Berbagai Cara Terbaik untuk Menghilangkan Stretch Mark di Bokong (dari Dokter dan Perawatan Rumahan)

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Stretch mark biasanya muncul di paha atau perut. Namun, tak menutup kemungkinan juga guratan-guratan keunguan mengganggu ini hadir di bokong. Stretch mark muncul di bokong umumnya disebabkan oleh kenaikan berat badan, misalnya saat hamil. Yuk, cari tahu cara menghilangkan stretch mark di bokong!

Perawatan rumahan untuk mengatasi stretch mark

manfaat lidah buaya untuk rambut

Berikut berbagai perawatan rumahan alami yang bisa dicoba untuk menghilangkan stretch mark, yaitu:

1. Perbanyak asupan vitamin

Memiliki kebiasaan makan sehat dan seimbang tidak hanya baik untuk menjaga berat badan, tapi juga menjaga kesehatan kulit.

Anda terutama disarankan makan makanan yang tinggi vitamin A, E, dan C, serta juga sumber makanan kaya zink guna mengatasi stretch mark. Beberapa di antaranya adalah:

2. Rutin pijat pakai masker gula

Butiran masker gula dipercaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan meratakan tekstur kulit pada daerah yang mengalami stretch mark.

Anda bisa meracik sendiri masker gula dengan cara:

  1. Mencampur satu cangkir gula dengan 1/4 cangkir minyak almond atau minyak kelapa.
  2. Tambahkan tiga sendok jus lemon ke dalam campuran tersebut.
  3. Gosokkan campuran tersebut ke kulit bokong yang memiliki stretch mark selama kurang lebih 8 hingga 10 menit secara perlahan.
  4. Ulangi cara ini sebanyak tiga kali dalam seminggu setiap kali mandi.

3. Oleskan lidah buaya

Belum ada banyak penelitian yang dapat membuktikan manfaat lidah buaya untuk menghilangkan stretch mark, tetapi ada beberapa studi terpercaya yang bisa dijadikan dasar.

Lidah buaya murni disebut-sebut sebagai agen penyembuh alami dan pelembut kulit. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba mengoleskan daging atau gel lidah buaya murni ke bagian kulit Anda yang memiliki stretch mark.

4. Banyak minum air

Jika Anda punya stretch mark di bokong, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari.

Kulit kita sebenarnya mengandung banyak sekali air. Maka dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, kelembapan serta elastisitas kulit akan lebih terpelihara.

Cara menghilangkan stretch mark di bokong di dokter

Sementara pakai perawatan rumahan, Anda juga bisa sambil konsultasi ke dokter untuk mencari cara menghilangkan stretch mark lainnya. Mungkin tidak akan sepenuhnya musnah karena stretch mark tidak bisa dihilangkan total, tapi perawatan di dokter akan membantu memudarkannya lebih cepat.

Berikut ini ada berbagai pilihan perawatan yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan stretch mark di bokong:

1. Dengan krim atau salep oles

Berikut ini berbagai bahan untuk menghilangkan stretch mark di bokong dengan krim atau salep oles, yaitu:

  • Krim tretinoin
  • Trofolastin dan krim albastria
  • Gel silikon, meningkatkan kadar kolagen dan menurunkan kadar melanin pada daerah kulit yang mengalami stretch mark.

2. Prosedur medis

menghilangkan bulu

Berikut ini berbagai pilihan prosedur medis yang bisa membantu mengatasi tampilan stretch mark pada kulit bokong, yaitu:

Terapi laser

Terapi yang satu ini membantu memudarkan stretch mark akibat kulit yang mengalami pelebaran. Biasanya membutuhkan waktu hingga 20 kali perawatan laser agar kulit kembali seperti sedia kala.

Platelet rich plasma

Terapi ini dilakukan dengan memberikan suntikan platelet rich plasma ke bagian kulit yang mengalami stretch mark. Gunanya, agar kolagen dapat terangsang untuk kembali berproduksi. Dengan begitu, garis-garis putih akibat stretch mark pun bisa tersamarkan.

Microneedling

Microneedling atau yang juga dikenal dengan terapi induksi kolagen dilakukan dengan menusukkan jarum kecil di lapisan atas kulit yang mengalami stretch mark untuk memicu elastin dan produksi kolagen. Biasanya dibutuhkan sekita enam kali perawatan selama enam bulan agar hasil yang diinginkan dapat maksimal.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur peremajaan kulit dengan cara mengelupaskan lapisan sel kulit mati menggunakan butiran kristal halus.

Mikrodermabrasi juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat, memperlancar sirkulasi darah beroksigen hingga ke lapisan kulit teratas, serta merangsang pertumbuhan kolagen di dalam kulit.

Dikutip dari Healthline, penelitian di tahun 2014 menemukan fakta bahwa mikrodermabrasi memiliki efek yang serupa dengan krim tretinoin untuk membantu mengatasi stretch mark.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca