Anda suka kentang goreng? Berapa kali dalam seminggu atau sebulan Anda makan kentang goreng? Kentang goreng sering menjadi pilihan camilan di saat sedang menonton atau bersantai. Anda yang memilih kepraktisan pun lebih menyukai memesan kentang goreng di restoran cepat saji dibandingkan memasaknya sendiri. Padahal, jika Anda makan kentang goreng terlalu sering, ancaman kolesterol siap menghampiri jantung Anda. Tak mau ini terjadi? Jangan khawatir, ada cara masak resep kentang goreng sehat di artikel in.

Apa bahaya kalau terlalu sering makan kentang goreng?

Kentang goreng atau yang lebih dikenal dengan french fries memiliki rasa yang gurih serta renyah. Kentang goreng ini biasanya disajikan selagi masih panas agar lebih lezat. Kentang goreng banyak disajikan oleh restoran cepat saji sebagai menu pelengkap, dengan tambahan garam, keju atau saus. Namun, mengonsumsi kentang goreng secara berlebihan dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Satu porsi besar kentang goreng di restoran cepat saji memiliki 370 hingga 730 kalori. Dari nilai kalori ini, biasanya tersimpan sekitar antara 11-37 gram lemak, dengan 4,5-8 gram lemak jenuh. Kentang goreng porsi ini juga memiliki 500 miligram sodium. Mengonsumsi kentang goreng yang dibumbui dengan garam terlalu sering akan membuat perut Anda merasa kembung. Hal ini disebabkan oleh kadar garam tinggi yang ada di kentang goreng kesukaan Anda.

Kentang goreng yang digoreng dengan minyak sayur yang dicampur hidrogen atau minyak hidrogenasi akan menghasilkan kandungan lemak trans. Minyak jenis ini banyak dimanfaatkan restoran dengan tujuan produk yang digoreng akan lebih tahan lama.

Namun, lemak trans sangat berbahaya untuk tubuh. Konsumsi lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat yaitu low density lipoprotein (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik yaitu high density lipoprotein (HDL). Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kentang goreng juga tinggi kandungan senyawa kimia akrilamida yang dikaitkan dengan peningkatan risiko menderita kanker.

Resep kentang goreng sehat

Bahan-bahan:

  • 4 buah kentang berukuran sedang
  • 4 sendok teh minyak zaitun/kaldu sayuran
  • 1/2 sendok teh garam/2 siung bawang putih

Cara membuat:

  • Cuci bersih kentang tanpa dikupas kulitnya. Kulit kentang banyak mengandung serat dan gizi.
  • Rebus kentang yang sudah Anda cuci sampai setengah matang. kurang lebih 15 menit.
  • Potong 4 buah kentang yang sudah setengah matang, masing-masing menjadi dua bagian atau sesuai selera Anda.
  • Olesi kentang yang sudah Anda potong dengan minyak zaitun atau Anda bisa menggantinya dengan kaldu sayuran jika Anda tidak ingin menggunakan minyak.
  • Jika Anda ingin menghindari garam. Anda bisa menggantinya dengan bawang putih. Caranya kupas 2 siung bawang putih. Cuci bersih lalu haluskan. jika sudah halus, oleskan pada kentang yang sudah Anda potong.
  • Panggang dalam oven sampai matang berwarna kecokelatan. Anda bisa memanggangnya dengan suhu 200 derajat celcius selama 12 menit.
  • Resep kentang goreng sehat Anda siap dihidangkan.

Cara lain supaya resep kentang goreng Anda makin sehat

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin Anda akan langsung merasa takut. Jangan khawatir, Anda masih bisa menyantap camilan ini dengan cara yang sehat. Bagaimana? Ubahlah resep kentang goreng Anda menjadi resep kentang goreng sehat. Usahakan Anda memasaknya sendiri bukan memesan dari restoran cepat saji. Resep kentang goreng sehat sangat mempengaruhi nilai gizi dan juga rasa kentang goreng Anda.

1. Panggang jangan digoreng

Memanggang kentang akan memberikan lebih banyak manfaat karena dapat mengurangi kalori dan lemak. Jika Anda masak kentang goreng selama ini menggunakan minyak yang mengandung banyak lemak dan kalori. Anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun yang baik untuk kesehatan jantung. Caranya, gunakan dua sendok makan minyak zaitun pada kentang sebelum dipanggang.

2. Tanpa minyak

Jika Anda ingin mengurangi lebih banyak lagi kalori, cobalah memanggang kentang tanpa menggunakan minyak sama sekali. Anda dapat mengganti minyak zaitun dengan mengoleskan kaldu dari sayuran atau putih telur yang sudah dikocok. Kemudian, panggang selama beberapa menit hingga tampak kecokelatan.

3. Hindari garam

Jika Anda membuat kentang panggang di rumah. Anda bisa mengganti garam dengan beragam rempah untuk memperkaya rasa seperti bawang putih, paprika, jintan, dan lain-lain. Rempah-rempah ini dapat menggantikan garam dan menurunkan risiko Anda menderita kembung setelah konsumsi kentang goreng.

Ubahlah cara Anda masak kentang goreng jika Anda tidak ingin berhadapan dengan risiko yang ditimbulkan. Ada banyak cara menikmati kentang tanpa menggoreng yang tidak kalah nikmat. Sesuaikan dengan kondisi kesehatan dan selera Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca