home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

6 Cara Masak Ayam yang Lebih Sehat Selain Digoreng

6 Cara Masak Ayam yang Lebih Sehat Selain Digoreng

Memang sulit menolak lezatnya olahan ayam goreng, tapi menggoreng makanan terus menerus dampaknya akan berbahaya bagi tubuh. Adakah cara masak ayam selain digoreng? Sebelum itu, simak bahaya makan makanan digoreng terlebih dahulu.

Makan ayam goreng terlalu banyak berbahaya bagi tubuh

Sudah jelas sekali kalau makan makanan yang digoreng dapat meningkatkan asupan lemak dan kalori lebih dalam tubuh. Terutama kalau menggorengnya berbarengan dengan makanan lain.

Menggoreng makanan dalam jumlah banyak pada waktu yang bersamaan bisa menurunkan suhu minyak. Menurunnya suhu minyak ini membutuhkan waktu lebih lama untuk menggoreng makanan hingga matang.

Sayangnya, makanan yang kelamaan digoreng akan menyerap minyak lebih banyak, sehingga jumlah lemak dalam makanan jadi ikut tinggi.

Mengingat lemak dan kalori yang tinggi dalam makanan bisa meningkatkan risiko kesehatan yang buruk seperti obesitas, sakit jantung, dan penyakit stroke, cobalah untuk sedikit demi sedikit mengurangi masak ayam dengan cara menggoreng.

Cara masak ayam selain digoreng

Mengetahui bahwa makan makanan yang digoreng berisiko terhadap kesehatan, mestinya Anda yang suka makan ayam goreng mencari tahu alternatif cara masak ayam yang lain. Nah, di bawah ini berbagai pilihan cara masak ayam selain digoreng.

1. Ayam tim atau ayam kukus

Anda bisa mengukus ayam yang dibaluri dengan olesan bawang putih bubuk, lada, dan garam secukupnya. Ayam yang dikukus akan mengandung kadar lemak dan kolesterol yang lebih rendah.

Selain itu, masak ayam dengan cara dikukus bisa memberikan aroma wangi yang sedap pada menu masakan ayam Anda.

2. Ayam bumbu pesmol

Selain ikan, ayam juga bisa diolah menggunakan bumbu pesmol. Bumbu pesmol yaitu olahan lauk dengan ciri khas warna kuningnya.

Makanan istimewa khas masyarakat Sunda dan Betawi ini hanya menggunakan kunyit, lada, garam dan jeruk nipis sebagai bumbu utamanya. Selain kaya rempah, menu ayam pesmol juga bisa menurunkan risiko lemak dan kalori berlebih.

3. Ayam saus kecap atau saus asam manis

Ayam saus kecap atau saus asam manis bisa mengganti menu masak ayam selain digoreng. Selain mudah karena hanya membutuhkan kecap dan saus tomat, Anda bisa menambahkan sayuran, tahu, atau tempe ke dalam olahan resepnya.

Gizi dari masakan ayam kecap atau ayam manis bikinan Anda akan lebih bervariasi dan makanan pun lebih menggugah selera.

5. Ayam panggang

Salah satu cara klasik untuk memasak ayam yakni dengan memanggang. Memanggang membutuhkan sedikit minyak, namun tidak mengurangi kelezatan menu ayam Anda.

Kunci untuk memanggang ayam yang benar adalah dengan mengatur panas oven atau panggangan sebesar 220 – 230 derajat Celsius. Hindari juga menggunakan aluminum foil terlalu sering saat memanggang, karena berisiko bagi kesehatan tubuh.

Kenapa Memanggang Makanan Lebih Sehat Daripada Menggoreng?

6. Ayam tumis

Segala masakan yang ditumis memang lezat, termasuk juga dengan ayam. Menumis ayam juga merupakan cara menyediakan lauk sederhana yang kadar lemak, kalori, dan kolesterolnya rendah. Aroma lauk tumisan juga lebih sedap daripada makanan yang digoreng.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 24/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri