Beragam Pilihan Obat Flu Alami yang Ampuh Redakan Hidung Mampet

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Flu membuat Anda susah bernapas lega, tenggorokan gatal, hidung meler atau tersumbat, bersin-bersin, hingga mata yang terus berair. Meski memang bukan penyakit berbahaya, gejala flu yang tidak diobati bisa mengganggu aktivitas. Kabar baiknya, ada banyak pilihan obat flu alami dan tradisional yang sudah dipercaya sejak ribuan tahun lalu.

Obat flu tradisional

Berikut ini sejumlah pilihan obat flu tradisional yang bisa Anda coba untuk meredakan gejala flu.

1. Air putih hangat

minum terlalu banyak air putih

Banyak minum air putih adalah obat flu alami warisan nenek moyang yang paling manjur dan sering dianjurkan dokter modern. Ya! Cobalah minum segelas air putih hangat setiap malam sebelum tidur dan di pagi hari setelah bangun.

Air putih hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran hidung, mencegah dehidrasi, serta meredakan peradangan di jaringan hidung dan tenggorokan.

Jika tak suka dengan rasa air putih yang tawar, Anda bisa membuat secangkir teh hangat. Tambahkan satu sendok teh madu, perasan air lemon, jahe, atau daun mint untuk memperkaya citarasa sekaligus membantu melegakan pernapasan.

2. Bawang putih

khasiat bawang putih

Sejak dulu, nenek moyang kita sudah menjadikan bawang putih sebagai obat flu tradisional karena bumbu dampur ini ternyata kaya nutrisi dan antioksidan.

Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih memiliki efek antivirus yang dapat mencegah pilek atau flu, serta mempercepat penyembuhan penyakit. Kandungan minyak allicin (senyawa yang memberikan harum khas bawang putih) juga dipercaya ampuh untuk melawan pilek dan flu.

Makan bawang putih mentah-mentah adalah cara mengatasi flu yang paling baik. Namun jika risih atau tidak suka dengan baunya, Anda bisa mencampur rajangan bawang putih ke dalam berbagai masakan rumahan. Misalnya, tumis buncis bawang putih. Jangan lupa irisan bawang putihnya dimakan juga, ya!

Anda juga bisa menambahkan beberapa irisan bawang putih, atau tumbuh halus satu siung, ke dalam semangkuk air panas untuk menguapi wajah Anda selama 10 menit.

3. Madu

minum madu

Selain bawang putih, madu juga termasuk sebagai obat flu alami yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu.

Sifat antimikroba alami dari madu dapat membantu tubuh melawan kuman penyakit, termasuk bakteri dan virus penyebab flu. Madu juga membantu meredakan gejala penyerta flu, seperti pilek dan batuk.

Sebagai cara meredakan flu, Anda bisa melarutkan 2 sendok madu dalam segelas air hangat untuk diminum setiap pagi dan malam hari.

Ada satu hal penting yang harus ketahui; madu tidak boleh diberikan pada anak kecil dan bayi yang usianya kurang dari 1 tahun. Memberikan madu pada bayi justru meningkatkan risiko mereka terkena infeksi botulisme. Jadi, hindari menggunakan madu sebagai obat flu alami untuk anak-anak, ya!

4. Teh hijau

khasiat teh hijau untuk rematik

Masyarakat Tiongkok sudah sejak ratusab tahun lalu menggunakan teh hijau sebagai obat tradisional penangkal sakit, termasuk flu. Kabar baiknya, sudah banyak penelitian medis modern yang mendukung teori ini.

Salah satu penelitian tersebut dimuat dalam Journal of Synthetic Chemistry and Natural Product Chemistry. Peneliti menyimpulkan teh hijau mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi flu.

Peminum teh hijau dilaporkan memiliki sistem imun yang lebih baik sehingga sel dalam tubuh mereka bekerja lebih efisien melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Perlu diperhatikan bahwa teh hijau mengandung kafein. Jika Anda mempertimbangkan memberikan teh hijau kepada anak Anda, cukup berikan satu cangkir kecil teh hijau hangat dalam sehari untuk melegakan hidung dan tenggorokannya.

5. Jahe

obat asam lambung alami

Manfaat jahe kesehatan memang sudah tak diragukan lagi. Sebagai obat flu tradisional, jahe membantu melemaskan otot saluran pernapasan untuk melegakan hidung serta menguatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, jahe juga mengurangi rasa mual dan menghangatkan tubuh yang sedang tidak enak badan akibat kena flu.

Anda bisa mengolah jahe menjadi beragam panganan. Akan tetapi, wedang jahe mungkin yang paling mudah dimudah. Anda cukup merebus jahe merah yang sudah digeprek ke dalam panci sampai mendidih. Setelah itu, saring air rebusan jahe untuk diminum. Tambahkan sedikit perasan lemon atau madu untuk memperkaya rasanya.

Anda juga bisa menyeduh beberapa iris jahe bersama teh hangat.

6. Daging tanpa lemak

daging untuk anak

Zat besi sangat penting untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara paling efisien untuk memenuhi asupan zat besi adalah dengan mengonsumsi daging tanpa lemak.

Tidak hanya menyediakan zat besi yang mudah diserap oleh tubuh, daging tanpa lemak juga mengandung zinc, mineral lain yang baik untuk mencegah infeksi.

Oleh karena itu, bila Anda mulai merasa sedikit mampat atau berair, makanlah sepotong daging merah tanpa lemak, daging unggas (mungkin sup ayam?), ikan atau kerang dapat membantu Anda melawan kuman.

7. Sup ayam

sup sayuran

Terdengar klise, namun sup ayam memang masuk dalam daftar obat flu tradisional yang bisa Anda coba dan terbukti.

Pnelitian medis yang ada saat ini menyatakan sup ayam dapat meredakan peradangan yang menyebabkan gejala pilek dan flu. Sup bening juga dapat mencairkan lendir dalam hidung, tenggorokan, dan paru-paru sehingga Anda bisa bernapas lebih lega.

Agar tidak bosan hanya menghirup kuah sup, tambahkan mie kuning dan potongan sayur warna-warni. Selain memvariasikan tekstur makanannya, tambahan vitamin dan karbohidratnya dapat membantu meningkatkan energi dan menguatkan daya tahan tubuh.

Pilihan obat flu alami lainnya

Selain menggunakan bahan alami dari dapur, ada juga sejumlah hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meringankan gejala flu.

Berikut pilihan obat flu alami lainnya yang bisa Anda coba di rumah.

1. Istirahat di rumah sampai pulih

sakit saat haid

Istirahat di rumah merupakan salah satu obat flu alami terbaik. Pasalnya, flu adalah penyakit yang sangat menular. Virus penyebab flu bisa menyebar lewat udara ketika Anda berbicara, batuk, dan bersin.

Tetap beraktivitas seperti biasa ketika Anda sedang kena flu justru meningkatkan risiko penularan penyakit ke orang lain. Maka ketika sakit flu, ada baiknya Anda beristirahat di rumah untuk sementara sampai kondisi Anda benar-benar membaik.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun juga menganjurkan demikian. Dalam laman resminya, CDC merekomendasikan orang yang sakit flu untuk istirahat di rumah setidaknya 24 jam (1 hari) setelah demam turun.

2. Kumur air garam

manfaat air garam untuk kesehatan mulut

Air garam telah digunakan sebagai obat flu alami secara turun temurun di berbagai belahan dunia. Air garam terbukti oleh penelitian medis dapat membantu mencegah flu semakin parah.

Studi dari University of Michigan Medical Center, Amerika Serikat menemukan bahwa berkumur dengan air garam juga sekaligus membantu melegakan hidung yang tersumbat lendir serta tenggorokan yang sakit dan gatal karena terus-terusan batuk untuk membuang dahak.

Bagi yang masih sehat, berkumur air garam bisa mencegah agar Anda tak tertular virus flu.

Menurut Mayo Clinic, agar efeknya maksimal Anda hanya perlu melarutkan setengah sendok teh garam dalam satu gelas air hangat. Setelah itu, kumur-kumur ke kanan, kiri, dan atasselama beberapa detik, lalu buang airnya. Air bekas berkumur jangan ditelan, ya!

3. Sangga kepala pakai bantal tambahan

tidur yang cukup cegah Alzheimer

Tidak bisa tidur nyenyak karena hidung mampet? Coba ganjal kepala dengan bantal eksta agar posisi kepala Anda lebih tinggi dari badan ketika tidur.

Len Horovitz, seorang dokter spesialis paru-paru di Lenox Hill Hospital, New York mengatakan bahwa menyelipkan satu bantal tambahan di bawah kepala bisa membuat lendir mengalir turun dengan sendiirinya agar Anda bernapas lebih lega tidur lebih nyenyak.

Namun, hati-hati. Jangan sampai bantal yang Anda gunakan terlalu tinggi agar tidak membuat leher sakit. Alih-alih ingin tidur nyenyak, pakai bantal ketinggian justru membuat tidur Anda jadi tidak nyaman. Jangan lupa utamakan kenyamannya Anda selama tidur, ya!

4. Berendam air hangat

manfaat mandi air hangat

Selain untuk relaksasi, berendam air hangat ternyata juga bisa jadi obat flu alami. Saat Anda berendam air hangat, uap hangatnya dapat membantu mengencerkan lendir dan melemaskan saluran hidung yang bengkak. Alhasil, Anda bisa bernapas lebih lega.

Isi bak mandi dengan air panas lalu berendam, atau duduk di atas toilet, dan hirup uap panasnya secara perlahan.

Jika tidak bisa melakukannya di kamar mandi, Anda bisa mengirup uap dari air panas yang ditampung dalam sebuah baskom. Tutupi kepala Anda dengan handuk kecil agar uapnya tidak menyebar ke mana-mana dan sekaligus menjaga agar airnya tidak cepat mendingin.

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti peppermint untuk membantu melegakan saluran napas Anda.

5. Pakai humidifier

manfaat Humidifier

Kombinasi suhu dingin dan udara kering di ruangan ber-AC bisa memperparah gejala flu Anda karena menyebabkan mulut kering, serta tenggorokan dan hidung gatal.

Supaya udara di dalam ruangan Anda lebih lembap, coba pasang humidifier. Namun, memakai humidifier tidak boleh asal. Pastikan Anda berkomitmen untuk rutin membersihkan alat ini sebelum dan setelah memakainya agar tidak memicu pertumbuhan kuman di dalamnya.

Jika Anda malas membersihkannya, maka bersiaplah dengan risiko terkena infeksi saluran pernapasan akibat pertumbuhan bakteri dan jamur.

Di sisi lain, pemakaian humidifier yang berlebihan juga dapat membuat udara di ruangan terlalu lembap. Jika udara terlalu lembap, maka jamur dan bakteri sangat mudah berkembang biak.

5. Rajin cuci tangan

cara cuci tangan

Obat flu alami lainnya yang tak penting adalah cuci tangan. Cuci tangan merupakan aktivitas sederhana yang dapat mencegah penyakit flu semakin parah sekaligus menghindari penularan ke orang lain.

Nah, supaya tubuh Anda lekas sembuh dan terhindar dari infeksi virus lainnya, pastikan Anda rutin cuci tangan. Mengutip dalam laman CDC, cuci tangan harus dilakukan ketika:

  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan
  • Sebelum makan
  • Sebelum dan setelah menjenguk atau berinteraksi dengan orang yang sakit
  • Sebelum dan setelah mengobati luka terbuka
  • Setelah selesai menggunakan kamar mandi
  • Seletah mengganti popok bayi
  • Setelah bersin, batuk, atau mengeluarkan ingus
  • Setelah menyentuh hewan, makanan hewan, maupunn kotoran hewan
  • Setelah menyentuh tong sampah

Gunakan sabun antiseptik dan air bersih ketika cuci tangan. Apabila tidak tersedia sabun dan air bersih, Anda bisa menggunakan pembersih tangan (hand sanitizer) yang mengandung alkohol.

Flu umumnya bisa sembuh sendiri dalam 5-7 hari setelah terinfeksi. Namun, Anda harus segera ke dokter jika masih belum sembuh juga meski sudah mencoba berbagai obat flu tradisional di atas. Tandanya, penyakit Anda tidak lagi mempan diobati dengan obat flu alami. Terlebih jika Anda sampai demam dan tidak enak badan untuk beraktivitas.

Segera berobat ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Meski bukan penyakit yang berbahaya, flu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang lebih serius, seperti infeksi telinga, pneumonia, asma, diabetes, dan bahkan gagal jantung.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca