Luka lecet tidak hanya terasa perih dan menyakitkan, tapi juga bisa mengganggu penampilan apabila lokasinya mudah dilihat oleh mata telanjang. Lantas, bagaimana cara mengatasinya yang tepat? Adakah pilihan obat luka lecet yang bisa mempercepat penyembuhannya?

Berbagai penyebab luka lecet pada kulit

Kulit adalah organ terbesar pada tubuh manusia. Kulit punya peran penting untuk melindungi tubuh Anda dari zat-zat dari lingkungan sekitar, seperti kuman, bakteri, panas, bahaya fisik, dan lain-lain. Namun, ketika kulit mengalami gesekan terus-menerus, atau Anda terjatuh dan kulit tergesek dengan aspal atau benda keras lainnya, sehingga kulit bisa tergores, iritasi, dan akhirnya menjadi lecet.

Keparahan luka lecet bisa berbeda untuk setiap orang, tergantung apakah kulit Anda tebal atau tipis. Luka lecet bisa terjadi di bagian kulit mana saja yang mengalami gesekan, tapi area yang paling sering langganan lecet adalah adalah paha, ketiak, selangkangan, dan puting susu.

Lecet berawal dari iritasi kecil pada kulit dan pada akhirnya berkembang menjadi goresan. Goresan akan bertambah besar dan dalam, masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Lapisan kulit ini terbentuk atas jaringan hidup, kapiler, ujung saraf, dan lain-lain. Jika lapisan ini rusak, kulit Anda akan terasa sakit.

Penyebab umum luka lecet di kulit adalah:

  • Bersepeda dan lari. Kedua jenis olahraga ini dapat menyebabkan lecet di selangkangan karena gesekan antara kulit yang lembap berkeringat dan pakaian akibat gerakan yang berulang.
  • Obesitas.
  • Menyusui dapat menyebabkan lecet pada puting.
  • Penggunaan popok.
  • Memakai pakaian yang terlalu ketat ketika udara dan cuaca sedang panas dan lembap.

Cara mengobati luka lecet

Luka lecet bisa makin memburuk dan mengganggu jika tidak diobati. Jadi, jangan mengabaikannya. Bersihkan area yang lecet dengan lembut dengan air dan keringkan secara menyeluruh. Setelah area tersebut dibersihkan, oleskan petroleum jelly.

Jika area yang lecet sakit, bengkak, berkerak, atau berdarah, mintalah dokter untuk meresepkan obat salep. Jaga agar kulit yang luka tidak tersentuh dan berikan waktu untuk kulit sembuh sebelum aktif kembali. Gesekan yang terus menerus hanya akan membuat kondisi menjadi lebih buruk dan ini dapat menyebabkan infeksi.

Jika luka lecet tidak membaik setelah diobati sendiri, temui dokter. Salep antibiotik diperlukan saat area lecet menjadi terinfeksi.

Bagaimana cara merawat luka lecet di kulit?

Hindari aktivitas dan jenis pakaian yang dapat menyebabkan gesekan pada kulit Anda. Jika kulit Anda sudah lecet, Anda dapat melakukan berbagai hal berikut:

  • Hindari hal-hal yang dapat menyebabkan lecet menjadi lebih parah.
  • Oleskan pelembap.
  • Oleskan kortikosteroid topikal jika diresepkan oleh dokter.

Saat kulit Anda dalam masa penyembuhan, sebaiknya:

  • Jangan gunakan iodine atau hidrogen peroksida sebagai obat luka lecet untuk membersihkan kulit. Gunakan air beserta sabun saja
  • Jangan mandi menggunakan air yang terlalu panas dan sabun yang mengandung banyak bahan kimia.
  • Jangan mengeringkan kulit dengan menggesekkan handuk.
  • Kompres kulit dengan air es untuk mengurangi rasa sakit.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca