Ibu Merokok Saat Hamil? Ini Dampaknya

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17/06/2019
Bagikan sekarang

Berdasarkan data Centers Disease Control and Prevention, masih terdapat 10 persen perempuan yang merokok pada 3 bulan terakhir usai kehamilannya. Sebanyak 55 persen di antaranya memutuskan berhenti selama kehamilan, dan 40 persen di antaranya kembali merokok 6 bulan setelah persalinan. Tapi sebenarnya, apa yang akan terjadi kalau ibu merokok saat hamil?

Kandungan dalam rokok

Rokok mengandung sejumlah substansi yang berbahaya karena berdampak racun bagi tubuh, dua di antaranya yang paling sering menjadi pembahasan adalah karbon monoksida dan nikotin (subtansi pada rokok yang dapat menyebabkan pemakainya merasa ketagihan). Dalam sekali isap, substansi-substansi tersebut akan terserap dalam darah Anda, dan akhirnya diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah, hingga mencapai janin Anda.

Merokok saat hamil, apa dampaknya?

Prosesnya yang secara langsung memapari janin seperti yang telah disebutkan di atas tersebut memberikan beberapa dampak terhadap janin bila ibu merokok saat hamil, antara lain:

  • Mengurangi kandungan oksigen bagi ibu dan janinnya
  • Meningkatkan tekanan jantung si bayi
  • Meningkatkan risiko si bayi untuk keguguran maupun lahir mati
  • Meningkatkan risiko si bayi lahir prematur maupun berat bayi lahir rendah. Beberapa bayi berakhir kematian karena kondisi ini.
  • Meningkatkan risiko si bayi mengalami gangguan paru-paru
  • Meningkatkan risiko si bayi mengalami cacat lahir
  • Meningkatkan risiko si bayi kalaupun berhasil lahir dengan sehat tapi mengalami kematian mendadak bahkan sebelum usianya berhasil menginjak 1 tahun (sudden infant death syndrome)
  • Dapat memicu terjadinya gangguan pada plasenta, saluran penghubung ibu dengan si bayi. Gangguan pada plasenta dapat menyebabkan jantung bayi tidak berfungsi secara normal, semakin sulitnya proses persalinan serta terganggunya aliran baik makanan maupun oksigen dari ibu kepada bayi.

Menjadi perokok pasif juga tak lantas menurunkan dampak yang akan janin Anda rasakan, seperti asma, alergi serta risiko terpapar infeksi telinga dan paru-paru.

Berhenti merokok saat hamil

Anda tentu akan diminta untuk berhenti merokok terlebih bila Anda tengah mengandung. Berhenti merokok dapat membantu jantung Anda dan janin Anda kembali berdetak secara normal dan potensi janin Anda untuk menderita gangguan pernapasan pun akan berkurang.

Perlu Anda ketahui juga bahwa terdapat beberapa gejala yang akan Anda alami saat Anda memutuskan berhenti, seperti terus-terus merasa butuh rokok, merasa sangat lapar, frekuensi batuk meningkat, sakit kepala dan kesulitan berkonsentrasi.

Tapi Anda tak perlu khawatir, gejala-gejala tersebut akan hilang setelah kira-kira 10 hingga 14 hari. Tanamkan dalam pikiran Anda alasan mengapa Anda berhenti, dapat membantu Anda agar Anda tak mudah goyah. Gejala-gejala tersebut tak akan dapat dibandingkan dengan dampak yang akan Anda dan janin Anda rasakan, bila Anda memutuskan untuk tetap merokok.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Kulit Wajah Terlihat Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Alih-alih mendapatkan pregnancy glow, sebagian orang malah merasa kulit wajah jadi lebih kusam saat hamil. Apa penyebabnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Kapan Waktu Terbaik untuk Kontrol Kandungan Selama Pandemi COVID-19?

Pemeriksaan kehamilan amatlah penting. Di sisi lain, pemeriksaan kehamilan selama pandemi COVID-19 membuat ibu rentan tertular. Apa yang harus ibu lakukan?

Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 29/04/2020

6 Makanan Bergizi untuk Memperkuat Kandungan

Selain sehat untuk ibu, berbagai makanan ini juga dapat memperkuat janin dalam kandungan agar masa kehamilan tetap lancar.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Aturan Menjalankan Puasa yang Aman Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil yang sehat diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa, namun harus lebih diperhatikan nutrisinya. Bagaimana cara menjalankan puasa saat hamil?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 25/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

hamil setelah keguguran

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020
menu puasa untuk ibu hamil

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
puasa bagi ibu hamil

4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020
gangguan makan ibu hamil

Berbagai Jenis Gangguan Makan yang Umum Dialami Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020