Apakah Makan Kulit Ayam Berbahaya Bagi Kesehatan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Siapa yang tidak suka dengan kulit ayam? Rasanya yang gurih dan lezat membuat banyak orang tidak bisa menolaknya. Di masak dengan cara direbus bersama daging ayam maupun digoreng sampai kering pun rasa kulit ayam pasti tetap enak. Tapi tunggu dulu, apakah baik jika kulit ayam dimakan berlebihan? Beberapa orang beranggapan makan kulit ayam bisa membahayakan kesehatan, apakah ini benar?

Fakta seputar kulit ayam

Beberapa orang mungkin secara khusus menyingkirkan kulit ayam saat makan ayam, mereka beranggapan bahwa kandungan lemak pada kulit ayam dapat membahayakan kesehatan. Tapi, ternyata kulit ayam tak seburuk yang Anda pikirkan. Anda harus tahu fakta tentang kulit ayam terlebih dahulu.

1. Kandungan lemak dalam kulit ayam

Ini mungkin menjadi alasan utama mengapa banyak orang tidak makan kulit ayam. Memang benar kulit ayam mengandung lemak, tapi lemak dalam kulit ayam lebih banyak terkandung dalam jenis lemak baik (lemak tak jenuh) dibandingkan lemak jahat (lemak jenuh), menurut Harvard School of Public Health. Departemen Pertanian Amerika Serikat bahkan melaporkan bahwa 1 ons kulit ayam mengandung sekitar 3 gram lemak jenuh dan mengandung 8 gram lemak tak jenuh.

Artinya, kulit ayam tidak akan membahayakan kesehatan jantung Anda (jika dimakan dalam jumlah yang tidak berlebihan). Hal ini karena kandungan lemak tak jenuh dalam kulit ayam yang lebih besar dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Selain itu, lemak tak jenuh juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

2. Kulit ayam bisa menjaga kelembaban dan meningkatkan aroma

Harvard School of Public Health juga menyebutkan bahwa memasak ayam dengan kulitnya dapat membantu menjaga kelembaban daging ayam dan membuat sajian ayam lebih beraroma. Kulit ayam bisa menjadi penghalang minyak agar tidak diserap berlebihan ke dalam dalam daging, sehingga kelembaban daging ayam terjaga.

Hal ini tentu dapat membuat masakan ayam Anda menjadi lebih lezat, sehingga menambah kepuasan Anda ketika memakannya. Kepuasan saat mengonsumsi makanan dapat membuat nafsu makan Anda lebih terkendali, sehingga mencegah Anda dari makan berlebihan dan dari konsumsi makanan yang tidak sehat.

ayam probiotik

3. Tidak perlu menambahkan banyak garam

Karena rasa kulit ayam sudah gurih, Anda mungkin tidak perlu menambahkan banyak garam lagi ke dalam masakan ayam Anda. Penambahan sedikit garam dalam masakan ayam sudah cukup membuat masakan tersebut lezat. Sehingga, asupan garam Anda pun lebih terkontrol. Ini baik untuk kesehatan jantung Anda.

Cara makan kulit ayam agar tidak membahayakan kesehatan

Anda mungkin tidak perlu menghindari memakan ayam dengan kulitnya lagi. Dari penjelasan di atas, kulit ayam ternyata bisa memberi manfaat pada kesehatan dan pada rasa masakan Anda. Namun begitu, mengonsumsi kulit ayam dalam jumlah banyak juga tidak baik bagi kesehatan Anda. Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa menjadi catatan Anda saat makan kulit ayam:

  • Jangan makan kulit ayam berlebihan. Walaupun kulit ayam lebih banyak mengandung lemak baik daripada lemak jahat, namun tetap saja kulit ayam mengandung lemak yang jika dimakan berlebihan dapat menambah kalori berlebih pada tubuh Anda.
  • Jangan masak kulit ayam sangat kering (seperti keripik kulit ayam). Hal ini tentu dapat menghilangkan nilai gizi yang terkandung dalam kulit ayam dan bisa membahayakan kesehatan Anda. Cara terbaik menikmati kulit ayam mungkin dengan menggorengnya agak renyah atau direbus bersama sop.
  • Jangan melapisi kulit ayam dengan tepung. Tepung hanya akan membuat lebih banyak minyak terserap dalam kulit ayam. Sehingga, hal ini bisa menambah kandungan lemak dan kalori pada kulit ayam.
  • Lakukan pengeringan di kertas penyerap minyak setelah selesai digoreng. Hal ini dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dalam kulit ayam. Sehingga, kandungan lemak dalam kulit ayam goreng bisa lebih rendah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Makan Ayam Setiap Hari Itu Sehat?

Ayam jadi menu favorit hampir setiap orang. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum makan ayam setiap hari.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Nutrisi, Hidup Sehat 07/07/2018 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Lemak Tak Jenuh, Lemak yang Baik untuk Tubuh

Ada satu jenis lemak yang baik buat kesehatan dan boleh Anda konsumsi sehari-hari, yaitu lemak tak jenuh. Kenali lebih dalam soal lemak sehat ini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 01/03/2018 . Waktu baca 5 menit

Potongan Daging Sapi Apa yang Paling Sehat dan Lemaknya Sedikit?

Dari semua potongan daging sapi yang ada, manakah yang paling sehat dan sedikit kandungan lemaknya? Simak penjelasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 20/01/2018 . Waktu baca 3 menit

Antara Ayam dan Ikan: Mana yang Lebih Sehat untuk Dijadikan Lauk Makan?

Daging ayam dan ikan adalah dua pilihan lauk yang jadi favorit banyak orang. Tapi kalau dipikir-pikir, sebenarnya lebih baik makan ayam atau ikan, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 20/01/2018 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat lemak jenuh

Sering Dianggap Jahat, Lemak Jenuh Ternyata Juga Baik Bagi Kesehatan Jantung

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 21/12/2019 . Waktu baca 4 menit
alergi telur ayam

Alergi Telur Ayam, Bolehkah Makan Telur Puyuh dan Telur Bebek?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 11/01/2019 . Waktu baca 4 menit
punggung sakit

Tak Hanya Gatal, Ini Berbagai Ciri Alergi Ayam yang Mesti Anda Waspadai

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 28/10/2018 . Waktu baca 4 menit
susu uht untuk anak

Di Usia Berapa Anak Boleh Diberikan Susu UHT?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 23/07/2018 . Waktu baca 4 menit