Manfaat Microneedling dan Tips Melakukannya di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Tidak hanya di klinik kecantikan, Anda juga bisa melakukan microneedling di rumah. Biasanya microneedling dilakukan dengan cara “melukai” kulit dengan sebuah alat roller yang permukaannya tertanam jarum-jarum kecil dan halus. Sempat menjadi tren di kalangan kaum hawa, metode ini dipercaya mampu meremajakan kulit Anda.

Perawatan yang tergolong ekstrem ini dapat memberikan manfaat untuk mendukung kesehatan kulit Anda. Oleh karenanya, simak manfaat dan tips melakukan microneedling di rumah.

Manfaat melakukan microneedling untuk kulit wajah

kulit putih belum tentu kulit sehat

Cara kerja microneedling adalah dengan menggerakkan roller pada permukaan wajah. Teknik ini mampu meningkatan produksi kolagen dan memicu penyembuhan dengan menimbulkan trauma pada kulit terlebih dahulu.

Kolagen merupakan salah satu protein yang mampu membuat kulit tampak lebih muda, kencang, lembut, dan elastis.

Seiring bertambahnya usia, tentu kolagen yang diproduksi semakin sedikit. Akibatnya, muncul keriput dan tanda-tanda penuaan. Melalui microneedling, Anda mampu melawan penuaan.

Adapun penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Reconstructive & Aesthetic Surgery mengatakan bahwa metode microneedling secara aman dan efektif untuk meremajakan kulit, serta merawat bekas luka dan keriput. 

Menurut Deanne Mraz Robinson, MD, FAAD, asisten profesor klinis dermatologi di Yale New Haven Hospital, mengatakan bahwa perawatan microneedling rumahan dapat memberikan hasil yang terlihat bagi mereka yang kulitnya bermasalah. 

Microneedling juga dapat meningkatkan eksfoliasi dan penyerapan produk perawatan kulit.

Robinson menambahkan, melakukan microneedling secara konsisten selama 4-6 bulan dapat melihat perbedaan hasil perawatan.

Hal yang perlu diingat microneedling di rumah

Metode ini melibatkan jarum-jarum kecil pada alat derma roller yang akan bersentuhan dengan kulit wajah. Untuk melakukan microneedling di rumah, Anda perlu menjaga kebersihannya saat sebelum dan setelah melakukan perawatan ini.

Kathleen Welsh, MD, seorang dermatolog di San Francisco dan pendiri Bay Area Cosmetic Dermatology, menegaskan bahwa Anda perlu membersihkan wajah, serta alat derma roller untuk meminimalkan infeksi.

Pengguna derma roller perlu berhati-hati. Jangan sampai Anda terlalu menekan alat karena dapat melukai kulit mereka. Welsh melanjutkan, mungkin saja muncul reaksi alergi setelah melakukan microneedling baik di klinik kecantikan maupun di rumah.

Efek samping yang mungkin timbul seperti di bawah ini.

  • pembengkakan
  • tidak nyaman pada kulit wajah
  • kemerahan
  • memar
  • kulit kering
  • kulit mengelupas

Welsh mengatakan bahwa rasa sakit yang timbul tergantung dari penggunaan alat tersebut. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa perdarahan kerap terjadi saat melakukan treatment ini.

Tertarik untuk melakukan microneedling di rumah? Simak dulu tipsnya di bawah ini.

Tips melakukan microneedling di rumah

dermaroller

Ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan sebelum Anda melakukan microneedling di rumah.

  • derma roller
  • alkohol isopropyl 70%
  • cleanser
  • numbing cream (opsional)
  • serum

Terdapat 5 tahap melakukan microneedling ala rumahan. Perhatikan tahapan berikut secara saksama.

1. Disinfeksi derma roller

Jangan lupa untuk melakukan disinfeksi (steril) derma roller sebelum melakukan microneedling di rumah. Rendam derma roller di dalam alkohol isopopyl 70% selama 5-10 menit, sebelum memulainya.

2. Mencuci wajah

Cucilah wajah secara lembut menggunakan cleanser dengan pH seimbang. Basuhlah wajah Anda sebelum menyekanya dengan alkohol ispropyl 70% sebelum microneedling.

Catatan, jika kulit Anda sensitif terhadap rasa sakit, gunakan numbing cream setelah mencuci wajah. Robinson menyarankan untuk mengoleskan 30 menit numbing cream sebelum microneedling.

3. Mulai microneedling

Saat melakukan microneedling di rumah, Anda perlu membagi empat area wajah. 

  • atas kiri
  • atas kanan
  • bawah kiri
  • bawah kanan

Hindari area mata saat melakukan microneedling. Secara lembut dan tegas, mulailah menjalankan derma roller per satu bagian dengan gerakan satu arah (secara vertikal atau horizontal saja).

Gerakan per bagian cukup dilakukan 2-3 kali. Ingat, selalu angkat roller sebelum kembali menggulirkannya. 

4. Bersihkan wajah

Setelah melakukan microneedling di rumah, basuhlah wajah dengan air bersih. Lalu keringkan dengan clean pad.

5. Sanitasi derma roller

Bersihkan kembali derma roller dengan sabun cuci piring. Lalu, rendam kembali ke dalam alkohol ispropyl 70% selama 10 menit, setelahnya masukkan ke dalam tempat penyimpanan yang bersih. Derma roller perlu diganti setelah 10-15 kali penggunaan.

Setelah melakukan microneedling di rumah, Anda direkomendasikan untuk memakai serum. Efek microneedling dapat memudahkan produk seperti serum dan moisturizer bekerja lebih dalam.

Serum yang bisa Anda pakai setelah melakukan microneedling antara lain.

  • Vitamin C, untuk membuat kulit cerah dan mempromosikan kolagen
  • Asam hyaluronic, untuk menghidrasi dan membuat kulit lebih kenyal
  • Peptida, secara alami mampu meningkatkan produksi kolagen
  • Growth factors, protein yang mampu memproduksi sel kulit sehat dan jaringan, sehingga mampu meremajakan kulit

Dengan demikian, Anda bisa melakukan tips di atas dalam melakukan microneedling di rumah. Namun, jika Anda ragu melakukannya, tak ada salahnya memercayakan perawatan ini kepada tenaga profesional.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 4, 2020 | Terakhir Diedit: Desember 24, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca