Dilansir dari WebMD, hampir 90% wanita mengalami nyeri haid cukup parah yang sampai mengganggu aktivitas hariannya. Minum obat pereda nyeri memang bisa membantu meredakan rasa sakitnya. Namun, masih sedikit orang yang tahu bahwa olahraga aerobik ringan bisa diandalkan sebagai cara mengatasi nyeri haid yang ampuh. Bagaimana bisa olahraga menghilangkan nyeri haid? Simak ulasan di bawah ini.

Olahraga adalah cara mengatasi nyeri haid yang ampuh

Dilansir dari Health, Stacy Sims, seorang fisiologis dari USA Cycling Women’s Track Endurance Program,  mengatakan bahwa olahraga teratur sebelum dan selama haid dapat mengendalikan perdarahan menstruasi yang berlebihan, mengurangi nyeri punggung, hingga meredakan kram perut akibat PMS.

Nyeri haid disebabkan oleh peningkatan hormon prostaglandin yang memicu pengetatan otot rahim dan usus yang membuat sakit. Nah selama berolahraga, tubuh Anda memproduksi endorfin lebih banyak untuk “mengalahkan” jumlah prostaglandin.

Endorfin adalah senyawa kimia yang dilepaskan otak untuk membantu menghilangkan nyeri haid. Efek  endorfin untuk meredakan nyeri bahkan dilaporkan hampir setara dengan efek morfin. Selain itu, endorfin yang dihasilkan akan membantu karena membuat Anda merasa lebih positif dan rileks, sehingga Anda merasa lebih baik dan tidak begitu stres. Kram saat menstruasi bisa diperburuk oleh stres. Selain itu, olahraga juga memperlancar aliran darah yang bisa meredakan nyeri kram otot.

Sebuah penelitian dalam jurnal Research in Health Science mengemukakan bahwa olahraga mempersingkat lama waktu nyeri serta mengurangi keparahan gejalanya sehingga mengurangi penggunaan obat pereda nyeri.

Hal serupa juga dilaporkan oleh sebuah studi dari Khorasgan Azad University asal Iran yang diterbitkan di Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research. Tim peneliti mengamati 40 responden mahasiswa perempuan yang mengalami PMS. Kelompok pertama diminta berolahraga aerobik selama 60 menit untuk 3 kali seminggu dalam 8 minggu, sementara sisanya tidak diminta untuk melakukan apapun untuk meredakan PMS-nya. Mereka yang rutin olahraga saat menstruasi melaporkan bahwa mereka tak lagi mengalami kram perut hebat selama haid.

Olahraga seperti apa yang bisa menghilangkan nyeri haid?

Pada dasarnya seluruh aktivitas fisik baik untuk Anda lakukan saat datang bulan. Namun berdasarkan studi di atas, peneliti sepakat bahwa olahraga jenis aerobik, seperti jogging, bersepeda, lari, berenang, dan jalan kaki adalah cara mengatasi nyeri haid yang terbaik. 

Kalau Anda sedang sangat kesakitan, pilihlah latihan aerobik yang ringan seperti jalan kaki lambat-lambat atau berenang santai. Kegiatan lain seperti yoga atau Tai-chi juga bisa membantu mengurangi nyeri selama datang bulan.

Yang paling penting, olahraga harus rutin dilakukan minimal 3 kali seminggu selama 30 menit menurut Paula Castani, MD seorong ahli kandungan di Columbia University College New York.

Tiga cara ini juga bisa bantu meredakan nyeri haid

Tempelkan kompres panas

Kompres hangat bisa membantu mengedurkan otot-otot yang menegang penyebab rasa sakit. Anda tinggal isi botol plastik dengan air panas, balut dengan kain tipis, dan tempelkan langsung pada perut.

Minum teh chamomile

Dilansir dalam laman Medical Daily, teh chamomile ini memiliki sifat antiradang dan penghilang rasa sakit alami. Komponen aktif dalam teh chamomile dapat membantu mengurangi produksi prostaglandin, yang meredakan nyeri menstruasi.

Cukupi asupan vitamin D

Untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi, pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan cukup vitamin D. Sebuah penelitian menemukan bahwa vitamin D3 dosis tinggi dapat meredakan nyeri menstruasi. Vitamin D bisa diperoleh dari makanan seperti salmon, sarden, minyak ikan cod, udang, kuning telur, jamur, susu.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca