Menggigit kuku telah menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian orang. Kebiasaan ini akan secara otomatis dilakukan ketika seseorang sedang merasa gugup, cemas, bosan, bahkan lapar. Kelihatannya ini termasuk kebiasaan wajar dan tidak membahayakan. Padahal bisa menjadi sumber penyakit karena kuku tidak selalu dalam keadaan bersih. Lantas, bagaimana cara menghentikan kebiasaan ini?

Tips untuk Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku

1. Cari tahu penyebabnya

Sebelum mulai membatasi kebiasaan Anda menggigit kuku, sebaiknya cari tahu dulu apa yang menjadi penyebab Anda melakukan hal ini.

Menurut Paul DePompo, seorang psikolog klinis dan pendiri Institute of Cognitive Behavioral Therapy di California, mengatakan bahwa faktor umum yang menyebabkan seseorang menggigit kuku yakni sedang tidak ingin memikirkan sesuatu secara berlebihan, merenungkan suatu masalah, atau kebiasaan seperti seolah-olah sedang mengunyah sesuatu.

Coba ingat-ingat lagi kapan Anda akan mulai menggigit-gigit kuku, apakah saat sedang stres kantor, selagi menonton tv, atau ketika saat merasa cemas. Nah, setelah mengetahui penyebabnya, maka Anda harus mengurangi kebiasaan mengigit kuku yang muncul saat berada di situasi tersebut. Tentu saja dengan perlahan-lahan.

2. Minta bantuan orang terdekat untuk melarang

Jika ingin berubah untuk lebih baik, Anda bisa memulainya dengan melakukan kesadaran dan komitmen serius untuk berhenti. Salah satu caranya dengan meminta orang terdekat seperti teman dan keluarga untuk melarang Anda saat mulai terlihat ingin menggigit kuku.

Penelitian menunjukkan bahwa bekerja sama dengan orang terdekat untuk mencapai tujuan yang baik, bisa meningkatkan peluang Anda untuk berhasil sebesar 95 persen. Selain itu, Anda bisa mencari teman yang memiliki kebiasaan yang sama dan ingin berhenti sehingga bisa saling membuat janji untuk mengurangi kebiasaan ini.

3. Cari tahu kotoran yang ada di balik kuku

Menurut Hal Weitzbuch, seorang ahli dermatologi, menyatakan bahwa orang yang menggigit kuku biasanya tidak membersihkan tangan sebelum memasukkannya ke dalam mulut sehingga hal ini memudahkan kuman penyakit masuk ke dalam tubuh.

Penting untuk Anda ketahui sebelum melakukan kebiasaan ini, yakni terdapat banyak kuman penyebab penyakit yang tersimpan di bawah kuku. Pasalnya, tangan sering kali digunakan untuk memegang dan melakukan banyak hal, Jadi tidak menutup kemungkinan akan ada banyak bakteri, virus, dan jamur yang tersimpan di dalam kuku Anda.

Maka itu, diharapkan dengan mengetahui hal buruk yang tersimpan di dalam kuku, secara perlahan kebiasaan Anda menggigit kuku akan berhenti.

4. Pastikan kuku selalu dalam keadaan pendek

gejala stres dari kuku jari

Biasanya, kebiasaan ini terjadi saat kuku jari tangan Anda dalam keadaan panjang sehingga mudah untuk digigit. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu memotong pendek kuku jari tangan sehingga Anda akan mengalami kesulitan untuk menggigitnya.

5. Lakukan manicure kuku

Orang yang melakukan manicure biasanya akan lebih merawat dan menjaga kuku-kukunya. Jika Anda sedang mencoba untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku, maka melakukan manicure merupakan salah satu cara yang bisa Anda coba.

Faktor waktu, dana, dan usaha yang dikorbankan saat melakukan manicure kuku bisa mencegah Anda dari keinginan untuk menggigit kuku.

6. Gunakan cat kuku

Setelah melakukan manicure, ada sebagian wanita yang mempercantik kuku mereka dengan menggunakan cat kuku berwarna. Penggunaan cat kuku akan membuat rasa kuku menjadi tidak enak bahkan cenderung pahit saat digigit.

7. Fokus pada salah satu jari

Menurut American Academy of Dermatology, dilansir dari laman Healthline, mengatakan jika menghentikan kebiasaan menggigit kuku dirasa sulit bila diterapkan langsung pada semua kuku jari tangan, maka disarankan untuk menghentikan kebiasaan ini dengan cara perlahan, dari satu jari ke jari yang lain.

Setelah Anda berhasil menghentikan kebiasaan ini pada satu kuku dan bertahan dalam waktu yang cukup lama, lanjutkan ke kuku jari tangan berikutnya. Lakukan hal ini dengan teratur hingga perlahan Anda bisa meninggalkan kebiasaan menggigit semua kuku.

8. Selalu sediakan gunting kuku

Kuku yang mudah digigit adalah kuku dengan ukuran yang sedang, tak terlalu panjang atau pendek. Maka itu, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini adalah dengan selalu membawa gunting kuku ke mana pun Anda pergi dan simpan di tempat yang mudah ditemukan.

Sebab, Anda sering tidak menyadari kapan kuku mulai panjang. Sebelum muncul keinginan secara tidak sadar untuk menggigitnya, Anda bisa memotong bagian-bagian kuku yang sudah terlihat mulai panjang.

9. Pertahankan untuk tidak lagi menggigit kuku

Terakhir setelah Anda melakukan semua usaha untuk menghentikan kebiasaan ini, pertahankan untuk terus melakukannya hingga Anda lupa pernah memiliki kebiasaan menggigit kuku.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa belum ada waktu pasti yang dibutuhkan untuk menghentikan sebuah kebiasaan hingga menghasilkan perkembangan positif. Kuncinya, hanyalah terus membiasakan diri hingga lama kelamaan Anda akan terbiasa dengan perilaku yang baru.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca