Biji Adas untuk Meredakan Perut Kembung, Apakah Benar Ampuh?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 16 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Hampir setiap orang mungkin pernah mengalami keluhan perut kembung. Perut kembung ini biasanya disebabkan oleh produksi gas yang berlebih di dalam perut, maupun adanya gangguan pada pergerakan otot di dalam saluran pencernaan. Tak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, perut kembung juga bisa membuat Anda merasa sakit dan membuat ilusi perut seolah tampak besar. Katanya, biji adas bisa dimanfaatkan untuk meredakan keluhan perut kembung ini. Benarkah demikian?

Benarkah biji adas bermanfaat untuk perut kembung?

obat perut kembung

Ketimbang biji merica, ketumbar, maupun kemiri, tidak semua orang familiar dengan penggunaan biji adas sebagai bumbu masakan. Padahal, biji adas termasuk salah satu rempah yang biasanya dipakai sebagai bumbu masakan.

Biji adas memiliki cita rasa khas yang manis tapi agak pedas, sehingga bisa membantu melengkapi rasa masakan itu sendiri. Biji adas biasanya bisa Anda temukan dalam bentuk utuh, maupun yang sudah dihancurkan menjadi bubuk.

Menariknya, selain kerap digunakan sebagai pelengkap cita rasa makanan, biji adas juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan perut kembung. Seperti yang telah dijelaskan di awal, perut kembung bisa disebabkan oleh penumpukan gas di dalam perut.

Di sinilah biji yang berwarna hijau pucat kecokelatan ini bekerja untuk mengurangi produksi gas tersebut. Hal ini dikarenakan biji adas membantu melemaskan otot-otot pada sistem pencernaan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Global Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences juga menjelaskan hal serupa. Menurut penelitian tersebut, adas bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah pada pencernaan.

Apa saja kandungan di dalam biji adas?

adas manis adalah
Sumber: bimbima

Ada beberapa kandungan pada biji adas yang berperan untuk meredakan perut kembung dengan mengurangi jumlah produksi gas. Ternyata, biji adas mengandung serat yang cukup banyak.

Terbukti dengan ada sekitar 2 gram (gr) serat di dalam satu sendok makan biji adas. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah pencernaan seperti perut kembung karena kebanyakan gas, makan makanan yang kaya serat akan meredakannya.

Selain itu, sebuah penelitian dari Arabian Journal of Chemistry, menjelaskan bahwa ada beragam komponen yang terkandung pada biji adas. Mulai dari antibakteri, antijamur, hingga antiinflamasi atau antiperadangan.

Berbagai kandungan tersebut dapat mengurangi, bahkan menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab tingginya produksi gas pada perut.

Bagaimana cara menggunakan biji adas?

manfaat teh adas

Untuk meredakan penumpukan gas yang menyebabkan perut kembung, Anda bisa memanfaatkan biji adas dengan cara berikut ini:

  1. Ambil sekitar satu sendok teh biji adas, kemudian hancurkan atau giling sampai terbentuk bubuk sebelum Anda mencampurkannya pada masakan atau teh.
  2. Tambahkan biji adas yang telah menjadi bubuk ke dalam masakan, atau masuk bubuk ke dalam satu cangkir air hangat.

Cara lainnya, Anda juga bisa mencoba biji adas yang sudah diolah ke dalam bentuk suplemen.

Konsultasikan juga dengan dokter

Ivermectin adalah obat

Meski biji adas memiliki manfaat baik di baliknya, tapi tidak menutup kemungkinan bisa menimbulkan alergi. Kandungan di dalam biji adas juga mungkin tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh setiap orang.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan biji adas guna meredakan gas yang menjadi penyebab perut kembung.

Sebelum mengizinkannya, dokter biasanya akan mempertimbangkan kondisi kesehatan Anda. Dengan begitu, risiko efek samping dari penggunaan rempah yang satu ini setidaknya bisa lebih diminimalisir.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Manfaat Rempah Adas yang Baik untuk Kesehatan

Adas adalah salah satu komposisi pembuat minyak telon yang membantu menjaga kesehatan jantung. Apa lagi manfaat kesehatan yang bisa didapat dari adas?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 26 Juni 2019 . Waktu baca 3 menit

Kenapa Setelah KB Suntik Perut Jadi Kembung dan Mual?

Meski KB suntik efektif untuk mencegah kehamilan, tetap ada efek samping yang biasa dirasakan. Efek KB suntik yang paling umum yaitu mual dan kembung.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Tips Sehat 4 Desember 2018 . Waktu baca 3 menit

10 Kiat Paling Jitu untuk Mengatasi Keluhan Perut Kembung

Perut kembung alias begah pasti rasanya tidak enak. Namun, jangan bingung dulu! Anda bisa coba berbagai cara mengatasi perut kembung ini!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 November 2018 . Waktu baca 7 menit

4 Cara yang Mempan Mengatasi Perut Kembung Saat Haid

Perut kembung saat haid sering membuat Anda tidak nyaman. Untungnya, ada beberapa cara praktis dan mudah untuk mengatasi hal ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Hidup Sehat, Tips Sehat 11 November 2018 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perut begah, kembung

5 Penyebab Perut Terasa Begah, Plus Cara Mengobati dan Mencegahnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Desember 2019 . Waktu baca 11 menit

Katakan Selamat Tinggal Pada Perut Kembung dengan Minum 5 Teh Herbal Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 29 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit
obat perut kembung

3 Pilihan Obat untuk Membantu Mengatasi Perut Kembung

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Juli 2019 . Waktu baca 6 menit
gejala maag gejala asam lambung

8 Gejala Maag yang Umum dan Tidak Boleh Disepelekan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 Juli 2019 . Waktu baca 9 menit