8 Cara dan Obat Alami untuk Meredakan Kecemasan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Anda sedang diliputi kecemasan berlebihan? Hati-hati, lho. Jika tidak ditangani dengan tepat, kecemasan bisa berubah menjadi gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan sendiri merupakan suatu gangguan mental yang paling banyak dikeluhkan dalam masyarakat modern. Nah, agar kecemasan tidak menjelma jadi ancaman serius bagi kejiwaan Anda, perhatikan berbagai cara alami mengurangi kecemasan berlebihan berikut.

1. Relaksasi dan tenangkan pikiran

Relaksasi di sini bukan berarti bermalas-malasan dan main HP seharian. Tak melakukan apapun justru bisa bikin hilang semangat dan tambah sendu. Sebaiknya lakukan hal-hal yang menenangkan tapi bisa sekaligus menjernihkan pikiran Anda, misalnya meditasi atau beribadah.

2. Minum teh kamomil

Sebuah penelitian yang dilakukan tim ahli dari University of Pennsylvania Medical Center menguak bahwa kandungan apigenin dan luteolin dalam kamomil mampu menenangkan pikiran Anda. Gejala kecemasan pada peserta penelitian yang minum esktrak kamomil selama dua bulan terbukti berkurang. Maka, Anda juga bisa coba minum teh kamomil secara rutin untuk mengurangi kecemasan.

3. Pakai minyak lavender

Lavender memiliki khasiat meredakan kecemasan yang sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Bahkan sejumlah penelitian telah membuktikan ampuhnya minyak lavender untuk mengatasi berbagai gejala gangguan kecemasan.

Menurut para ahli, aroma dari ekstrak bunga lavender juga bisa menurunkan tekanan darah. Jika Anda sedang stres atau cemas, biasanya tubuh memang bereaksi dengan cara meningkatkan tekanan darah.

Anda bisa menggunakan minyak lavender untuk pijat, mandi, atau sebagai aromaterapi penghantar tidur. Namun, pastikan minyak lavender yang Anda pilih murni alias tidak mengandung berbagai zat kimia tambahan.

4. Berolahraga

Tak perlu sampai berolahraga keras seharian, Anda cukup bergerak selama 20-30 menit saja tiap hari. Dokter spesialis kejiwaan dari Columbia University, dr. Drew Ramsey menjelaskan bahwa rutin berolahraga selama kira-kira setengah jam bisa mengurangi kecemasan, membuat Anda lebih tenang, serta kian percaya diri.

Jika belum terbiasa berolahraga, Anda bisa mulai dengan olahraga ringan seperti jalan cepat, naik turun tangga, dan berenang.

5. Minum teh hijau

Penelitian di Jepang membuktikan bahwa kandungan asam amino bernama L-theanine dalam teh hijau bisa menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi Anda. Maka, teh hijau bisa jadi pilihan tepat kalau sebelum Anda bermeditasi atau menyelesaikan pekerjaan yang bikin Anda cemas.

6. Mandi air garam

Apakah kecemasan Anda bikin susah tidur? Mandi air garam bisa jadi solusinya. Larutkan garam Epsom ke dalam air hangat untuk mandi. Garam Epsom sendiri adalah jenis garam yang mengandung magnesium dan sulfat. Mandi dengan garam ini bisa membantu tidur lebih nyenyak. Garam Epsom juga bisa membantu melemaskan otot-otot yang kaku karena bekerja di balik layar komputer seharian misalnya.

7. Makan ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Sebuah studi dalam jurnal Brain, Behavior, dan Immunity membuktikan bahwa kandungan tersebut dapat meringankan gejala kecemasan hingga depresi. Pasalnya, asam lemak omega 3 sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otak.

8. Konsumsi cokelat hitam

Ngemil bisa meredakan kecemasan berlebihan, lho. Asal Anda memilih camilan atau minuman cokelat hitam (dark chocolate). Cokelat hitam bisa membantu menyeimbangkan hormon sehingga kadar stres Anda berkurang. Senyawa polifenol dalam cokelat hitam juga bisa merawat berbagai sel dan jaringan otak yang terganggu karena kecemasan Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca