Tren perawatan kulit ala Korea sedang menjadi pembicaraan hangat. Keinginan memiliki kulit cantik bersinar menjadikan produk-produk kecantikan Korea banyak digemari. Salah satu produk perawatan kulit yang sedang naik daun yaitu sheet mask. Pemakaiannya yang praktis disertai dengan berbagai varian kandungan menjadikan sheet mask salah satu produk andalan yang banyak dimasukkan dalam rutinitas perawatan kulit harian.

Lebih jelasnya, saya akan mengulas beberapa hal yang perlu Anda tahu sebelum rutin merawat kulit dengan produk yang satu ini.

Sebenarnya sheet mask itu apa, sih?

sheet mask korea

Sheet mask adalah masker wajah yang berbentuk lembaran dan biasanya terbuat dari serat alami seperti kertas, katun, selulosa, ataupun pulp kelapa. Lembaran ini biasanya telah melalui proses kimiawi yang diperkaya dengan serum dan air sebagai bahan utamanya. Umumnya, masker ini dibuat dengan berbagai kandungan vitamin, mineral, dan protein tertentu sesuai dengan jenis dan manfaat yang ditawarkan.

Dibandingkan dengan masker biasa, sheet mask hanya bisa digunakan satu kali. Setelah ditempel ke wajah, lembarannya bisa langsung dibuang. Sisa serum yang menempel di wajah dibiarkan meresap tanpa perlu mencuci muka. Sedangkan masker oles biasa bisa digunakan berulang kali dan perlu dibilas dengan air hingga bersih setelah dipakai.

Masker ini juga bisa digunakan oleh siapa pun dari muda hingga tua, baik wanita maupun pria, asal disesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. Untuk penggunaan terbaiknya, sebaiknya pakai masker ini di malam hari karena sifatnya yang padat bisa membuat wajah terkesan mengilap dan berminyak jika digunakan di pagi hari sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan.

Manfaat sheet mask untuk kesehatan kulit wajah

bentuk wajah

Secara garis besar, manfaat sheet mask yang utama yakni memberikan kelembapan pada wajah secara intensif. Wajah pun terasa lebih kenyal dan terhindar dari kekeringan. Tambahan vitamin, mineral, dan juga protein pada produk ini juga akan memberikan nilai lebih.

Misalnya pada kulit kusam, sheet mask yang mengandung vitamin C dan Niacinamide bisa memberikan efek bersinar pada kulit. Kandungan tea tree oil dan ekstrak lemon bisa membantu meringankan kulit yang cenderung berjerawat. Sementara produk yang mengandung asam hialuronat dapat membantu memperbaiki kerutan halus di wajah.

Selain itu, sheet mask bermanfaat untuk menyegarkan dan melembapkan kulit secara praktis. Terutama saat Anda sedang bepergian ke daerah yang panas. Cukup tempelkan masker selama 10 hingga 15 menit, kulit sudah kembali segar.

Bolehkah pakai sheet mask setiap hari?

sheet mask

Pada dasarnya, tidak ada batasan maksimal dari penggunaan produk perawatan kulit wajah ini. Hal ini dikarenakan umumnya produk-produk jenis ini memang dirancang aman untuk digunakan setiap hari. Namun, menurut saya Anda cukup menggunakannya satu hingga dua kali saja dalam seminggu. Mengapa? Karena kandungannya yang cukup beragam dan terkadang sifatnya terlalu oklusif atau dapat menghambat terjadinya penguapan air di permukaan kulit.

Sehingga jika dipakai setiap hari kulit malah akan sulit bernapas. Jadi, sebaiknya untuk pemakaian harian untuk melembapkan kulit, pelembap bentuk krim, gel, ataupun losion sudah cukup.

Anda juga bisa menggunakan produk sheet mask yang berbeda-beda, asalkan Anda tidak alergi terhadap kandungan produk tersebut. Oleh karena itu, penting untuk membaca bahan aktif yang tercantum di dalamnya sebelum memutuskan untuk membelinya. Jangan sampai Anda membeli hanya karena tergiur dengan klaim produknya tanpa memikirkan apakah cocok dengan kulit wajah Anda.

Yang perlu diperhatikan sebelum membeli sheet mask

sheet mask masker wajah
Sumber: Ze Square

Hal terpenting yang perlu diperhatikan sebelum membeli sheet mask adalah jenis kulit wajah Anda. Apakah termasuk kering, berminyak, atau kombinasi. Jika Anda memiliki kulit wajah kering, maka pilih jenis masker dengan kandungan vitamin E dan asam asam hialuronat. Sementara itu, untuk Anda yang punya kulit berminyak pilih masker dengan bahan dasar tea tree oil dan juga lemon.

Namun, jika Anda memiliki kulit wajah berminyak, saya sarankan untuk tidak menggunakan produk ini karena dapat menutup pori-pori wajah sehingga membuat kulit Anda semakin berminyak. Sekali lagi, jauh lebih baik Anda pakai pelembap wajah (moisturizer) berbahan dasar gel atau losion yang lebih ringan di kulit.

Baca Juga:

dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK Kulit & Kelamin
Saya adalah seorang spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Gadjah Mada pada 2016. Selain berpraktik di Erha Derma Center Yogyakarta dan Klinik ...
Selengkapnya
dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK Kulit & Kelamin
Saya adalah seorang spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Gadjah Mada pada 2016. Selain berpraktik di Erha Derma Center Yogyakarta dan Klinik Ergia Yogyakarta, saya juga merupakan pelatih nasional untuk dermal filler Neauvia Organic dan thread lift Ultra-V yang merupakan bagian dari Regenesis Indonesia. Berbagai ajang pelatihan dan simposium nasional dan internasional sudah saya hadiri. Yang terbaru adalah International Master Course on Aging Science 2018 yang diadakan di Paris, Prancis. Saya telah mendapat sertifikasi dermal filler dari Neauvia Academy Switzerland, Allergan Medical Institue, dan juga Perfectha Paris. Sedangkan untuk thread lift, saya telah tersertifikasi dari Ultra-V Korea. Tidak hanya dermal filler dan thread lift, ketertarikan saya di bidang dermatologi juga meliputi permasalahan jerawat (akne), flek wajah (melasma), serta alergi dan imunologi kulit. Selain itu, passion saya di bidang penyakit menular seksual juga menuntun saya untuk meneliti faktor risiko kandidiasis vagina pada pekerja seks di Banyumas di tahun 2016. Prinsip saya adalah, memberikan pelayanan dan perawatan paripurna terhadapan kesehatan kulit serta kelamin pasien, tidak hanya dari segi estetik, melainkan lebih holistik untuk mencapai hasil yang memuaskan.  
Selengkapnya
Artikel Terbaru