Anyang-anyangan Setelah Seks? Mungkin Ini 4 Penyebabnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 01/06/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anyang-anyangan adalah kondisi yang menyebabkan Anda sering bolak-balik kencing dan disertai rasa sakit atau panas tiap kali berkemih. Anyang-anyangan lebih sering menyerang wanita ketimbang pria dan penyebab utamanya adalah penggunaan sabun, parfum, atau pun produk perawatan pada organ intim. Namun, ada pula yang merasakan anyang-anyangan setelah berhubungan seks. Lantas, apa penyebab anyang-anyangan setelah seks? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Kenapa wanita rentan anyang-anyangan setelah seks?

Dalam dunia medis, anyang-anyangan dikenal dengan disuria dan penyebabnya pun beragam. Namun, masalah ini biasanya muncul dipicu masalah medis tertentu. Jika Anda merasakan anyang-anyangan setelah berhubungan seks, kemungkinan besar pemicunya adalah akibat infeksi bakteri vagina atau infeksi saluran kencing. Kenapa?

Pertama karena struktur anatomi tubuh perempuan. Lubang vagina berada dekat dengan bukaan uretra, saluran yang membuang urin ke luar tubuh. Nah, penetrasi penis dapat mendorong bakteri dan partikel asing lainnya yang hidup di sekitar kulit luar lubang vagina.

Ditambah lagi penetrasi penis juga ikut memindahkan beragam bakteri dan jamur lain yang tadinya hidup di permukaan kulit penis ke dalam lubang vagina. Apalagi jika Anda berhubungan seks tanpa kondom dan tidak bisa menjamin kebersihan penisnya. Masuknya koloni bakteri “baru” ini dapat mengganggu keseimbangan pH serta jumlah bakteri baik dalam vagina. Bakteri jahat inilah yang akhirnya menyebabkan infeksi yang disebut bacterial vaginosis (BV).

Selain itu, penetrasi penis di saat yang bersamaan juga ikut mendorong bakteri dari luar masuk ke dalam saluran kemih wanita karena lokasinya yang berdekatan dengan lubang vagina. Panjang ukuran saluran uretra wanita nyatanya cukup pendek sehingga memudahkan bakteri lebih cepat mencapai kandung kemih wanita dan menyebabkan infeksi. Inilah yang disebut dengan infeksi saluran kencing (ISK).

Salah satu gejala utama dari infeksi vagina dan infeksi saluran kencing adalah sering berkemih yang terasa sakit atau panas (anyang-anyangan).

vagina

Penyebab anyang-anyangan lainnya setelah berhubungan seks

Selain akibat infeksi vagina atau ISK, penyebab anyang-anyangan lainnya yang mungkin terjadi setelah berhubungan seks adalah:

1. Infeksi jamur vagina

Penyakit ini disebabkan oleh jumlah jamur yang berlebihan sehingga menimbulkan infeksi. Selain anyang-anyangan, gejala lainnya yang umumnya dirasakan adalah gatal, muncul sensasi panas, dan pembengkakan pada vagina. Saat infeksi ini terjadi, sebaiknya Anda libur dulu dari hubungan seks hingga sembuh untuk mencegah gejala bertambah parah atau infeksi berulang.

2. Trikomoniasis

Penyebab anyang-anyangan setelah seks yang umum terjadi adalah trikomoniasis. Penyakit ini disebabkan oleh parasit akibat seks tanpa kondom. Biasanya gejala akan muncul dalam waktu 5 hingga 28 hari setelah terpajan melalui hubungan seks.

Selain anyang-anyangan, trikomoniasis kadang menimbulkan gejala lainnya seperti keputihan berubah jadi hijau dan bau, vagina terasa gatal, dan kadang pinggang terasa nyeri.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Badan Pegal-pegal Setelah Berhubungan Intim? Mungkin 3 Ini Penyebabnya

Anda mungkin bingung kenapa badan terasa pegal setelah berhubungan seks? Simak hal-hal yang mungkin jadi penyebabnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Seks & Asmara 07/02/2019 . Waktu baca 4 menit

6 Cara Ampuh Mengobati Anyang-anyangan di Rumah

Anyang-anyangan bikin kita harus bolak-balik ke WC sehingga jadi tidak nyaman beraktivitas. Psstt... Intip di sini pilihan obat anyang-anyangan yang ampuh!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/01/2019 . Waktu baca 4 menit

Wajarkah Mengalami Keputihan Setelah Berhubungan Seks?

Keputihan adalah hal yang normal terjadi pada wanita. Namun, bagaimana jika Anda mengalami keputihan setelah berhubungan? Baca ulasannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 03/01/2019 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Anyang-Anyangan, Saat Buang Air Kecil Terus Menerus dan Terasa Perih

Anyang-anyangan adalah kondisi nyeri saat berkemih.Kenali penyebab anyang-anyangan, obat anyang-anyangan, serta cara mencegah dan mengatasi anyang-anyangan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 09/08/2018 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit unik di indonesia

4 Penyakit Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 05/05/2019 . Waktu baca 4 menit
perut kram setelah berhubungan

Kenapa, Ya, Saya Sering Kram Perut Setelah Berhubungan Seks?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 28/04/2019 . Waktu baca 6 menit
setelah berhubungan intim

Setelah Berhubungan Intim, Baiknya Tidur Pakai Celana Dalam Atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 08/03/2019 . Waktu baca 3 menit
diare setelah seks

Kok, Jadi Diare Setelah Seks? Ternyata, Ini Penyebabnya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 16/02/2019 . Waktu baca 3 menit