Selain dimanfaatkan dagingnya, sekarang ini masyarakat sedang gencar membudidayakan hasil perahan susu kambing. Ya, susu dari hewan herbivora ini mengandung banyak nutrisi yang tidak kalah dengan susu sapi. Apa saja manfaat susu kambing? Mari bahas lebih dalam pada ulasan berikut ini.

Manfaat susu kambing untuk kesehatan

Dibanding susu kambing, susu sapi memang lebih populer. Pasalnya, di pasaran Anda akan lebih mudah menemukan susu ini dan berbagai jenis olahannya, seperti keju dan yogurt dibanding susu kambing. Meskipun begitu, banyak penelitian yang mengamati kandungan nutrisi dan potensi susu kambing bagi kesehatan manusia.

Berikut beberapa manfaat susu kambing yang telah dibuktikan beberapa penelitian, yakni:

1. Baik untuk jantung

Susu kambing mengandung kalium, yaitu mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Pada takaran yang sama, yaitu 113 mililiter jumlah kalium pada susu kambing ternyata lebih tinggi dibanding susu sapi, yaitu 160 mg dengan 149 mg.

Kalium pada susu kambing ternyata dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Caranya, dengan mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Ya, kadar natrium yang berlebihan dapat memicu naiknya tekanan darah.  

Semakin tinggi tekanan darah, jantung yang bertugas untuk memompa darah tentu harus bekerja lebih keras. Sebaliknya, jika tekanan darah lebih terkendali, kesehatan jantung tentu akan lebih terjaga.

2. Menjaga kesehatan sel tubuh

Selain membantu mengendalikan tekanan darah, kalium pada susu kambing juga ditemukan pada banyak sel tubuh, misalnya sel otot, sel darah merah, hati, dan tulang. Itu artinya, sel di dalam tubuh tentu akan bekerja dengan baik jika asupan kalium Anda tercukupi.

Bukan hanya kalium, susu kambing juga mengandung asam amino triptofan. Tidak hanya membantu menjaga kesehatan saraf, asam ini juga berperan dalam pembentukan hormon serotonin, yaitu hormon yang mengatur suasana hati.

3. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Sebenarnya, di dalam perut Anda terdapat bakteri baik yang membantu pencernaan. Namun, jumlah bakteri baik ini tergantung dengan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Nah, untungnya susu kambing mengandung prebiotik, yaitu makanan untuk si bakteri baik. Jika jumlah bakteri baik dalam tubuh normal atau bahkan meningkat, maka proses metabolisme tubuh akan lebih baik.

Bakteri tersebut nantinya akan membantu kerja usus untuk mencerna makanan dan melawan bakteri jahat. Itu artinya, susu kambing memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

4. Meningkatkan pH dalam tubuh

pH atau potential Hydrogen merupakan tingkat asam atau basa dalam suatu zat. Bukan hanya pada makanan atau minuman, tubuh Anda juga memiliki standar pH yang normal, yaitu sekitar 7 hingga 7,4.

Namun, sejumlah masalah kesehatan dapat membuat tubuh Anda terlalu asam. Kadar keasaman pada tubuh yang tidak ideal ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda mudah jatuh sakit.

Untuk menstabilkan tingkat pH dalam tubuh, Anda perlu sesuatu yang basa, contohnya susu kambing. Susu ini mengandung asam amino L glutamin yang sifatnya basa (alkali) sehingga membantu menormalkan kembali pH tubuh dan meningkatkan sistem imun.

5. Membantu tidur lebih nyenyak

Asam amino triptofan yang terkandung pada susu kambing akan membantu tubuh memproduksi hormon serotonin. Hormon ini tidak hanya berfungsi untuk mengatur suasana hati, tapi juga merangsang bagian otak yang mengendalikan waktu bangun dan tidur.

Jika tubuh Anda tahu kapan waktu bangun dan tidur dengan baik, tentu siklus tidur Anda akan membaik. Anda bisa memulai tidur dengan mudah dan tidur sepanjang malam dengan nyenyak.

6. Rendah lemak

Kadar kolesterol tinggi berkaitan erat dengan penyakit jantung. Tingginya kadar kolesterol biasanya disebabkan oleh tingginya konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, contohnya goreng-gorengan atau lemak yang ada pada daging ayam atau sapi.

Susu kambing juga mengandung lemak, namun dalam jumlah yang lebih sedikit. Ini menunjukkan bahwa minum susu kambing dapat meminimalkan pengendapan kolesterol dalam tubuh.

Siapa saja yang boleh minum susu kambing?

manfaat beta glucan (beta glukan) untuk menurunkan kolesterol

Banyaknya manfaat susu kambing bagi kesehatan, tentu sangat sayang jika dilewatkan. Mulai dari anak usia di atas 2 tahun hingga orang dewasa bisa menikmati susu ini.

Pada orang yang memiliki masalah medis, seperti kanker, tekanan darah tinggi (hipertensi), atau kencing manis, susu ini aman dikonsumsi. Susu ini dapat dijadikan perawatan tambahan untuk mendukung penyembuhan sekaligus pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Bagi anak yang memiliki alergi susu sapi, susu kambing bisa menjadi pilihan. Pasalnya, kandungan kasein (protein yang menyebabkan alergi) pada susu kambing kadarnya lebih rendah dari susu sapi.

Sementara bagi orang dengan intoleransi laktosa, Anda perlu memahami seberapa sensitif tubuh Anda dengan laktosa (gula yang ada pada susu).

Jika sensitivitasnya tinggi, kemungkinan gejala akan timbul oleh sejumlah kecil laktosa. Untuk kondisi ini, sebaiknya hentikan rencana Anda untuk minum susu kambing. Sementara jika sensitivitasnya rendah dan gejala tidak muncul setelah minum sedikit susu kambing, tidak masalah untuk melanjutkan.

Namun, ada hal yang perlu untuk diperhatikan sebelum Anda minum susu kambing. Menurut penelitian, susu ini dapat mendetoksifikasi tubuh atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Setelah diminum, tubuh akan menimbulkan gejala yang mirip dengan intoleransi laktosa, seperti mual, diare, dan perut kembung.

Untungnya gejala ini akan membaik dengan cepat. Jika tidak, kemungkinan besar ini merupakan gejala intoleransi laktosa.

Meski manfaat susu kambing cukup banyak, supaya lebih aman konsultasikan pada dokter sebelum memasukkan susu tersebut dalam menu harian Anda. Apalagi, jika Anda memiliki masalah medis tertentu. Penting untuk mendapatkan lampu hijau dari dokter untuk minum susu ini sebagai bagian dari pengobatan.

Seberapa banyak boleh minum susu kambing per hari?

Meski manfaatnya melimpah, minum susu kambing tetap ada batasannya. Aturan banyaknya minum susu kambing, sama dengan susu sapi pada umumnya, yaitu dua gelas ukuran 250 ml per hari.

Susu ini dapat diminum di pagi hari untuk sumber energi untuk mengawali hari, sebelum atau sesudah olahraga, dan di malam hari untuk membantu tidur lebih nyenyak.

Baca Juga:

Sumber
dr. Chrisendy Hakim Dokter Umum
dr. Chrisendy Hakim adalah seorang Health Promotion Director yang berpraktik di Jakarta Pusat, DKI Jakarta. dr. Chris memiliki passion yang sangat besar dalam promosi kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan dr. Chris yang dikenal aktif bekerja sama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dengan menjadi pembicara, shooting sebagai Host, serta menjadi Event Organizer di berbagai event seminar kesehatan awam di kota-kota besar se-Indonesia. dr. Chris juga sering diundang sebagai moderator di symposium dan workshop untuk kalangan dokter, dan juga aktif berperan serta dalam beberapa organisasi dan komunitas kesehatan. Prinsip yang dipegang dr. Chris yaitu pengobatan dokter akan lebih optimal apabila diiringi dengan kesadaran masyarakat itu sendiri dalam upaya pencegahan terhadap penyakit. Selain itu dr. Chris juga memiliki ketertarikan di bidang kesehatan ibu dan anak karena setiap insan yang terlahir di dunia ini pasti dimulai dari sang ibu. Jadi alangkah baiknya kita memberikan pelayanan kesehatan maupun penyuluhan yang optimal  dan holistik untuk para wanita yang kelak juga akan menjadi ibu bagi sang anak supaya kualitas hidupnya dapat ditingkatkan sehingga dapat optimal dalam mengasuh sang anak. Kemudian, kesehatan sang anak juga penting kita perhatikan secara komprehensif karena seorang anak merupakan generasi penerus bangsa dan negara kita tercinta.
Selengkapnya
Artikel Terbaru