12 Cara Menghilangkan Kantung Mata

Oleh

Apakah Anda sedang memiliki masalah kantung mata? Kantung mata merupakan masalah yang umum seiring usia bertambah. Dengan penuaan, jaringan di sekitar mata termasuk beberapa otot yang mendukung kelopak mata akan melemah. Lemak yang berfungsi untuk mendukung mata akan berpindah menuju kelopak mata bawah, sehingga kelopak tersebut memiliki kantung. Cairan yang berkumpul di kelopak bagian bawah mata Anda juga dapat menyebabkan kantung mata membesar. Selain itu penyebab lainnya adalah akibat tidak cukup tidur, alergi atau dermatitis, dan faktor keturunan.

Namun, Anda jangan khawatir, karena kantung mata dapat dihilangkan. Untuk menghilangkan kantung mata, Anda perlu melakukan cara-cara berikut ini:

1. Menghindari garam

Garam paling sering dikaitkan dengan darah tinggi. Namun, apakah Anda tahu bahwa garam dapat menyebabkan penumpukan cairan yang dapat mengakibatkan bengkak di sekitar mata? Hindarilah makanan yang menggunakan banyak garam seperti keripik kentang dan sejumlah jajanan lain.

2. Melakukan olahraga wajah

Olahraga wajah merupakan cara alami untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, terutama pada area sekitar mata. Marie-Veronique Nadeau, pakar keindahan dan penulis The Yoga Facelift, menjelaskan bahwa melakukan yoga untuk wajah dapat melatih otot-otot wajah Anda agar lebih kencang. Pose yoga dengan badan terbalik seperti shoulder stand dan back bends dapat membantu meningkatkan sirkulasi pada wajah, sehingga kelebihan cairan dan pembengkakan akan teratasi dengan baik.

3. Tidur dengan posisi yang baik

Tidur telentang dapat mencegah gravitasi dari menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata. Pertimbangkan untuk menambah bantal tambahan di bawah kepala Anda, namun pastikan bahwa bantal tersebut efektif untuk membuat Anda tidur. Jika Anda tidak bisa tidur, Anda akan menambahkan lingkaran hitam pada kantung mata.

4. Menghapus make-up sebelum tidur

Meninggalkan make-up pada daerah mata dapat membuat mata iritasi sehingga mata menjadi berair dan membengkak. Oleh karena itu, hapuslah riasan mata Anda dengan lembut sebelum tidur untuk menghilangkan faktor-faktor penyebab iritasi mata.

5. Mengurangi alkohol

Alkohol membuat tubuh dan kulit dehidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan daerah halus sekitar mata memiliki cekungan dan warna gelap. Lalu, alkohol juga dapat menyebabkan mata merah dan lelah. Kurangi konsumsi alkohol maksimal menjadi satu gelas sehari. Anda lebih disarankan untuk minum air putih sebagai gantinya. Dengan banyak mengonsumsi air putih, Anda menjadi lebih segar dan kulit sekitar mata akan lebih cerah karena telah terhidrasi.

6. Berhenti merokok

Apakah Anda tahu bahwa merokok dapat menyebabkan kulit mengering dan melemah pada wajah dan pada seluruh tubuh Anda? Rokok juga dapat menyebabkan penuaan dini, khususnya di sekitar mata. Bahan kimia yang ditemukan di dalam rokok adalah racun dan dapat menyebabkan iritasi di sekitar mata. Hal tersebut memicu lingkaran hitam dan kantung mata disertai dengan keriput dan penampilan kusam.

7. Menggunakan kompres dingin

Jika mata Anda bengkak dan berkantung, cobalah menggunakan kompres dingin. Ini tidak hanya dapat membantu mengurangi mata bengkak, namun juga dapat membuat penampilan lebih muda. Anda dapat mengompres mata Anda dengan menggunakan sendok dingin, irisan mentimun, dan dengan mendinginkan atau membasahi kantung teh dan mengompresnya di atas mata.  

8. Melindungi mata dari sinar UV

Berada di bawah sinar matahari secara berlebihan dapat membuat kulit di sekitar mata mengendur dan berkerut, serta menyebabkan dehidrasi pada kulit. Tabir surya (sunblock) berbasis mineral, kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV), dan topi dapat membantu melindungi mata Anda dari sinar berbahaya, sehingga dapat menjaga kulit sekitar mata agar tidak menghitam akibat efek sinar matahari.

9. Tidur dengan waktu yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada komposisi tubuh, kemampuan fungsi tubuh, dan juga tampilan wajah. Selama tidur, cairan dalam jaringan akan diperas kembali ke pembuluh getah dan juga ke saluran darah. Oleh karena itu saat kita bangun, mata akan terlihat sedikit bengkak, namun sesaat kemudian akan menghilang. Apabila Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka proses ini akan terhambat dan menyebabkan cairan terjebak dalam jaringan sehingga timbul kantung mata. Ketika Anda melewatkan waktu tidur, kulit akan terlihat pucat dan memiliki lingkaran hitam.

10. Menggunakan krim mata alami

Penuaan biasanya menyebabkan dehidrasi pada kulit karena kekurangan kolagen. Banyak krim mata yang dijual di pasaran, namun segala sesuatu yang alami tentu lebih baik. Untuk memastikan bahwa krim yang Anda pakai alami, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Campurkan bahan-bahan alami seperti minyak rosehip, minyak lavender, minyak lemon esensial, dan lidah buaya. Gunakan setiap malam sebelum tidur, untuk mengobati kantung mata.

11. Mengonsumsi banyak kolagen

Kolagen merupakan protein yang paling banyak pada tubuh kita. Ini dapat ditemukan dalam otot, tulang, kulit dan tendon. Manfaat kolagen adalah untuk memberikan kekuatan dan elastisitas kulit, serta mengganti sel-sel kulit mati. Kolagen sangat baik untuk menghilangkan kantung mata. Anda dapat mencoba kaldu tulang ayam dan suplemen kolagen untuk meningkatkan asupan kolagen Anda.

12. Melakukan operasi

Operasi kelopak mata (blepharoplasty)  merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kantung mata. Ahli bedah mendistribusikan atau menghilangkan kelebihan lemak, otot, dan kulit kendur pada daerah mata Anda. Prosedur ini biasanya dilakukan sebagai prosedur rawat jalan.

BACA JUGA:

Yang juga perlu Anda baca