6 Cara Cepat Mengatasi Kulit Kepala Berminyak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 Juli 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jenis kulit kepala berminyak akan menyebabkan batang rambut akan ikut berminyak juga. Tak jarang, yang tadinya Anda baru saja keramas atau mencuci rambut, beberapa saat kemudian terlihat lepek lagi. Tenang, Anda tidak perlu panik. Ada cara yang bisa dilakukan kok, supaya kulit kepala tak lagi berminyak dan rambut terlihat mengembang setiap saat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut dan kulit kepala berminyak Anda.

Mengatasi rambut dan kulit kepala berminyak dengan cepat

1. Keramas dengan cara dan shampo yang benar

keramas

Pastikan Anda mencuci rambut Anda secara benar setelah Anda menggunakan sampo. Bilas rambut setidaknya 30 detik, bahkan sebaiknya lebih dari itu. Pasalnya, terkadang kulit kepala berminyak sebenarnya diakibatkan sampo atau pelembap rambut yang tidak terbilas dan masih tertinggal di kulit kepala.

Bilas rambut Anda dengan air bersuhu normal setelah keramas. Jangan keramas pakai air hangat, karena air hangat dapat menrangsang kelenjar yang dapat menghasilkan sebum (minyak alami rambut), sementara air dingin dapat membantu menghentikannya. Membilas rambut dengan air bersuhu normal juga dapat menutup kutikula dan mengurangi kerusakan rambut Anda.

2. Jangan sering-sering sentuh rambut

kutu rambut susah hilang

Terkadang sering menyentuh atau memainkan rambut sehabis keramas bisa memicu rambut dan kulit kepala jadi berminyak. Sentuhlah rambut Anda sesedikit mungkin jika Anda memiliki kecenderungan rambut berminyak.

Semakin sering Anda memegangnya, menyisirnya, dan bahkan merapikan rambut, semakin banyak pula minyak yang Anda produksi dan membuat penampilan rambut jadi lepek.

3. Rawat rambut dengan masker alami

Selain menggunakan sampo antiminyak, Anda juga bisa menggunakan ramuan alami untuk dijadikan masker rambut. Rambut Anda berminyak mungkin saja akibat hasil dari produk sampo dan pelembap yang mengandung berbagai bahan kimia yang ‘berat’ bagi rambut. 

Beberapa bahan kimia juga bisa memicu kulit kepala jadi makin berminyak. Maka, coba gunakan masker rambut alami seperti masker alpukat atau masker lidah buaya, guna mengurangi produksi sebum minyak di kulit kepala.

4. Kalau mau cepat, pakai dry shampoo

tips pakai hairspray

Rambut dan kulit kepala berminyak sebetulnya bisa diatasi cepat dengan shampo kering alias dry shampoo. Gunakan dry shampo untuk menyerap minyak di kulit kepala dengan cara menyemprotkannya sedikit saja. Tidak hanya menyerap minyak, shampoo kering juga dapat menambah volume dan menyerap aroma dari produksi minyak berlebih rambut Anda.

Jika tak punya dry shampoo, Anda juga bisa menggunakan bedak bayi yang ditabur ke kulit kepala dan menyerap semua kelebihan minyak. Masalahnya, bedak bayi berwarna putih tentu akan meninggalkan jejak putih di rambut hitam orang Asia.

Solusinya, gunakan bubuk cokelat alias cocoa powder. Jangan gunakan terlalu sering, karena bahan kimia dari bedak bayi dan cocoa powder bisa masuk ke dalam kulit kepala dan menimbulkan masalah seperti ketombe contohnya.

5. Gunakan krim rambut dengan tipe anti lepek

cara merawat rambut alami

Sekarang banyak iklan atau produk yang menawarkan hasil antilepek untuk rambut Anda. Jika Anda menggunakan produk untuk styling rambut,  gunakanlah yang berlabel “volumizing”.

Produk ini biasanya mengandung minyak lebih sedikit sehingga tidak akan membuat rambut dan kulit kepala berminyak lebih banyak. Hindari produk yang menawarkan kilau ekstra. Kilau biasanya berhubungan dengan minyak.

6. Coba blow rambut

brazilian blowout

Selain cara di atas, Anda bisa mencoba gaya rambut keriting atau bergelombang untuk mengakali rambut yang lepek. Disarankan untuk tidak mencatok, gunakan metode blow supaya rambut tidak terlihat tambah lepek dan berminyak. 

Hal yang sama berlaku untuk alat pengering rambut (hair dryer). Usahakan untuk membiarkan rambut Anda kering dengan sendirinya, atau gunakan hair dryer dengan kipas yang mengeluarkan angin, bukan suhu panas. Bila Anda menggunakan pengering bersuhu panas, ini akan menstimulasi produksi minyak di kulit kepala dengan cepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

    Produk krim wajah yang populer saat ini adalah jenis anti-aging. Tapi apa saja bahan krim anti-aging yang bisa mencegah penuaan pada kulit Anda?

    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Hidup Sehat, Kecantikan 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

    Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

    Ada banyak penyebab kulit kepala gatal, tapi banyak juga bahan-bahan alami dan sederhana yang ampuh mengusir kulit kepala gatal.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Tips Sehat 9 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

    Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

    Kulit kering ternyata bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Begini cara mengatasi gatal karena kulit kering, serta mencegah kulit jadi semakin kering.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
    Dermatologi, Health Centers 1 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

    Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

    Warna rambut yang salah bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Berikut cara mengetahui warna rambut yang sesuai dengan karakter diri.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Hidup Sehat, Kecantikan 31 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    terapi urine minum air kencing

    Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
    penyebab mengatasi kulit mengelupas

    5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
    bahaya tidur dengan rambut basah

    Bahayakah Tidur dengan Rambut Basah?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 27 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
    bibir gatal

    7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit