Banyak mitos kanan-kiri yang berpendapat bahwa vagina seorang wanita seharusnya memiliki rasa dan aroma sedap, salah satunya dengan makan nanas untuk menghadirkan sensasi rasa air mani yang manis.

Penelitian ilmiah yang khusus untuk mempelajari pengaruh konsumsi makanan dan minuman tertentu terhadap aspek fisik kehidupan seks seseorang jumlahnya masih sangat sedikit, namun tidak sedikit pula anekdot yang beredar di masyarakat tentang efek nanas pada performa dan penampilan vagina wanita. Tidak sedikit pula pro kontra yang menyelimuti mitos klasik ini.

Jadi, benarkah makan nanas bisa membuat vagina terasa manis?

Apa yang mempengaruhi aroma vagina?

Vagina yang sehat secara alami akan memiliki pH alami asam, serta koloni bakteri baik yang bertugas untuk menangkal infeksi dan menjaga ekosistem vagina tetap selaras. Maka dari itu, organ intim Anda hanya akan memiliki satu jenis bau dan aroma: sebagaimana layaknya sebuah vagina. Genitalia manusia yang sehat dan normal, termasuk penis, tidak seharusnya mengeluarkan wewangian harum seperti kebun bunga atau segar buah-buahan, tidak peduli apa yang disampaikan oleh iklan sabun pembersih organ intim di media massa.

Dilansir dari Elite Daily, vagina pada umumnya akan memiliki rasa yang tidak begitu masam, tetapi sedikit sepat, akibat dari kombinasi pH dan kumpulan bakteri sehat. Vagina terkadang bisa mengeluarkan rasa dan aroma logam akibat tingginya kadar asam, terutama sebelum, selama dan setelah periode menstruasi Anda.

Namun, jangan khawatir. Setiap wanita akan memiliki bau dan rasa yang khas dan unik, berbeda satu sama lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal yang bisa mempengaruhi dan terpengaruh oleh keseimbangan pH vagina, termasuk pelumas alami tubuh, cairan tubuh yang dikeluarkan saat terangsang atau bergairah, keringat, dan pola makan.

Singkatnya, besar kemungkinan tidak ada yang salah dengan bagaimana vagina Anda berbau atau memproduksi cairannya — kecuali Anda memiliki infeksi bakteri.

Apakah makan nanas mempengaruhi rasa vagina?

Beberapa berpendapat bahwa makan nanas dan buah-buahan lainnya dapat membuat air mani Anda terasa lebih manis, dan beberapa makanan berbau menyengat mungkin memiliki efek sebaliknya. Mitos ini tidak sepenuhnya salah.

Aroma tubuh sangat penting untuk merangsang gairah. Pakar seks, Timaree Schmidt, dilansir dari Food Mic, berujar bahwa secara naluriah, manusia bisa mendeteksi tingkat kesehatan, hormon, bahkan kemiripan kromosom dari pasangan mereka untuk medeteksi apakah mereka bisa menjadi pasangan yang cocok, hanya dari aroma tubuh.

Air mani, begitu pula dengan cairan tubuh lainnya termasuk cairan vagina, mewakili kesehatan pribadi pada umumnya. Anda akan bisa melihat dampak dari apa yang dikonsumsi oleh tubuh dengan memperhatikan apa yang dikeluarkan oleh tubuh. Semua cairan tubuh bisa dipengaruhi oleh bagaimana Anda mengatur asupan makanan dan gaya hidup sehari-hari. Sebagai contoh, memakan banyak makanan berbau menyengat, seperti rempah-rempah, bawang putih, dan daging merah bisa mendorong tubuh Anda untuk mengeluarkan aroma tidak sedap. Begitu pula dengan merokok atau mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak yang bisa merusak kadar pH alami dalam vagina.

Yang perlu dipahami, hasilnya tidak akan langsung didapat dan belum tentu bekerja efektif pada semua orang. Makan nanas sebelum seks hanya demi mendapatkan performa vagina yang diinginkan tidak akan bisa mengusir lemak, racun, dan minyak dari satu piring nasi padang saat makan malam sebelumnya. Selain itu, perubahan rasa ini hanya akan bertahan beberapa hari karena keseimbangan hormon alami tubuh Anda akan kembali normal seiring waktu.

Untuk mendapatkan rasa dan aroma vagina yang “permanen”, Anda membutuhkan perubahan pola makan dan asupan makanan Anda secara keseluruhan, bukan hanya satu kali makan berpiring-piring nanas sebagai persiapan sebelum berhubungan seks. Pola makan seimbang, minum banyak air, mendapatkan cukup banyak serat, dan memelihara kebersihan vagina dapat membantu tubuh Anda mengatur keberlangsungan hidup bakteri baik dalam saluran pencernaan dan area intim Anda.

Jika Anda menyadari bau aneh menyengat yang berbeda dari biasanya, kemungkinan bau tersebut disebabkan oleh infeksi. Segera konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang diperlukan, karena tentunya sekilo nanas tidak akan bisa banyak membantu untuk menutupi bau ini.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca