6 Penyebab Kram Kaki yang Tak Kunjung Hilang, Selain Karena Olahraga

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Mengalami kram kaki saat sedang beraktivitas tentu sangat menyiksa. Untuk menggerakkan kaki saja terasa sakit, apalagi saat berjalan. Hal ini umumnya disebabkan karena efek olahraga yang terlalu intens. Namun, penyebab kram kaki juga bisa disebabkan oleh hal lainnya, lho.

Apa saja penyebab kram kaki?

Kram kaki umumnya terjadi karena otot dan saraf di kaki mengalami kontraksi berlebihan hingga memicu rasa sakit. Penyebab kram kaki yang paling umum di antaranya:

1. Dehidrasi

penyebab dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab kram kaki yang paling umum. Todd J. Sontag, DO, seorang dokter keluarga dari Orlando Health Physician Associates, mengungkap kepada Health bahwa kekurangan cairan tubuh menyebabkan ujung saraf menjadi lebih sensitif.

Akibatnya, saraf jadi mudah berkontraksi berlebihan dan menekan ujung saraf motorik sehingga menyebabkan kram kaki. Kondisi ini dapat diperparah bila Anda sering berolahraga di bawah terik matahari.

2. Kelelahan

kram kaki saat yoga

Penyebab kram kaki dapat terjadi karena kelelahan akibat aktivitas yang Anda lakukan setiap hari. Contohnya olahraga yang melibatkan banyak lari seperti sepak bola atau basket, olahraga angkat beban kaki, boot camp, dan sebagainya.

Aktivitas yang terlalu berat mengakibatkan kelelahan otot dan memicu kaki kram. Apalagi bila Anda menghabiskan banyak aktivitas saat cuaca panas dan berisiko dehidrasi, hal ini dapat memperparah kram kaki.

3. Posisi duduk atau berdiri yang salah

kaki sakit akibat berdiri lama

Kelenturan otot ditentukan oleh keseimbangan postur tubuh Anda setiap hari, baik saat berbaring, duduk, atau berdiri. Jika Anda terbiasa duduk lama tapi tiba-tiba harus lama berdiri dalam antrean tiket, atau sebaliknya, maka Anda dapat mengalami kram kaki.

Namun, ini bukan berarti terlalu lama duduk juga baik untuk kelenturan otot Anda. Pasalnya, kelamaan duduk justru dapat membuat serat-serat otot jadi kaku dan mudah kram pula.

4. Obat-obatan tertentu

obat tbc

Jenis obat-obatan tertentu dapat menjadi penyebab kram kaki Anda saat ini. Beberapa jenis obat yang memiliki efek samping kram kaki di antaranya obat hipertensi, obat osteoporosis, obat asma, obat pereda nyeri, statin, hingga pil KB.

5. Kehamilan

sakit pinggang saat hamil pakai heating pad

Wanita yang sedang hamil berisiko tinggi mengalami kram kaki, terutama pada trimester kedua dan ketiga. Hal ini terjadi karena ibu hamil rentan mengalami kekurangan magnesium dan kalium yang dapat memicu kram kaki.

6. Penyakit tertentu

mengatasi kram kaki

Tidak sedang berolahraga atau hamil, tapi kram kaki tak kunjung hilang? Bisa jadi Anda mengidap penyakit tertentu.

Beberapa penyakit yang dapat memicu kram kaki di antaranya penyakit arteri perifer, multiple sclerosis, pengapuran sendi (osteoarthritis), neuropati perifer, gagal ginjal, diabetes tipe 2, dan hipotiroid. Maka itu, segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan penyebab kram kaki Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca