Awas, Bronkitis Akut Bisa Berawal dari Pilek Biasa. Apa Saja Tandanya?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Banyak orang, mungkin termasuk Anda, yang sering menyepelekan pilek. Meski penyakit ini mudah untuk disembuhkan, bahkan tanpa obat, tidak menutup kemungkinan jika pilek bisa bertambah parah dan menyebabkan komplikasi. Salah satu komplikasi pilek yang cukup berbahaya tapi jarang diketahui adalah bronkitis akut. Yuk, cari tahu tanda gejala penyakit bronkitis akut yang berawal dari pilek berikut ini.

Bagaimana pilek dapat menyebabkan bronkitis akut?

Pilek adalah infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan, paling umum rhinovirus. Virus ini sangat mudah masuk ke tubuh, melalui udara yang Anda hirup atau menyentuh benda-benda yang terkontaminasi dengan virus.

Saat virus menginfeksi tubuh, Anda akan merasakan gejala tenggorokan sakit, hidung gatal sehingga sering bersin, mata berair, serta terasa adanya lendir di belakang tenggorokan. Kondisi ini dapat disembuhkan dengan obat tanpa resep yang tersedia di apotek seperti dekongestan, paracetamol, atau ibuprofen.

Meski jarang, pilek juga dapat menyebabkan komplikasi, salah satunya bronkitis atau peradangan saluran bronkus. “Sebagian besar bronkitis akut pada anak-anak dan orang dewasa disebabkan oleh infeksi virus”, jelas dr. Fernando Holguin, dosen kedokteran dari University of Colorado di Amerika Serikat, seperti dilansir dari Everyday Health.

Kenapa pilek bisa berubah menjadi jadi bronkitis? Pilek menyebabkan produksi lendir meningkat sehingga mengalir ke tenggorokan dan paru. Banyaknya lendir yang terinfeksi tersebut dapat mengiritasi sel-sel di dalam bronkus dan menyebabkan peradangan.

Tanda dan gejala penyakit bronkitis yang berawal dari pilek

penyebab batuk berdahak dan batuk kering

Gejala penyakit bronkitis yang dapat Anda waspadai adalah batuk. Batuk yang muncul saat pilek adalah respons alami tubuh untuk mengeluarkan lendir yang berlebih. Jenis batuk yang terjadi saat pilek biasanya adalah batuk kering. Kondisi ini akan membaik paling tidak 2 minggu setelah Anda sembuh dari pilek.

Namun, bila batuk tidak kunjung sembuh setelah lebih dari 3 minggu, ada kemungkinan infeksi sudah menyebar ke area bronkus. Selain tidak kunjung sembuh, batuk yang menandakan gejala penyakit bronkitis biasanya disertai keluarnya dahak berwarna hijau atau kuning.

Selain batuk berdahak, penyakit bronkitis juga menimbulkan gejala lain. Mulai dari berkeringat di malam hari, mengi (napas berbunyi lirih), demam lebih dari 38 derajat Celcius, tubuh terasa lemas, hingga batuk darah.

Apakah bronkitis karena pilek bisa dicegah?

mitos pilek

Dr. Carlos Picone, MD, pakar pernapasan di Sibley Memorial Hospital, Washington menjelaskan bahwa pencegahan bronkitis yang berawal dari pilek cukup sulit. Pasalnya, hidung, tenggorokan, dan paru saling terhubung dan berdekatan satu sama lain.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Jika Anda bisa mencegah pilek, penyakit bronkitis juga bisa dihindari. Bagaimana caranya? Ikuti beberapa tips mencegah pilek sekaligus bronkitis, seperti:

  • Sering cuci tangan dengan sabun. Lakukan kebiasaan ini sebelum dan sesudah makan, atau ketika menyiapkan makanan. Hindari menyentuh hidung atau wajah jika tangan Anda tidak bersih sebab virus menempel dengan mudah di tangan Anda.
  • Pakai masker jika ada teman atau keluarga yang sakit. Menggunakan masker bisa mencegah paparan virus langsung saat orang yang sedang pilek bersin, batuk, atau berbicara.
  • Makan makanan yang bernutrisi. Makanan sehat bergizi dapat meningkatkan sistem imun. Artinya, tubuh akan lebih kuat melawan penyakit atau lebih cepat pulih jika Anda terserang pilek.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca