Ketika melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan, biasanya Anda akan diberikan banyak obat yang ditujukan untuk mengatasi masalah kulit yang Anda alami, salah satunya adalah krim steroid. Sebenarnya apa, sih, krim steroid itu? Apakah aman jika digunakan terus-menerus?

Apakah krim steroid ampuh untuk mengatasi masalah kulit?

Krim steroid adalah obat yang berbentuk krim yang mengandung obat kortikosteroid yang ampuh untuk mengatasi peradangan serta iritasi pada tubuh. Obat ini biasanya juga bekerja untuk menekan reaksi imun dan mempersempit pembuluh darah. Dalam perawatan kulit, obat oles ini akan digunakan untuk berbagai masalah kulit, seperti:

Semua gangguan kulit tersebut biasanya akan menimbulkan gejala gatal, kulit kemerahan, hingga kulit kering, akan dapat diatasi dengan menggunakan krim ini. Obat oles ini memiliki tingkat dosis yang berbeda-beda, dari dosis rendah hingga tinggi.

Siapa saja yang boleh menggunakan krim steroid?

Obat oles ini sebenarnya aman untuk digunakan oleh siapa saja yang punya masalah kulit. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang tidak dianjurkan untuk menggunakan krim tersebut, seperti infeksi kulit dan kulit mengalami luka terbuka.

Hampir semua jenis krim steroid aman digunakan oleh wanita yang sedang hamil dan menyusui. Akan tetapi, bila Anda sedang menyusui dan menggunakan obat oles tersebut pada area payudara, maka pastikan bahwa sebelum menyusui Anda sudah membersihkan payudara Anda.

Jenis krim steroid dengan dosis yang tinggi biasanya tidak dianjurkan bagi wanita hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Namun hal ini tetap tergantung dengan tingkat keparahan dari masing-masing

Apakah ada efek samping jika menggunakan krim steroid?

Meskipun aman untuk digunakan, dalam beberapa kasus penggunaan krim kulit ini akan menimbulkan efek samping seperti sensasi panas dan kencang setelah digunakan. Namun, pada kasus yang jarang, krim ini dapat menyebabkan:

  • Memperparah infeksi kulit yang terjadi
  • Menimbulkan strech mark
  • Menimbulkan jerawat
  • Mengubah warna kulit, biasanya menjadi lebih hitam
  • Area kulit berubah menjadi kemerahan

Efek samping tersebut mungkin akan muncul jika memang Anda menggunakan krim yang mengandung kortikosteroid dalam dosis yang tinggi atau penggunaannya jangka panjang. Orang yang telah lanjut usia dan anak-anak yang berisiko mengalami efek samping tersebut. Maka dari itu, sebelum Anda menggunakan krim steroid untuk perawatan kulit, lebih baik diskusikan terlebih dahulu dengan dokter kulit Anda tentang efek samping yang mungkin terjadi.

Seberapa lama krim steroid bisa mengatasi masalah kulit?

Hal ini tergantung dengan kondisi kulit masing-masing. Namun, biasanya obat oles ini digunakan selama 5 hari atau beberapa minggu lebih. Dalam masa tersebut, masalah kulit yang dialami akan mulai teratasi. Jika memang tidak ada perubahan juga, biasanya dokter akan memberikan krim dengan dosis kortikosteroid yang lebih tinggi lagi dari sebelumnya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca