5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 4 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Selain terlihat kusam dan lepek, rambut kering juga rentan rontok dan ketombean. Tenang dulu. Sejumlah ramuan alami di bawah ini bisa membantu Anda mengatasi rambut kering dengan cepat. Apa saja itu?

Apa yang menjadi penyebab rambut kering?

Rambut lama kelamaan menjadi kering ketika batang rambut tidak dapat menyerap atau mempertahankan kelembapan alaminya, sehingga helai rambut menjadi rapuh dan bercabang.

Kondisi ini bisa disebabkan karena berbagai hal, di antaranya penyakit, kekurangan gizi, menggunakan produk rambut yang mengandung bahan aktif terlalu keras, berlebihan mencuci rambut, terlalu sering terkena air yang mengandung klorin, atau terlalu sering menggunakan peralatan styling rambut yang panas, seperti alat catok atau pengeriting rambut. Rambut kering bisa juga disebabkan oleh pewarnaan rambut yang terlalu sering.

Mengatasi rambut kering dengan bahan-bahan alami

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu solusi rumahan yang paling populer untuk mengatasi rambut kering. Zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan yang melimpah, bermanfaat untuk menutrisi kembali rambut yang rusak dengan cara menyelimuti kutikula (lapisan terluar rambut) dengan kelembapan.

Cara menggunakannya, tuang minyak zaitun ke dalam cangkir atau mangkuk. Lalu, Anda bisa menghangatkan minyak zaitun dalam microwave selama beberapa detik. Oleskan ke kulit kepala dan batang rambut secara menyeluruh sembari dipijat.  Diamkan selama beberapa menit atau semalaman, bilas dan keringkan dengan angin-anginan. Lakukan setidaknya sekali dalam seminggu agar rambut mendapatkan nutrisi yang cukup.

2. Telur

Telur juga dapat digunakan untuk memperbaiki rambut yang rusak dan kering. Selain sumber protein, telur juga kaya akan lesitin yang dapat membantu menguatkan dan memperbaiki rambut yang rusak sehingga rambut kembali tampak lembap dan berkilau.

Caranya, campurkan 3 telur, 2 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok makan madu. Setelah tercampur rata, oleskan ke kulit kepala dan rambut yang sebelumnya sudah sedikit dibasahi. Tutup kepala dengan shower cap selama 30 menit, kemudian keramas dengan shampoo dan air dingin hingga bersih. Lakukan cara ini sekali dalam seminggu agar rambut tampak semakin halus.

3. Alpukat

Alpukat mengandung lemak jenuh, vitamin A dan E, protein, serta berbagai mineral yang dapat memperbaiki kondisi rambut rusak dengan melembapkan dan menguatkan batang rambut.

Untuk menggunakannya, kupas dan lumatkan 1 buah alpukat matang dan tambahkan dua sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga rata, lalu oleskan campuran tersebut ke rambut yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Diamkan selama 20 menit dan bilas rambut Anda hingga bersih. Lakukan cara ini sekali seminggu untuk mengatasi rambut kering.

4. Lidah buaya

Kombinasi unik vitamin, mineral, dan asam amino yang terkandung dalam lidah buaya dapat sangat bermanfaat untuk rambut yang kering dan rusak.

Gunakan dengan cara mencampurkan setengah cangkir gel lidah buaya dan dua sendok teh minyak kelapai. Campur semua bahan tersebut dan oleskan secara merata ke seluruh bagian rambut, mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tutup rambut dengan menggunakan shower cap dan biarkan semalam.

Esok paginya, cuci rambut dengan shampoo hingga bersih. Lakukan setidaknya sekali dalam seminggu agar hasilnya dapat terlihat dalam satu hingga dua bulan.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung  zat emolien alami yang bisa mengisi celah di helai rambut Anda jika sudah rusak karena panas atau sinar matahari. Satu studi dari tahun 2005, menunjukkan bahwa minyak kelapa sangat baik untuk menembus serat rambut dan memberikan nutrisi di dalamnya.

Cara menggunakannya cukup dengan gosokkan minyak kelapa di rambut yang kering. Umumnya ini ada bagian ujung-ujung rambut. Diamkan selama 20-30 menit. Bilas dengan shampo hingga bersih. Lakukan rutin untuk hasil yang maksimal.

Cobalah untuk melakukan beberapa cara sederhana untuk mengatasi rambut kering seperti yang sudah dijelaskan di atas. Namun, bila setelah beberapa minggu kondisi rambut Anda tidak membaik, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Anda sering melihat bullying tapi tidak tahu harus berbuat apa? Anda ingin menolong korban tapi takut? Cari tahu di sini apa yang harus Anda lakukan!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Psikologi 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Kencing dengan posisi berdiri kerap dilakukan pria, tapi mereka yang mengidap gangguan saluran kemih justru dilarang. Apa alasannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Kandung Kemih 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Kenapa Cuaca Dingin Bikin Rematik Kumat dan Bagaimana Mengatasinya?

Istilah 'dingin sampai menusuk tulang' bisa terjadi pada penderita rematik Nyeri sendi akibat rematik kambuh bisa disebabkan oleh cuaca, bagaimana bisa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat psoriasis alami

Sederet Bahan Herbal yang Berpotensi Sebagai Obat untuk Psoriasis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 9 menit
obat cacing kremi

Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 5 menit
ensefalopati uremikum

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit
hubungan suami istri terasa hambar

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit