Bagaimana Tulang yang Patah Bisa Disambung Lagi? Ini Hebatnya Tulang Manusia!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22 September 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Patah tulang bisa diakibatkan oleh berbagai hal. Biasanya, orang yang tulangnya patah akan menjalani masa pemulihan yang cukup lama, tergantung pada kondisi masing-masing. Pernahkah Anda membayangkan bagaimana tulang patah bisa sembuh dan pulih kembali? Penasaran? Simak penjelasan berikut ini.

Begini cara tubuh manusia mengembalikan tulang patah seperti semula

Di dalam tubuh, tulang berfungsi untuk menopang dan membuat badan Anda tetap tegap sehingga mampu melakukan berbagai aktivitas. Ketika tulang patah , tentu hal ini akan mengganggu aktivitas Anda. Saat tulang patah, tubuh akan bereaksi dengan berbagai cara untuk mengatasi hal ini. Nah, berikut adalah tahapan ketika tulang patah hingga tersambung kembali.

1. Awalnya, tulang patah akan ditandai dengan munculnya perdarahan

Tubuh Anda tidak akan tinggal diam ketika gangguan terjadi, seperti saat tulang patah. Ketika itu, tubuh akan langsung mengeluarkan darah dari pembuluh darah. Darah Anda akan berkumpul di sekitar tulang yang patah. Tahap ini akan terjadi hanya beberapa jam setelah tulang patah.

Darah yang menggumpal berfungsi untuk menjaga bagian-bagian tulang yang patah agar tidak ke mana-mana dan mencegah agar tidak ada zat asing yang bisa masuk ke dalam tulang yang patah tersebut. Akibat darah menggumpal dan berkumpul di sekitar tulang yang patah, maka pada bagian tubuh tersebut akan terlihat bengkak. Kondisi ini disebut dengan hematoma.

2. Sel-sel tulang yang baru akan muncul setelahnya

Setelah darah keluar dan menggumpal di sekitar tulang yang patah, tahap selanjutnya adalah mulai munculnya sel-sel yang membentuk jaringan tulang baru.

Jaringan tulang memang sudah mulai terbentuk, tapi masih sangat rapuh dan belum sekuat tulang pada umumnya. Karena itu, pada tahapan ini biasanya dokter Anda akan memasangkan gips pada bagian tubuh yang patah, untuk mencegah mobilisasi tulang, mengurangi nyeri dan mencegah jaringan lunak disekitrnya seperti otot menjadi luka.

Tulang mudah patah

3. Tulang menjadi padat kembali

Dalam tahap ini, akan muncul sel yang disebut dengan osteoblas, yaitu sel yang berperan dalam membentuk tulang. Sel ini akan mengisi rongga-rongga yang masih kosong dan mengambil mineral untuk dimasukkan ke dalam jaringan tubuh. Karena itu, tulang akan semakin padat dan kuat.

4. Setelah tersambung, tulang akan merusak jaringannya lagi

Nah, setelah berhasil dibentuk, diisi, dan dipadatkan oleh sel osteoblas, tulang yang patah akan menjadi padat dan kuat. Namun, sel ini membuat tulang Anda justru memiliki jaringan yang berlebihan, sehingga bentuknya tidak seperti tulang sebelumnya.

Pada tahap ini, tubuh akan menghasilkan sel osteoklas, yaitu sel yang memiliki tugas yang berbeda dengan sel osteoblas sebelumnya. Sel ini akan merusak dan menghilangkan sel-sel tulang yang berlebihan, sehingga tulang Anda akan memiliki bentuk serta kepadatan tulang yang sama seperti sediakala.

Bagaimana cara mengatasi patah tulang?

Kejadian patah tulang yang ringan, biasanya hanya ditangani dengan memasangkan gips atau penyangga saja, agar tulang dapat memulihkan diri sendiri. Selain itu, dokter juga akan memberikan obat penghilang rasa sakit ketika tulang patah.

Namun, untuk beberapa kasus, tulang patah harus ditangani dengan cara dioperasi dan dipasangkan implan yang terbuat dari logam (dikenal dengan istilah pen). Untuk mengetahui pengobatan mana yang cocok Anda jalani, sebaiknya diskusikan dengan dokter spesialis tulang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Mau coba hal-hal baru di ranjang, tapi pasangan Anda malu berhubungan intim? Tenang, Anda bisa membangkitkan kehidupan seks Anda dengan beragam cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ketika Ada mengalami cedera kaki, mungkin Anda akan diminta untuk menggunakan tongkat penyangga (kruk) untuk berjalan. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Psoriasis pada Kulit Kepala

Selain menyebabkan kepala terasa sangat gatal, psoriasis kulit kepala juga bisa bikin rambut Anda jadi cepat rontok dari biasanya. Kenapa begitu, ya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
teh tanpa kafein

3 Jenis Teh yang Tidak Mengandung Kafein

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Waktu Efektif Minum Kopi

Waktu Paling Sehat untuk Minum Kopi Ternyata Bukan Pagi Hari

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit