5 Obat Tradisional yang Bisa Atasi Gejala Bronkitis

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/07/2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Pasien bronkitis mungkin sering mengalami batuk berdahak hingga menyebabkan dada terasa nyeri saat batuk. Tentu saja hal ini mengganggu kegiatan sehari-hari. Selain pilihan pengobatan medis untuk bronkitis, obat tradisional atau bahan herbal juga bisa meredakan gejala bronkitis. Pengobatan tradisional yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah mungkin bisa menjadi pelengkap pengobatan yang dianjurkan dokter. Apa saja pilihan bahan alaminya?  

Obat tradisional untuk bronkitis

Beberapa obat herbal yang diolah secara tradisional dapat mengatasi rasa tidak nyaman yang Anda alami akibat bronkitis. Bahkan, pengobatan tradisional mungkin juga bisa membantu mengurangi kemungkinan komplikasi akibat bronkitis. Berikut adalah beberapa herbal yang bisa membantu Anda:

1. Nanas

Orang yang kena bronkitis mengalami peradangan pada bronkus atau saluran napasnya. Nah, buah nanas bisa menjadi salah satu alternatif obat tradisional untuk masalah bronkitis.

Buah nanas mengandung bromelain. Zat enzim bromelain ini telah terbukti efektif mengurangi peradangan dalam tubuh. Buah nanas juga didapuk bisa meredakan gejala batuk berdahak.

Bromelain mudah diserap oleh tubuh tanpa menghasilkan efek samping yang parah. Dikutip dari jurnal yang diterbitkan oleh Biotechnology Research International, bromelain menyumbang banyak manfaat untuk pengobatan bronkitis, sinusitis, hingga trauma bedah.  

 2. Jahe

Seperti yang banyak diketahui, jahe memiliki efek menenangkan di tubuh. Jahe juga banyak digunakan sebagai salah satu obat tradisional untuk meredakan batuk, yang merupakan gejala bronkitis.

Jahe baik untuk saluran pernapasan yang meradang dan bertindak sebagai ekspektoran (mengeluarkan zat asing dalam tubuh). Para ahli menyarankan untuk minum 2 cangkir gelas air rebusan jahe hangat setiap hari sebagai obat herbal bronkitis.

3. Campuran madu dan lemon

Lemon-dan-madu-untuk-obat-batuk-alami

Madu telah lama dijadikan bahan racikan obat sejak zaman dahulu. Salah satunya alasannya adalah berkat kandungan sifat antibakteri di dalamnya. Sementara itu, perasan lemon disebut mampu membasmi zat-zat asing dalam tubuh. Gabungan madu dan lemon inilah yang kemudian membuatnya menjadi salah satu obat tradisional bronkitis yang cukup diandalkan.

Namun, perlu Anda ingat, jangan memberikan madu pada anak usia 1-3 tahun, karena akan menimbulkan gejala botulisme (keracunan) yang bisa menyebabkan kelumpuhan otot.

4. Bawang putih

Bawang putih sebagai obat batuk alami untuk anak

Hasil studi yang dipublikasikan National Library of Medicine menunjukkan bahwa bawang putih mampu menghambat virus penyebab bronkitis secara efektif. Pernyataan itu menunjukkan bahwa bawang putih dapat dijadikan obat herbal bronkitis. 

5. Kunyit

Kunyit untuk obat batuk alami

Sebuah penelitian tahun 2011 yang dimuat dalam jurnal Inflammation menemukan bahwa kunyit juga mempunyai manfaat antiperadangan, bahkan lebih banyak daripada jahe. Kunyit juga dapat meningkatkan antioksidan yang dapat mengatasi iritasi dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda. 

Anda dapat mengolah kunyit sebagai obat tradisional bronkitis dengan berbagai cara, seperti ditumbuk, diseduh, hingga dibakar untuk dihirup asapnya. 

Apa saja pengobatan rumahan untuk atasi bronkitis?

Selain berbagai bahan obat tradisional, ada lagi berbagai cara yang bisa membantu Anda mengobati bronkitis secara alami, yaitu:

1. Istirahat yang cukup

Para ahli mengatakan, obat dari segala penyakit yang paling mendasar adalah tidur cukup. Penelitian pada 2015 yang diterbitkan oleh Sleep Journal Foundation menemukan bahwa orang yang kurang tidur akan rentan terkena virus flu, dibanding mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup.

Begitu pula ketika Anda ingin melawan infeksi penyebab bronkitis, tubuh Anda sangat butuh waktu untuk mengistirahatkan seluruh sistem. Pasalnya,virus flu akan mudah menyerang tubuh yang tidak fit (akibat kurang tidur). Kondisi ini sering kali bisa berkembang menjadi bronkitis. Oleh karena itu, menurut saran dari Amy Rothenberg, dokter di American Association of Naturopathic, tidur dan beristirahat adalah cara alami mengobati bronkitis yang paling mudah. 

2. Minum air putih yang banyak

gangguan keseimbangan cairan elektrolit

Minum air mineral yang banyak dapat menjadi salah satu cara mengobati bronkitis akut secara alami. Tubuh yang terhidrasi akan membantu menipiskan lendir pada saluran pernapasan.

Banyak minum juga berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Pasalnya, saat bronkitis, gejala demam juga turut Anda rasakan. Hindari minum minuman beralkohol dan mengandung kafein selama batuk dan demam berlangsung.

3. Uap hangat

Uap panas air untuk flu
Sumber: Smart Girls

Selain obat, menghirup uap hangat menjadi salah satu cara tradisional untuk bronkitis yang sangat direkomendasikan. Cara ini dapat mengurangi lendir dan mengi yang biasanya dialami oleh pasien bronkitis.

Menghirup uap hangat sangat mudah dilakukan, juga murah. Anda hanya perlu menyiapkan baskom, air panas, dan handuk yang lebar.

Tuang air panas ke dalam baskom. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial, seperti minyak eukaliptus atau kayu putih. Tutup kepala dan baskom Anda dengan handuk besar, sambil membungkuk untuk menghirup uap panas dari baskom. 

4. Berkumur air garam

air garam hangat untuk obat batuk berdahak

Sebetulnya kumur dengan air garam tidak menghilangkan virus atau bakteri yang menyebabkan bronkitis. Namun, cara ini meredakan gejala batuk yang biasanya dialami oleh pasien bronkitis.

Para peneliti di Jepang melakukan penelitian pada 400 relawan yang sukarela berkumur dengan air putih dan dilarutkan dengan antiseptik. Hasilnya, 36% orang yang berkumur 3 kali sehari lebih jarang menunjukkan gejala infeksi saluran pernapasan dibandingkan yang jarang berkumur. 

5.  Makan sup ayam hangat

Sup kaldu tulang untuk obat batuk alami

Para peneliti di University of Nebraska menerbitkan hasil percobaan sup ayam sebagai salah satu obat alami bronkitis pada jurnal Chest pada tahun 2000. Hasilnya menunjukkan bahwa sup ayam mendukung perlawanan infeksi pada saluran pernapasan akibat efek anti inflamasi di dalamnya. 

Obat herbal, tradisional, ataupun bahan alami memang dapat membantu Anda meredakan gejala bronkitis. Namun, yang perlu Anda ingat, segala tanaman dan herbal ini tidak dapat menggantikan pengobatan medis yang diberikan oleh dokter. Pastikan Anda tidak meninggalkan pengobatan medis sesuai anjuran dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Keluar Rumah di Masa New Normal

Ada beragam persiapan yang perlu dibawa saat beraktivitas di luar ruangan pada masa New Normal. Cari tahu daftar perlengkapan yang perlu disediakan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
persiapan saat new normal
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/07/2020 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Lindungi Diri Jalankan Hobi di Luar Ruang saat Adaptasi Kebiasaan Baru

PSBB memang mulai longgar, tetapi tetap ikuti tips lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru agar terhindar dari COVID-19, Sobat Sehat!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Pria kadang suka "keluar" duluan. Adakah cara agar seks menjadi lebih lama? Yuk simak berbagai cara tahan lama pria saat berhubungan seks di bawah ini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tidur Sebaiknya Pakai Bra atau Tidak?

Yang jelas, kabar bahwa tidur pakai bra bisa menyebabkan kanker payudara, itu sama sekali tidak benar. Tapi, apakah ini berarti kita boleh tidur pakai bra?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Fakta Unik 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
menghadapi kecemasan di new normal

Tips Menghadapi Kecemasan Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit
nutrisi untuk mencegah covid

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 9 menit
lemak paha sulit dihilangkan

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor

8 Tips Lari di Luar Ruangan saat Masa New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit