. Bumbu pesmol merupakan olahan lauk dengan ciri khas warna kuningnya. Makanan istimewa khas masyarakat Sunda dan Betawi ini hanya menggunakan kunyit, lada, garam dan jeruk nipis sebagai bumbu utamanya. Selain kaya rempah, menu ayam pesmol juga bisa menurunkan risiko lemak dan kalori berlebih.

3. Ayam saus kecap atau saus asam manis

Ayam saus kecap atau saus asam manis juga bisa menggantikan menu masak ayam selain digoreng. Selain sederhana dan mudah, karena hanya membutuhkan kecap dan saus tomat, Anda bisa menambahkan sayuran, tahu atau tempe dalam olahan ayam bumbu saus Anda. Gizi dari masakan Anda lebih bervariasi dan makanan pun lebih menggugah selera.

5. Ayam panggang

Salah satu cara klasik untuk memasak ayam adalah dengan memanggang. Memanggang membutuhkan sedikit minyak, namun tidak mengurangi kelezatan menu ayam Anda.

Kunci untuk memanggang ayam yang benar adalah dengan mengatur panas oven atau panggangan sebesar 220 – 230 derajat Celcius. Hindari juga menggunakan kertas aluminum foil terlalu sering ketika memanggang, karena bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

6. Ayam tumis

Segala masakan yang ditumis memang lezat, termasuk juga dengan ayam. Menumis ayam juga merupakan cara menyediakan lauk sederhana yang kadar lemak, kalori, dan kolesterolnya rendah. Aroma lauk tumisan juga lebih sedap daripada makanan yang digoreng.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 18/07/2017
x