Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 Makanan yang Dilarang Saat Hamil Muda, Apa Saja?

7 Makanan yang Dilarang Saat Hamil Muda, Apa Saja?

Perubahan tubuh pada masa kehamilan merupakan hal yang umum wanita rasakan salah satunya adalah keinginan untuk mengonsumsi sesuatu atau ngidam. Namun, Anda tetap harus memperhatikan asupan gizi di trimester pertama kehamilan. Apa saja makanan yang dilarang atau tidak boleh dimakan ibu saat hamil muda? Simak penjelasannya di sini.

Jenis makanan yang dilarang saat hamil muda

makanan yang dilarang saat hamil muda

Mengutip Intermountain Healthcare, rata-rata ibu hamil merasakan keinginan untuk mengonsumsi hal yang tidak biasa alias ngidam. Sayangnya, tidak semua makanan dapat dikonsumsi apalagi pada trimester pertama karena ditakutkan akan membahayakan janin.

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan gizi saat hamil untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Berikut adalah makanan yang dilarang atau tidak boleh dimakan ibu saat hamil muda.

1. Daging mentah atau setengah matang

Saat hamil muda, sebaiknya Anda mengonsumsi daging yang sudah dimasak dengan matang. Hindari mengonsumsi daging mentah atau setengah matang. Mengutip dari Mayo Clinic, daging mentah dapat memicu terjadinya toksoplamosis atau infeksi parasit yang dapat membahayakan ibu serta bayi.

Parasit atau bakteri kemungkinan dapat mengakibatkan stillbirth, penyakit saraf, bayi lahir cacat, juga kondisi epilepsy.

Selama kehamilan, Anda berisiko tinggi mengalami keracunan makanan. Maka dari itu, daging setengah matang atau mentah menjadi makanan yang dilarang serta dihindari untuk ibu hamil pada trimester pertama.

Tak hanya itu saja, daging olahan juga menjadi salah satu makanan yang dilarang saat hamil muda kecuali Anda memanaskannya terlebih dahulu.

2. Makanan laut mentah

Selain sashimi, makanan laut mentah seperti kerang, oyster, dan scallop juga menjadi makanan yang dilarang atau harus dihindari saat hamil muda. Hal ini karena ikan mentah atau kerang dapat menjadi penyebab penyakit infeksi virus serta bakteri.

Infeksi tidak hanya membuat Anda menjadi lemah dan dehidrasi, tetapi juga bisa fatal untuk perkembangan janin, salah satunya adalah infeksi listeria. Walau tidak menunjukkan gejala, ada kemungkinan dapat mengakibatkan bayi lahir prematur hingga keguguran.

3. Ikan yang mengandung merkuri tinggi

Sebagian besar ibu hamil muda dianjurkan mengonsumsi protein seperti ikan karena kandungan asam lemak omga 3 yang baik untuk perkembangan otak. Namun, Anda juga perlu berhati-hati karena ada makanan laut atau ikan yang mengandung merkuri tinggi.

Merkuri merupakan unsur beracun dan berbahaya untuk sistem saraf, kekebalan tubuh, organ ginjal, hingga perkembangan anak.

Sebagian jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi adalah tuna mata besar, king mackerel (tenggiri raja), swordfish, dan lain-lainnya. Sebaiknya, hindari terlebih dahulu jenis ikan yang dilarang atau tidak boleh dimakan saat hamil muda ini.

4. Telur mentah atau setengah matang

Jika Anda terbiasa mengonsumsi makan telur setengah matang, segera hindari kebiasaan ini karena bisa mengakibatkan keracunan makanan akibat bakteri.

Telur mentah atau setengah matang menjadi makanan yang dilarang saat hamil muda atau trimester pertama karena terkontaminasi oleh bakteri Salmonella.

Gejala dari infeksi bakteri ini biasanya adalah demam, mual, muntah, kram perut, hingga diare. Namun, dalam kasus tertentu inffeksi juga dapat menyebabkan kram rahim, kelahiran prematur, atau stillbirth.

Hindari pula makanan yang mengandung telur mentah lainnya seperti mayonaise, telur orak-arik setengah matang, dan lain-lain.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

5. Buah atau sayuran yang tidak dicuci

Buah serta sayuran mempunyai manfaat tertentu untuk ibu hamil pada setiap trimester kehamilan.

Akan tetapi, jangan lupa untuk mencuci sayuran atau buah terlebih dahulu agar terhindar dari bakteri serta parasit. Salah satu parasit berbahaya yang mungkin tertinggal pada buah atau sayuran adalah Toxoplasma.

Ada kemungkinan ibu terserang flu selama sebulan atau lebih. Kemungkinan lainnya, bayi mengalami kerusakan mata atau otak, kebutaan, hingga cacat.

Jadi, buah atau sayuran yang belum dicuci bersih adalah makanan yang dilarang atau harus dihindari saat hamil muda. Ini juga berlaku pada sebagian sayuran mentah karena menjadi makanan yang tidak boleh dimakan ibu saat hamil muda seperti tauge, lobak, semanggi, dan lain-lain.

6. Hati

Sebenarnya, organ dalam dari ayam maupun sapi mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Akan tetapi, organ seperti hati menjadi salah satu makanan yang dilarang saat hamil muda karena bisa berbahaya bagi bayi yang belum lahir.

Hal ini karena terlalu banyak mengonsumsi vitamin A yang berasal dari protein hewani pada trimester pertama kehamilan dapat mengakibatkan kelainan bawaan pada bayi dan keguguran.

7. Makanan yang tidak dipasteurisasi

Susu mentah, keju serta jus yang tidak dipasteurisasi, serta sebagian jenis keju ada kemungkinan mengandung berbagai bakteri berbahaya. Maka dari itu, beberapa macam makanan di atas juga dilarang dan tidak boleh dimakan saat hamil muda.

Padahal, proses pasteurisasi menjadi salah satu cara efektif untuk membunuh bakteri berbahaya tanpa mengubah nilai gizi.

Hindari pula keju lunak seperti brie, feta, hingga keju biru (blue cheese) karena terbuat dari jamur yang kemungkinan mengandung bakteri listeria.

Anda bisa mengonsumsi keju mozarela, cheddar, krim keju, serta keju dari susu yang sudah melalui proses pasteurisasi.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Fruits, Veggies and Juices from Food Safety for Moms to Be. (2020). Retrieved 12 March 2021, from https://www.fda.gov/food/people-risk-foodborne-illness/fruits-veggies-and-juices-food-safety-moms-be

Pregnancy diet: Focus on these essential nutrients. (2021). Retrieved 12 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-nutrition/art-20045082

Foods to avoid in pregnancy. (2021). Retrieved 12 March 2021, from https://www.tommys.org/pregnancy-information/im-pregnant/nutrition-in-pregnancy/foods-avoid-pregnancy

Do you know which foods to avoid when you’re pregnant?. (2021). Retrieved 12 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-nutrition/art-20043844

Foods to avoid when pregnant. (2021). Retrieved 12 March 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/foods-to-avoid-when-pregnant

Why Pregnancy Can Make You Have Weird Cravings. (2021). Retrieved 12 March 2021, from https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/intermountain-moms/2016/10/why-pregnancy-can-make-you-have-weird-cravings/

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita