home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Boleh Langsung Makan Setelah Olahraga?

Apakah Boleh Langsung Makan Setelah Olahraga?

Merasa lapar setelah olahraga? Tentu bukan Anda saja yang merasakan hal ini. Hampir semua orang yang baru saja selesai olahraga, pasti akan merasa lapar dan ingin makan sesuatu. Terkadang, ini bisa bikin Anda dilema, apakah harus menahan lapar setelah olahraga atau tetap makan setelah olahraga. Sebenarnya boleh tidak makan setelah olahraga? Atau haruskah Anda menahan lapar tersebut agar sesi olahraga Anda tadi tidak sia-sia?

Bolehkah makan setelah olahraga?

Apapun olahraga yang Anda lakukan, entah itu olahraga kardio atau latihan kekuatan otot, tetap menghabiskan energi. Maka itu, banyak orang yang kemudian merasa perut keroncongan setelah olahraga. Tak sedikit pula yang bingung, apakah ingin tetap menjaga diet dan mempercepat penurunan berat badan dengan tidak makan atau harus menuruti keinginan perut.

Sebenarnya, sah-sah saja jika Anda makan setelah olahraga, bahkan Anda sudah boleh makan sekitar 15-30 menit setelah olahraga selesai. Tubuh tetap butuh asupan makanan sebagai pengganti energi yang sebelumnya telah terkuras. Olahraga yang sebelumnya dilakukan tidak akan sia-sia jika Anda makan setelahnya. Pasalnya, ketika Anda berolahraga, cadangan lemak yang terpakai sebagai bahan energi.

Nah, makanan yang Anda santap setelah olahraga tidak akan langsung berubah menjadi cadangan lemak yang sebelumnya telah dibakar saat olahraga. Ini karena suatu makanan akan diubah menjadi lemak jika memang kebutuhan makanan jaringan dan sel tubuh sudah terpenuhi. Jadi, bisa dibilang lemak tubuh adalah sisa makanan yang tak terpakai jadi energi.

Lagi pula, otot-otot Anda membutuhkan energi dan makanan pengganti setelah bekerja keras. Dengan begitu, otot bisa pulih kembali dan Anda pun mampu kembali untuk melanjutkan aktivitas atau bahkan melakukan olahraga pada jadwal berikutnya. Jadi, tidak perlu merasa bersalah jika Anda merasa kelaparan dan ingin makan setelah olahraga.

setelah olahraga

Akan tetapi, hati-hati dengan jenis makanan yang Anda pilih

Tak ada salahya makan setelah olahraga, tapi hati-hati dalam memilih jenis makanan yang akan Anda konsumsi. Salah-salah memilih jenis makanan, justru akan membuat olahraga yang sebelumnya Anda lakukan sia-sia.

Bukan berarti Anda bisa makan apa pun. Jangan mentang-mentang perut keroncongan, Anda dapat makan dalam porsi yang banyak. Tetap saja, Anda harus mengatur dan memilih makanan yang sehat.

Konsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Hindari makanan yang berlemak tinggi setelah Anda berolahraga. Hindari juga makan makanan yang berat setelah berolahraga. Ini hanya akan membuat perut Anda “kaget”.

Alih-alih memakan semua makanan tinggi kalori tersebut, sebaiknya ganti dengan makanan yang ringan tapi cukup bisa menggantikan energi Anda yang hilang. Apalagi, jika Anda merasa pusing dan lemah setelah berolahraga, maka makanan atau camilan manis cukup bisa membantu memulihkan energi Anda dengan cepat.

Selain itu, Anda juga bisa makan makanan seperti buah-buahan yang punya kandungan gula alami. Salad atau gado-gado juga bisa menjadi pilihan. Setelah itu, selang 30-60 menit Anda bisa mengonsumsi makan makanan berat. Dengan catatan, jika memang sudah jadwalnya makan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Healthline. (2018). Post-Workout Nutrition: What to Eat After a Workout. [online] Available at: https://www.healthline.com/nutrition/eat-after-workout#section5  [Accessed 31 Jan. 2018].

Smith, M. (2017). How Long After I Work Out Should I Eat?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: https://www.livestrong.com/article/437419-how-long-after-i-work-out-should-i-eat/  [Accessed 31 Jan. 2018].

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 12/02/2018
x