backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

8 Merk Pasta Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 02/01/2024

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    8 Merk Pasta Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil

    Selain perlu menjaga pola makan sehat, ibu hamil juga harus menjaga kebersihan salah satunya gigi. Namun, memilih merk pasta gigi yang aman untuk ibu hamil agak sedikit tricky. Selain ibu hamil lebih sensitif pada bau menyengat, ada sejumlah kandungan yang perlu Anda perhatikan, berikut ulasan selengkapnya.

    Cara memilih merk pasta gigi untuk ibu hamil

    Pada masa kehamilan, perawatan mulut dan gigi memerlukan perhatian khusus karena bisa berdampak pada kesehatan ibu dan janin secara keseluruhan.

    Mengutip Journal of The Turkish-German Gynecological Association, mengabaikan kesehatan mulut dan gigi selama kehamilan tidak hanya menyebabkan kerusakan gigi, tetapi juga masalah pada janin, seperti:

    Pastikan Anda memakai sikat gigi berkepala lembut dan pasta gigi berfluoride (dalam batas wajar). Setidaknya sikat gigi dua kali sehari dan bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi atau sikat interdental.

    Sementara itu, untuk mengetahui merk pasta gigi yang aman untuk ibu hamil, Anda bisa memeriksa kandungan di dalamnya.

    Adapun beberapa bahan atau zat pada pasta gigi yang sebaiknya ibu hamil hindari, seperti:

    • paraben,
    • triclosan,
    • Sodium Lauryl Sulphate (SLS),
    • pewarna atau pemanis buatan, dan
    • karagenan.

    Jadi, pastikan sejumlah zat tersebut tidak terkandung dalam pasta gigi pilihan Anda.

    Rekomendasi merk pasta gigi untuk ibu hamil

    memilih pasta gigi berlubang

    Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat, kami memiliki rekomendasi merek pasta gigi untuk ibu hamil yang aman dan tidak bikin mual berikut ini.

    1. Systema Pasta Gigi Sensitive Whitening

    Anda merasa terganggu dengan gigi ngilu selama hamil? Tenang, ada Systema Pasta Gigi Sensitive Whitening.

    Sesuai namanya, produk ini memiliki formulasi khusus untuk gigi sensitif yang aman digunakan oleh ibu hamil.

    Dengan kandungan potassium nitrate, Systema Pasta Gigi Sensitive Whitening membantu mengurangi rasa ngilu pada gigi sensitif.

    Sementara itu, kandungan aluminum lactate berfungsi menyumbat permukaan dentin yang terbuka, sehingga rasa ngilu di gigi hilang seketika.

    Nomor registrasi BPOM: NA18151400062

    2. Colgate Great Regular Flavor Toothpaste

    Colgate Great Regular Flavor Toothpaste adalah salah satu pilihan merk pasta gigi yang aman untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda selama masa kehamilan. 

    Pasta gigi ini mengandung fluoride dan kalsium untuk melindungi gigi dari kerusakan dan memperkuat enamel. 

    Selain itu, pasta gigi Colgate ini tidak menyebabkan mual atau muntah pada ibu hamil karena rasa mint yang tidak terlalu kuat. 

    Jika Anda merasa sensitif terhadap rasa mint, Anda bisa mencoba varian rasa lain, seperti kayu manis, semangka, jeruk, atau lemon.

    Nomor registrasi BPOM: NA11221400046

    3. Pepsodent Sensitive Mineral Expert

    Pepsodent Toothpaste Sensitive Expert Original adalah pasta gigi untuk gigi sensitive dengan rasa original yang efektif mengatasi masalah gigi ngilu hanya dalam waktu 30 detik.

    Pasta gigi ini mengandung bahan-bahan khusus seperti potassium yang dapat meredakan rasa ngilu gigi sensitif dengan cepat.

    Selain itu, produk ini tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi tetapi juga menutup kembali bagian lubang-lubang tak kasat mata pada gigi.

    Nomor registrasi BPOM: NA18181400159

    4. Mama’s Choice Toothpaste

    Hati-hati terhadap risiko toksin tertelan saat menyikat gigi. Rawat gigi dan mulut dengan Mama’s Choice Toothpaste yang diklaim sebagai pasta gigi khusus ibu hamil pertama dengan formula aktif natural yang aman.

    Pasta gigi ini tidak mengandung fluoride, triclosan, paraben, sulfat, dan pewarna atau pemanis buatan yang membahayakan janin.

    Selain tidak bikin mual untuk ibu hamil, pasta gigi Mama’s Choice efektif mencegah gigi berlubang, gusi bengkak, dan berdarah.

    Nomor registrasi BPOM: NA18191405052

    5. Sensatia Botanicals Cinna-mint Natural Toothpaste

    Diperkaya dengan kayu manis, daun peppermint dan minyak daun tea tree, Sensatia Botanicals Cinna-mint Natural Toothpaste efektif membersihkan karang gigi dan merawat gusi.

    Kandungan calcium glycerophosphate membantu menetralisir asam dan menguatkan enamel gigi.

    Sementara kayu manis merupakan antimikroba alami dan bertindak sebagai pereda nyeri ringan.

    Dengan rutin sikat gigi menggunakan pasta gigi Sesatia Botanicals ini, Anda akan memiliki gigi yang lebih kuat dan bebas lubang.

    Nomor registrasi BPOM: NA18171400141

    6. Dentova Toothpaste

    Dentova Toothpaste adalah pasta gigi periodontal yang diformulasikan secara khusus oleh para dokter gigi Perancis untuk perawatan gigi sensitif.

    Pasta gigi ini mengandung kalsium yang dapat mencegah terjadinya pengikisan lapisan email gigi dan menyeimbangkan asam yang dihasilkan oleh bakteri.

    Selain itu, tidak mengandung alkohol, triclosan, phthalate, paraben, preservatives, dan pewarna atau pemanis buatan, sehingga aman untuk ibu hamil dan anak-anak.

    Nomor registrasi BPOM: NA 18181400010

    7. Motherlove Gentle Toothpaste Blueberry 

    Motherlove Gentle Toothpaste Blueberry merupakan merek pasta gigi dengan kombinasi bahan alami dan organik, yang teruji aman untuk ibu hamil.

    Pasta gigi ini juga mengklaim tidak meninggalkan residu berbahaya, serta tidak memicu mual.

    Kandungan xylitol, mint, menthol, aloe vera, teh hijau, eucalyptus, sage, dan propolis yang berfungsi sebagai pencegah gigi berlubang, penyegar napas, anti-iritasi, dan antibakteri.

    Tak heran, bila merk pasta gigi Motherlove bisa jadi alternatif pilihan yang aman untuk ibu hamil.

    Nomor registrasi BPOM: NA18211400094

    8. Grants Of Australia Toothpaste

    Berbeda dengan produk-produk sebelumnya, Anda mungkin tidak cukup familiar dengan merek yang satu ini.

    Pasta gigi natural asal Australia ini meraih penghargaan Australia Canstar Blue Awards 2020, 2021, 2022 sebagai Best Consumer Choice dari segi efektifitas, rasa, tekstur dan value for money.

    Grants Mild Mint mengandung bahan-bahan yang menyembuhkan seperti lidah buaya organik yang dapat menenangkan gigi dan gusi, serta kandungan herbal alami untuk perawatan mulut yang lembut dan napas segar.

    Kalau gigi Anda sensitif dan sering sariawan saat hamil, pasta gigi merek Grants bisa jadi solusinya.

    Nomor registrasi BPOM: NB02231400005

    Itulah beberapa rekomendasi merk pasta gigi yang dijamin aman untuk ibu hamil dan tidak bikin mual. Selain harus menyikat gigi secara rutin, Anda juga perlu memeriksa gigi ke dokter untuk menjaga kesehatan gigi.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Fakta medis diperiksa oleh

    Hello Sehat Medical Review Team


    Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 02/01/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan