Bintitan (hordeolum atau stye) adalah salah satu infeksi mata yang cukup umum terjadi. Walaupun ukuran benjolannya kecil, kondisi ini dapat menyebabkan mata gatal dan terasa sangat mengganjal. Anda mungkin pernah mencoba kompres air hangat untuk meredakannya. Namun jika ini tak juga berhasil, pergilah ke apotek dan temukan berbagai obat mata bintitan berikut ini.

Beragam obat mata bintitan yang ampuh

Sebetulnya, mata bintitan bisa sembuh sendiri dalam waktu 1-2 minggu. Akan tetapi, rasa gatal dan mengganjal di area mata tentu membuat Anda tidak nyaman dan percaya diri, bukan?

Sebagai solusinya, berikut ini beragam pilihan obat mata bintitan yang mampu mempercepat penyembuhan.

1. Obat pereda nyeri

paracetamol mengandung virus

Analgesik adalah salah satu obat lini pertama untuk mengobati mata bintitan. Saat pergi ke apotek, Anda biasanya akan dianjurkan untuk minum obat paracetamol atau ibuprofen, sesuai kondisi kesehatan Anda.

Dua jenis antinyeri tersebut berfungsi untuk membantu meredakan nyeri dan gatal akibat bintitan.

2. Salep

salep garamycin salep

Selain berupa obat minum, obat mata bintitan juga tersedia dalam bentuk salep. Salep yang menjadi obat mata bintitan umumnya mengandung antibiotik untuk meredakan peradangan.

Begini cara pemakaiannya: tutup mata Anda, lalu oleskan sedikit salep ke area kelopak mata yang mengalami bintitan. Lakukan hal ini secara rutin sampai bintitan mengempis dan sembuh dalam beberapa hari.

3. Suntik steroid

suntik insulin

Bila mata bintitan tak kunjung sembuh dan justru semakin membengkak, dokter mungkin akan menyuntikkan steroid ke area mata bintitan. Suntik steroid ini berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan pada kelopak mata Anda. Ingat, suntik steroid ini hanya boleh dilakukan oleh dokter mata, ya!

Kapan harus ke dokter?

Walau terkesan sepele dan bisa hilang dengan sendirinya, mata bintitan yang tak kunjung sembuh juga bisa memicu infeksi berkepanjangan, lho. Segera periksa ke dokter jika Anda mengalami:

  • Bintitan semakin besar
  • Bintitan terasa sakit
  • Tak kunjung membaik setelah kompres air hangat maupun perawatan rumahan lainnya
  • Mengganggu penglihatan

Jangan tunda lagi untuk periksa ke dokter, terutama jika Anda mengalami mata bintitan berulang. Sebab, hal ini dikhawatirkan disebabkan oleh infeksi mata lainnya, seperti blefaritis atau selulitis.

Kalau sudah begitu, dokter akan melakukan operasi kecil untuk mengeluarkan cairan nanah pada kelopak mata. Cara ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan bengkak sekaligus mempercepat penyembuhannya.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca