10 Apps Terbaik untuk Membantu Hidup Sehat

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17/03/2020
Bagikan sekarang

Sebagai pekerja kantoran, sudah biasa rasanya dilanda stres pekerjaan sehari-hari. Belum lagi jam tidur yang tidak pernah cukup. Begitu banyak waktu yang terbuang di depan layar smartphone. Untungnya, perangkat ini juga bisa digunakan untuk mempromosikan hidup sehat.

Banyak aplikasi smartphone tersedia di luar sana yang menargetkan setiap aspek dari gaya hidup sehat. Jika Anda tidak menemukan motivasi untuk nge-gym, ada aplikasi yang akan mendenda Anda setiap kali Anda bolos latihan. Jika Anda tidak bisa menentukan sereal mana yang lebih sehat, ada aplikasi yang bisa menyempitkan pilihan Anda.

Tentu saja, gaya hidup sehat tidak semata hanya rajin makan buah dan sayur serta olahraga. Kesehatan mental juga sama pentingnya, dan banyak juga aplikasi smartphone yang bisa membantu mencarikan Anda terapis lokal atau sekadar menenangkan diri setelah seharian bekerja.

Dapatkah Anda hidup sehat tanpa bantuan gadget? Tentu saja. Tapi, mengapa tidak memanfaatkan bantuan ekstra yang mudah diakses dan digunakan. Sepuluh aplikasi ini bisa membantu Anda melacak dan meningkatkan kualitas kesehatan pribadi Anda.

Couch To 5K

Aplikasi ini cocok untuk Anda yang tidak doyan lari tapi ingin memulai. Couch To 5K akan membantu Anda dengan rencana latihan lari bertahap selama sembilan minggu untuk mempersiapkan Anda dengan jarak yang lebih panjang: 5 kilometer.

Tahapan rencananya fleksibel, Anda boleh bergantian antara jalan santai dan jogging sebelum benar-benar beralih ke latihan yang lebih membakar kalori. Satu kali sesi latihan tidak membutuhkan banyak waktu (20-30 menit dan hanya butuh diselesaikan tiga kali per minggu) dan membolehkan Anda beristirahat satu-dua hari, bahkan lebih, sebelum melanjutkan kembali.

Untuk membantu meningkatkan motivasi, apps ini menyediakan fitur pelatih virtual, hasil tracksheet, dan built-in music player yang bisa Anda jadikan teman saat lari.

Tersedia di iOS dan Android

Sworkit

Lima menit olahraga lebih baik daripada tidak sama sekali, inilah prinsip yang ingin ditanamkan oleh Sworkit. Apps ini memiliki 160 jenis latihan fisik yang didemontrasikan oleh personal trainer profesional. Anda bisa memulai latihan berdasarkan bagian-bagian tubuh yang ingin Anda bentuk, dan pilih durasi waktu latihan yang bisa disesuaikan dengan jadwal rutinitas Anda. Dengan Sworkit, tidak ada alasan lagi untuk bolos latihan karena tidak ada waktu.

Apps ini berbayar, namun Anda bisa mengunduh versi gratisnya. Bedanya, versi berbayar menyediakan jenis latihan yang lebih beragam, membantu Anda merancang dan memodifikasi jenis latihan yang sesuai dengan keinginan Anda, dan menyimpan rekor latihan Anda.

Tersedia di iOS dan Android

Zipongo

Zipongo membantu Anda memelihara pola makan dengan merancang rencana makan per minggu dan menyediakan beragam jenis resep masakan sehat yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda hingga kecenderungan alergi yang Anda idap.

Zipongo adalah hasil rancangan dokter di Boston Medical Center bekerja sama dengan Fitness Forward untuk memberikan orang-orang akses yang lebih mudah dan terjangkau terhadap pola makan dan gaya hidup sehat.

Tersedia di iOS dan Android

Lumosity Mobile

Lumosity adalah apps yang dirancang oleh neurologis sebagai alat bantu latihan guna meningkatkan kemampuan kognitif Anda. Lumosity menggunakan sejumlah permainan sederhana namun menantang untuk melatih setiap bagian dari otak Anda. Selain itu, Anda bisa memodifikasi tingkat kesulitan dan melacak riwayat perkembangan otak Anda selama bermain Lumosity.

Apps ini berbayar, namun Anda bisa mengunduh versi gratisnya.

Tersedia di iOS dan Android

Drugs.com

Drugs.com menyediakan informasi lengkap dan terpercaya seputar obat-obatan.

Anda bisa membuat daftar obat-obatan yang sedang Anda konsumsi dan menerima informasi medis yang terkait dengan obat-obatan tersebut. Fitur search membolehkan Anda untuk melacak satu dari sekian banyak janis obat yang terdaftar di database drugs.com. Anda juga bisa mengidentifikasi obat-obatan yang Anda rasa tidak familiar dengan memasukkan jenis, bentuk, atau warna dari obat tersebut.

Tersedia di iOS dan Android

Breathe2Relax

Breathe2Relax adalah apps yang didesain untuk manajemen stres. Apps ini membolehkan penggunanya untuk menjalankan latihan pernapasan untuk mengurangi stres, menstabilkan mood, mengontrol amarah, dan mengendalikan kecemasan.

Apps ini bisa digunakan mandiri sebagai solusi stres Anda sehari-hari atau sebagai kombinasi dengan terapi dari dokter.

Tersedia di iOS dan Android

SAM: Self Help for Anxiety Management

SAM adalah apps yang dirancang untuk membantu penggunanya mengelola kecemasan mereka. Pengguna dapar memasukkan rekaman tingkat kecemasan mereka dan mengidentifikasi pemicu yang berbeda. Apps ini meliputi 25 pilihan cara self-help yang membantu penggunanya beradaptasi dengan tanda dan gejala fisik maupun mental dari kecemasan tersebut. Pengguna SAM dapat memodifikasi profil pribadi mereka dan mengizinkan mereka untuk berbagi cerita secara anonim dengan pengguna SAM lainnya.

Tersedia di iOS dan Android

Noom Weight Loss Coach

Noom mengkombinasikan pedometer dan instruktur gizi dalam satu aplikasi. Noom memiliki fitur daftar makanan dan olahraga yang bisa Anda modifikasi sesuai dengan keseharian Anda, sambil secara bersamaan mencatat riwayat langkah perjalanan Anda setiap hari.

Tidak hanya itu, Noom juga akan mengirimkan artikel seputar kesehatan dan resep-resep masakan sehat untuk menjaga Anda tetap fokus. Daftar makanan dalam database Noom dibedakan oleh warna, mengajarkan penggunanya mana makanan yang sehat dan wajib dikonsumsi, mana makanan yang tidak sehat.

Tersedia di iOS dan Android

Calm

Calm memiliki fitur program tujuh hari yang dirancang untuk membantu Anda tidur lebih baik. Apps ini menargetkan aspek yang berbeda dari tidur yang bisa ditingkatkan oleh bantuan meditasi. Fitur “Calm” dalam apss ini memfokuskan diri pada pemikiran positif dan postur meditasi, sedangkan fitur “Sleep” didesain khusus untuk Anda yang membutuhkan bantuan untuk menenangkan diri.

Calm juga memiliki fitur musik relaksasi yang dipadukan dengan gambar-gambar pemandangan indah. Fitur timer akan membangunkan Anda dengan suara alarm yang tidak akan mengagetkan Anda.

Tersedia di iOS dan Android

BACA JUGA:

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Yang juga perlu Anda baca

    Apa Itu Detoks Digital dan Manfaatnya bagi Kesehatan

    Beragam manfaat detoks digital mengarahkan Anda untuk memiliki hubungan lebih baik dengan. Namun, apa sebetulnya detoks digital itu?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu

    Crab Mentality, Sindrom Psikologis yang Menghambat Orang Lain untuk Sukses

    Crab mentality adalah sindrom yang menginginkan orang lain tidak mencapai kesuksesan yang lebih besar dari diri sendiri. Ini penjelasannya.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi

    Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

    Baru-baru ini masyarakat dikejutkan dengan foto Adele yang terlihat langsing di akun Instagramnya. Nyatanya, penyanyi terkenal ini menjalani sirtfood diet.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi

    Kenapa Kita Mudah Marah Saat Sedang Lapar?

    Saat lapar, rasanya hanya ingin marah sampai Anda mendapat yang Anda mau. Tapi, kok bisa begitu, ya? Kenapa kita mudah marah saat kelaparan?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Hari Raya, Ramadan 10/05/2020

    Direkomendasikan untuk Anda

    resep membuat bakwan

    4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
    cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

    10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

    Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
    Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
    tips olahraga

    Agar Tetap Bugar Selama Liburan, Sontek 4 Tips Olahraga Mudah Ini

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020
    menu sahur untuk diet keto

    3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 16/05/2020