5 Penyebab Kenapa Anda Bolak-balik Kena Flu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/06/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Rata-rata orang sering terkena flu pada saat perubahan cuaca. Tapi nyatanya, tidak selalu demikian. Orang-orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat akan mudah menghalang penyakit-penyakit seperti flu ataupun sakit tenggorokan. Selain itu, masih ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan Anda jadi mudah terkena flu. Kenapa tubuh jadi sering terkena flu, ya? Mari simak penyebab-penyebabnya di bawah ini.

Penyebab Anda sering terkena flu

1. Makanan Anda masih tidak sehat

Jika Anda masih suka makan makanan yang tidak higienis, jajan di luar sembarangan hal itu memungkinkan Anda untuk sering terkena flu. Pola makan yang buruk juga meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Hal lain yang juga bisa berpengaruh adalah ketika Anda makan makanan yang tidak mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Karena pada umumnya kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh akan berbeda tergantug kelompok usia. Untuk terhindar dari flu dan berbagai penyakit lainnya, ada baiknya Anda makan makan seperti berikut ini:

  • Buah dan sayur
  • Daging yang mengandung protein rendah lemak
  • Batasi asupan lemak, sodium, dan gula harian
  • Kacang-kacangan atau biji-bijian

2. Tubuh Anda kurang vitamin D

Jika Anda sering sakit, Anda mungkin buth untuk meningkatkan asupan vitamin D. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa suplemen vitamin D mungkin membuat seseorang cenderung berisiko rendah terkena saluran pernapasan akut. Kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Tingkatkan asupan vitamin D Anda dengan makanan seperti ikan, kuning telur, dan jamur. Berada di luar, atau di bawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit, juga bisa menjadi cara ampuh untuk mendapatkan vitamin D untuk tubuh.

3. Dehidrasi

Setiap jaringan dan organ di dalam tubuh Anda bergantung pada cairan dalam tubuh. Cairan tubuh bisa membantu membawa nutrisi dan mineral, serta berfungsi menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan Anda tetap lembab. Sedangkan mulut, hidung, dan tenggorokan yang kering jadi mudah untuk terserang penyakit.

Dehidrasi ringan gejalanya sulit dikenali, tapi memang ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan. Contohnya kalau Anda sering kena flu, sakit kepala, nyeri dibagian tubuh tertentu, cepat lelah dan bahkan sampai sembelit atau susah BAB.

4. Kurang tidur

Sistem kekebalan tubuh akan  melepaskan hormon sitokin saat Anda tidur. Hormon sitokin merupakan bagian dari protein alami yang berfungsi melawan peradangan dan penyakit dalam tubuh.

Perlu diketahui juga kalau tubuh Anda membutuhkan lebih banyak protein sitokin saat Anda sedang sakit atau stres. Tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup protein pelindung jika Anda kurang tidur. Kalau Anda kurang tidur, berarti Anda menurunkan kemampuan alami tubuh untuk melawan infeksi dan virus.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara 7 dan 8 jam tidur setiap hari, sedangkan remaja dan anak-anak membutuhkan tidur 10 jam setiap hari.

5. Tangan tidak bersih

Menjaga kebersihan tangan itu wajib hukumnya, karena tangan yang kotor dan tidak bersih akan memicu banyak penyakit. Umumnya, tangan akan bersentuhan dengan banyak kuman sepanjang hari. Bila Anda tidak mencuci tangan secara teratur, lalu dengan tidak sadar menyentuhs wajah, bibir, atau makanan Anda sekalipun, Anda bisa menyebarkan penyakit. Anda juga akhirnya akan menginfeksi diri Anda sendiri.

Maka dari itu, mulai sekarang, terapkan cuci tangan tiga kali sehari menggunakan air dengan sabun antibakteri selama 20 detik. Bila air bersih dan sabun tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 menit baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Keluar dari Lubang Hitam Anda Lewat Psikoterapi

Sedang mengalami masa sulit yang seakan mengisap energi dan pikiran Anda ke dalam lubang hitam? Psikoterapi bisa membantu Anda mencari solusinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 20/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca