Anda mungkin berjerawat setidaknya satu kali dalam hidup Anda. Namun, apakah Anda tahu semua hal tentang jerawat? Misalnya, apa yang menjadi penyebab jerawat, bagaimana cara mengobatinya, atau bagaimana cara yang benar untuk mencegahnya? Artikel ini akan memberikan beberapa informasi dasar tentang jerawat. Mari kita lihat.

Bagaimana jerawat terbentuk di kulit?

Terkadang, selama pubertas atau ketika terjadi perubahan hormon, Anda dapat berjerawat.

Ketika sel-sel rambut, sel-sel kulit, dan kelebihan minyak dari kelenjar minyak bercampur menjadi satu dan memblokir folikel rambut (pori-pori), maka terjadi penyumbatan. Bakteri dalam penyumbatan tersebut menyebabkan pembengkakan di bawah kulit. Jika penyumbatan tersebut luruh, maka muncul bintil. Itulah jerawat. Jerawat sebagian besar berasal dari pori-pori yang tersumbat.

Apa yang menjadi penyebab jerawat?

Penyebab pasti dari jerawat tidak diketahui. Namun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat.

  • Anda paling banyak berjerawat selama masa remaja karena hormon Anda berubah, kelenjar minyak di kulit mulai memproduksi lebih banyak minyak dari yang dibutuhkan. Kelebihan minyak membuat kulit rentan terhadap jerawat.
  • Kondisi perubahan hormon lainnya, seperti selama masa kehamilan, atau menggunakan pil KB.
  • Riwayat keluarga: jika orangtua Anda berjerawat, Anda lebih mungkin untuk berjerawat juga.
  • Ketika Anda menggunakan beberapa jenis obat; jerawat dapat muncul sebagai efek samping.
  • Anda dapat berjerawat akibat make-up. Berdandan dengan produk yang mengandung minyak dapat menyumbat pori-pori Anda.

Bagaimana cara mengobati jerawat?

Jerawat dapat dengan efektif dikendalikan oleh beberapa perawatan rumah atau pengobatan medis. Tujuan pengobatan adalah:

  • memperbaiki bintil
  • mencegah kekambuhan pertumbuhan jerawat yang baru
  • mencegah jerawat membekas
  • mengobati masalah emosional

Beberapa jenis pengobatan yang umum adalah:

  • Perawatan kulit: Ini sangat penting. Anda harus melindungi kulit sebelum menjadi berjerawat. Jagalah kulit supaya tetap bersih dan lembap.
  • Obat-obatan yang dijual bebas: Beberapa obat dapat digunakan secara topikal atau secara oral untuk mengurangi peradangan, kemerah-merahan, nyeri, dan meminimalkan bekas jerawat. Beberapa obat yang dijual bebas termasuk ibuprofen, acetaminofen.
  • Obat-obatan yang diresepkan. Anda mungkin harus menggunakan obat-obatan yang diresepkan jika obat yang dijual bebas tidak mempan. Ini akan tergantung pada dokter atau dermatologist Anda.
  • Operasi: operasi terkadang dapat dianjurkan untuk menghilangkan bekas jerawat dan menyembuhkan lesi jerawat. Operasi digunakan untuk jerawat yang parah.

Bagaimana cara merawat dan mencegah jerawat?

Anda dapat merasa bahwa mengobati jerawat dan bekas jerawat adalah hal yang rumit sehingga Anda ingin mencegahnya terjadi. Jadi, apa yang Anda inginkan untuk mencegah jerawat?

  • Jagalah kulit Anda tetap bersih. Cuci kulit Anda dengan air bersih dan sabun ringan dua kali sehari—setelah Anda bangun dan sebelum Anda tidur. Air harus suam-suam kuku. Anda juga harus membersihkan kulit setelah berolahraga, karena keringat dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan jerawat. Anda harus menghindari sabun yang kuat dan menggosok dengan kuat. Ini dapat membuat jerawat bertambah parah. Bersihkan make-up secara menyeluruh sesegera mungkin dengan pembersih khusus.
  • Jagalah rambut Anda tetap bersih: Cucilah rambut Anda secara rutin. Kuman dari rambut dapat berpindah ke kulit.
  • Jangan memencet dan mengorek jerawat: Memencet jerawat dapat membuatnya terkena infeksi dan luka dapat terbentuk di area yang terinfeksi.
  • Hindari terbakar matahari: Lindungi kulit Anda dengan tabir surya. Tabir surya harus memiliki SPF 30 atau lebih. Radiasi UV dari matahari dapat merusak kulit, menyebabkan terbakar matahari dan kanker kulit. Anda mungkin perlu menggunakan pakaian berlengan panjang, celana panjang, dan topi untuk mendukung perlindungan.
  • Konsultasikan pada dokter tentang metode pengobatan: Anda dapat memilih beberapa pengobatan medis untuk mengobati jerawat secara efektif dan cepat.

Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang umum tetapi tidak ada satupun orang yang dapat tahu sepenuhnya tentang jerawat. Namun, tersedia informasi dasar yang dapat membantu Anda untuk merawat jerawat dan mencegah kemunculannya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca