Kadar Hb Terlalu Tinggi, Apakah Berbahaya dan Perlu Diturunkan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25/09/2017 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Ketika donor darah, petugas donor akan memeriksa kondisi darah dan kesehatan Anda terlebih dahulu. Salah satu hal yang harus dipertimbangkan tinggi atau rendahnya hemoglobin atau Hb dalam darah. Jika kadar hemoglobin terlalu rendah atau tinggi, biasanya petugas donor akan menolak darah Anda. Namun, bagaimana bila hemoglobin terlalu tinggi? Apa yang menyebabkan kadar hb tinggi?

Apa itu kondisi Hb tinggi?

Hemoglobin (Hb atau Hgb) adalah protein dalam sel darah merah yang juga berisi zat besi. Darah berwarna merah karena adanya kandungan protein hemoglobin. Fungsi Hb adalah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, terutama paru-paru.

Namun, meski hemoglobin bagian dari sel darah merah, bukan berarti hemoglobin yang tinggi sama dengan jumlah sel darah merah yang berlebih. Karena setiap sel darah merah mungkin tidak memiliki jumlah protein hemoglobin yang sama. Oleh karena itu, Anda bisa saja memiliki jumlah Hb tinggi, meskipun jumlah sel darah merah Anda berada dalam kisaran normal.

Kadar Hb yang normal bagi pria umumnya sekitar 13,8 sampai 17,2 g/dL. Sedangkan untuk wanita adalah 12,1 sampai 15,1 g/dL, dan jika lebih dari itu, Anda dinyatakan memiliki jumlah Hb tinggi.

Kondisi hemoglobin tinggi biasanya terjadi akibat reaksi tubuh saat kadar oksigen turun. Tubuh berusaha untuk segera memasok oksigen lewat Hb. Hal ini juga dipegaruhi beberapa kondisi kesehatan seperti PPOK (penyakit paru obstruksi kronis) dan penyakit jantung bawaan yang bisa menurunkan kadar oksigen dan menyebabkan kadar Hb tinggi.

Bagaimana cara mengetahui kadar Hb tinggi? 

Umumnya, gejala Hb tinggi hampir tidak ditemukan, justru baru diketahui saat dilakukan pemeriksaan laboratorium darah. Nah, untuk mengetahui tinggi atau rendahnya hemoglobin, Anda bisa melakukan tes hemoglobin. Tes ini adalah salah satu tes darah yang paling umum dilakukan, biasanya menjadi bagian dalam tes darah lengkap. Ada banyak cara untuk mengukur kadar hemoglobin, kebanyakan dilakukan dengan mesin otomatis. Anda bisa berkunjung ke Puskemas atau ke rumah sakit untuk melakukan cek darah. 

Faktor risiko Anda memiliki kadar Hb tinggi

Umumnya, tingkat Hb tinggi tidak selalu berisiko buruk untuk kesehatan. Meskipun begitu, orang yang memiliki hemoglobin dalam jumlah tinggi bisanya terjadi pada orang yang tinggal di dataran tinggi dan pada perokok. Berikut adalah beberapa penyebab lain yang berpengaruh dan bisa membuat kadar Hb meninggi:

  • Penyakit pada paru-paru (misalnya emfisema)
  • Mengidap tumor tertentu
  • Kelainan sumsum tulang yang dikenal sebagai polisitemia vera
  • Menggunakan obat-obatan jenis erythropoietin

Bagaimana cara menurunkan kadar hemoglobin yang terlalu tinggi?

Terakhir, Anda bisa menurunkan kadar hemoglobin yang terlalu tinggi dengan cukup mengonsumsi air mineral. Pasalnya, dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab tubuh Anda memiliki kadar Hb tinggi.

Lalu, mulailah berhenti merokok, karena biasanya ketika orang berhenti merokok, kadar hemoglobinnya pun akan ikut stabil. Yang paling penting, jangan lupa untuk selalu melakukan check-up ke dokter untuk berkonsultasi dan menemukan pengobatan yang tepat untuk kondisi Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 mins read

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 mins read

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 4 mins read
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 mins read
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 mins read
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 mins read