Banyak yang tidak tahu jika bahwa bawang putih ternyata lebih dulu dikenal sebagai obat-obatan tradisional daripada bumbu dapur. Sejarah kuno mencatat bahwa Mesir, Yunani, dan Cina menggunakan bawang putih sebagai obat, salah satunya untuk menyembuhkan flu atau pilek. Namun, benarkah ampuh? Yuk, cari tahu kebenarannya pada ulasan berikut ini.

Khasiat bawang putih untuk mengobati flu atau pilek

Pilek dan flu adalah penyakit yang sangat mudah menular. Pasalnya, virus akan menyebar di udara dan menempel pada benda-benda tertentu melalui tetesan air liur dari orang yang terinfeksi. Ketika virus masuk ke tubuh dan menyebabkan infeksi, tubuh akan menimbulkan berbagai gejala.

Gejala pilek dan flu sebenarnya hampir sama, yaitu bersin-bersin, hidung meler, dan sakit tenggorokan. Hanya saja gejala flu biasanya jauh lebih parah, seperti menyebabkan demam disertai menggigil. Nah, salah satu obat alami untuk mengobati flu dan pilek yang sering digunakan adalah bawang putih.

Studi melaporkan bahwa bawang putih mengandung senyawa allicin. Senyawa ini diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kuman. Caranya, dengan merangsang beberapa jenis sel darah putih untuk menemukan virus flu dan pilek lebih cepat.

Selain allicin, bawang putih juga mengandung vitamin C. Vitamin ini memang tidak dibutuhkan dalam jumlah banyak, tapi perannya sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh untuk membunuh patogen (virus, kuman, jamur yang menyebabkan penyakit).

Saat sakit, sistem kekebalan tubuh melemah. Ketika senyawa dan vitamin tertentu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tubuh Anda akan semakin kuat untuk melawan infeksi. Itu artinya, gejala dari suatu penyakit akan lebih ringan dan proses penyembuhannya jadi lebih cepat. Seperti itulah khasiat bawang putih untuk flu atau pilek.

Menggunakan bawang putih untuk flu atau pilek

makan bawang putih

Bawang putih dapat dimakan dengan berbagai cara, dikunyah mentah, dimasak, dibakar, atau dicampurkan pada makanan tertentu. Untuk mendapatkan khasiat bawang putih untuk mengobati flu atau pilek, Anda harus tahu lebih dulu cara menggunakannya. Bagaimana caranya?

Senyawa allicin —senyawa penting untuk menyembuhkan flu atau pilek— awalnya tidak terkandung pada bawang putih. Jadi, bawang putih mengandung senyawa yang awalnya alliin bukan allicin. Senyawa allicin akan aktif hanya pada kondisi tertentu, yaitu ketika terkena panas. Selain dipanaskan, khasiatnya akan lebih efektif jika bawang putih dihancurkan atau potong sebelum dimakan.

Supaya tidak bingung, ikuti langkah-langkah berikut untuk memaksimalkan kandungan bawang putih sebagai obat flu dan pilek, seperti:

  • Hancurkan bawang dengan menekan bagian atas permukaannya
  • Bisa juga mengiriskan bawang menjadi beberapa bagian kecil
  • Kemudian, panaskan bawang putih selama 10 menit dengan api kecil
  • Meski panas akan mengaktifkan allicin, nutrisi lainnya akan berkurang jika dipanaskan. Jadi, pastikan Anda menggunakan lebih dari satu siung

Namun, jangan biarkan bawang putih yang sudah dihancurkan dibiarkan dalam udara terbuka lebih dari 10 menit. Ini bisa menghilangkan nutrisi tertentu dari bawang putih.

Cara ini efektif, kalau …

pembuluh darah pecah

Bawang putih memang memiliki potensi untuk meringankan gejala dan mempercepat proses pemulihan tubuh dari flu atau pilek. Namun, ini tidak bisa Anda andalkan sebagai satu-satunya cara mengobati pilek dan batuk. Anda mungkin perlu melakukan perawatan lainnya, seperti:

  • Perbanyak minum, supaya membantu mengencerkan lendir
  • Minum obat flu atau pilek tanpa resep yang dijual di apotek atau toko obat
  • Mencoba terapi uap untuk melegakan pernapasan, seperti minum air hangat, mandi, atau berendam air hangat sebentar
  • Penuhi kebutuhan nutrisi lainnya, terutama vitamin C supaya tubuh jadi lebih kuat
  • Istirahat yang cukup supaya tubuh tidak kelelahan

Konsultasikan pada dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau gejalanya membuat Anda merasa tidak nyaman.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca