3 Khasiat Penting Hyaluronic Acid untuk Kecantikan Wajah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 10 Mei 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Belakangan ini, produk perawatan wajah yang mengandung hyaluronic acid sedang laris-larinya diburu oleh penggiat kecantikan. Hyaluronic acid adalah versi buatan dari senyawa alami bernama sama yang ada di dalam tubuh setiap manusia — terutama banyak ditemukan di lapisan bening mata, jaringan ikat persendian, dan kulit. Lantas, apa manfaat hyaluronic acid yang terkandung dalam produk perawatan kulit pasaran?

Manfaat hyaluronic acid adalah untuk menjaga kulit wajah tetap awet muda

Makin banyak produk kecantikan yang memasukkan hyaluronic acid (HA) sebagai salah satu kandungannya, mulai dari pelembap, serum wajah, sampai krim malam. Hal ini bukan tanpa alasan. Hyaluronic acid adalah senyawa yang disinyalir memiliki segudang manfaat menakjubkan untuk menjaga dan merawat kecantikan kulit wajah.

Apa saja manfaat hyaluronic acid untuk wajah?

1. Melembapkan kulit

Jika jenis kulit Anda cenderung kering, pelembap yang mengandung hyaluronic acid akan sangat membantu melembapkan kulit Anda.

Dikutip dari laman Huffington Post, hyaluronic acid membantu kulit menyimpan air hingga 1.000 kali lebih banyak sehingga tekstur kulit bisa tampak lebih kenyal, lembap, dan bercahaya.

Hyaluronic acid juga sering digunakan sebagai perawatan setelah laser maupun perawatan kecantikan lain di klinik dermatologi yang banyak menggunakan bahan kimia.

Selain melembapkan kulit, Jessica Weiser, seorang dokter kulit di New York Dermatology Group, juga mengatakan bahwa hyaluronic acid mampu membantu mencegah penyumbatan minyak penyebab timbulnya jerawat.

2. Mengurangi kerutan pada wajah

Semakin usia bertambah tua, kulit akan semakin kering dan rentan berkeriput karena tidak lagi mampu memproduksi kolagen sebanyak dulu. Jika masalah ini yang sekarang sedang Anda hadapi, carilah produk anti-aging yang mengandung hyaluronic acid untuk membantu menyamarkan garis halus dan kerutan di wajah.

Hasil uji klinis tahun 2014 yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa produk dengan kandungan hyaluronic acid mampu mengurangi munculnya kerutan di sekitar mata dan mengencangkan kulit yang kendur secara efektif kurang lebih setelah 30 hari pemakaian rutin.

3. Memperbaiki kulit yang terbakar matahari

Bagi orang yang lumayan sering mengalami kulit terbakar akibat beraktivitas di bawah terik matahari, krim pelembap hyaluronic acid bisa membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak tersebut.

Sinar matahari memang dikenal bermanfaat untuk meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh, akan tetapi terlalu banyak terpapar sinar matahari juga tidak baik untuk kesehatan kulit Anda.

Yang harus diperhatikan saat membeli produk kecantikan yang mengandung hyaluronic acid

Karena dibuat berdasarkan senyawa alami yang ada dalam tubuh, produk kecantikan berbasis asam hyaluronic dianggap sangat aman. Weiser mengatakan, risiko reaksi sensitivitas atau alergi terhadap HA termasuk sangat rendah karena molekulnya tidak sampai terserap ke dalam tubuh — hanya sampai di lapisan kulit saja. Oleh karena itu juga, produk kecantikan hyaluronic acid dianggap aman bahkan ketika dipakai selama kehamilan, katanya.

Risiko reaksi hanya mungkin terjadi pada orang-orang yang menerima suntikan HA di dokter kulit. Gejalanya pun ringan dan mudah ditangani, seperti kulit memerah dan bengkak di bekas suntikan yang bisa hilang sendiri seiring waktu.

Weiser menyarankan Anda untuk mencari produk perawatan kulit yang mengandung setidaknya 1% hyaluronic acid. Karena hanya diserap kulit, Anda harus rutin memakai produk tersebut bisa merasakan lebih banyak manfaat pentingnya dalam jangka panjang

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Cepat lelah dan kehabisan napas bisa jadi tanda kebugaran jantung dan paru-paru Anda kurang baik. Tapi bagaimana cara mengukurnya? Simak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Kebugaran, Hidup Sehat 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Mau coba hal-hal baru di ranjang, tapi pasangan Anda malu berhubungan intim? Tenang, Anda bisa membangkitkan kehidupan seks Anda dengan beragam cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ketika Ada mengalami cedera kaki, mungkin Anda akan diminta untuk menggunakan tongkat penyangga (kruk) untuk berjalan. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

risiko kesehatan akibat terlalu lama menatap layar komputer

Risiko Kesehatan Setelah Menatap Layar Komputer Terlalu Lama

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
kepribadian introvert ekstrovert kesehatan

Apakah Kepribadian Anda Introvert atau Ekstrovert? Ini Pengaruhnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit
gangguan pencernaan anak

Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Anak-Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 10 menit
Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit