Mencuci muka pada umumnya terlihat sederhana. Anda hanya perlu membasahi muka terlebih dahulu, menuangkan sabun pembersih ke telapak tangan, menggosoknya ke permukaan wajah, lalu dibilas dengan air sampai bersih. Namun sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua cara mencuci muka yang benar itu sama bagi semua orang. Cara mencuci muka yang benar masing-masing berbeda di setiap jenis kulit. Khusus kulit berminyak, Anda perlu mencuci muka menggunakan beberapa teknik atau cara tersendiri. Salah-salah cuci muka, yang ada minyak di wajah Anda makin keluar banyak dan wajah bisa jadi berjerawat. Lalu, bagaimana cara mencuci muka yang benar bagi pemilik kulit berminyak?

Cara mencuci muka yang benar untuk kulit berminyak

1. Cuci tangan

Pertama sebelum memulai, cucilah tangan Anda sebelum menyentuh wajah Anda. Jika tangan Anda kotor, bakteri atau debu bisa saja menempel di kulit berminyak sehingga berpotensi menimbulkan jerawat. Cuci tangan menggunakan sabun anti bakteri dan bilas dengan air hangat.

2. Ikat rambut

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang atau berponi, ada baiknya mengikat rambut terlebih dahulu sebelum cuci muka.  Rambut yang basah dan mengenai wajah bisa membuat kulit jadi rentan terkena bakteri dan kotoran yang menempel di rambut. Ikat rambut, dengan begitu Anda juga akan lebih nyaman untuk mencuci wajah Anda.

3. Bersihkan dulu riasan 

Bagi Anda yang menggunakan make up sehari-hari, baiknya bersihkan terlebih dulu dengan pembersih khusus sesuai jenis kulit. Tetap basuh wajah Anda dengan air hangat setelahnya walaupun sudah dibersihkan dengan pembersih make up.

4. Gunakan lotion pembersih (jika ada)

Sebelum memulai cara mencuci muka yang benar, umumnya Anda bisa menggunakan rangkaian milk cleanser dan toner di tahap pertama. Keluarkan sedikit lotion pembersih atau milk cleanser pada ujung jari atau handuk.

Perlahan oleskan pembersih ke seluruh wajah. Pastikan untuk mengoleskannya ke semua area, yakni dagu, dahi, hidung, pipi dan leher. Pijat wajah Anda dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Setelahnya basuh dengan kapas yang telah dibasahi air.

5. Cuci wajah dengan air dingin

Cuci wajah Anda dengan air atau air dan pembersih muka tipe kulit berminyak, meski sudah dibersihkan dengan lotion pembersih. Bersihkan wajah di bagian T-Zone, yakni dahi, hidung dan dagu. Lalu bilas hingga Anda merasa pembersihnya telah terbilas semua.

Anda juga dapat menggunakan spons untuk wajah ataupun kapas untuk mengelap sisa pembersih dari wajah. Mencuci wajah Anda dengan air dingin dapat menutup pori-pori yang terbuka dan meningkatkan sirkulasi.

6. Usap wajah perlahan

Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk ringan menggunakan handuk, atau mengusapnya halus. Jangan menggosoknya. Gunakan handuk yang khusus untuk muka, jangan pakai handuk yang sama dengan yang digunakan untuk mandi.

7. Gunakan toner

Jika kulit Anda berminyak, disarankan untuk memakai toner wajah setelah selesai mencuci muka. Toner dapat membersihkan semua bekas riasan, debu, dan minyak yang pembersih Anda tidak bisa bersihkan. Toner juga dapat mengangkat sisa sabun, mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak, dan menghaluskan kulit.

8. Lembapkan kulit Anda

Gunakan pelembap wajah setelah mencuci wajah karena kulit Anda akan kering setelah dicuci, meskipun jika jenis kulit Anda berminyak. Pastikan pelembap yang Anda gunakan adalah yang oil-free dan berbahan dasar air atau gel.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca