Tinggalkan Kebiasaan Menggigiti Kuku, Jika Tak Mau Alami 7 Bahaya Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 19/05/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tak sedikit orang yang punya kebiasaan menggigiti kukunya sendiri. Entah itu anak-anak sampai dewasa, kebiasaan ini kadang sulit untuk dihentikan. Akan tetapi, ternyata terdapat bahaya yang tersembunyi akibat sering menggigit kuku.

Bahaya dari kebiasaan menggigit kuku

Kebiasaan ini dalam istilah medis sering disebut onychophagia. Seperti yang dilansir oleh Mayo Clinic, menggigit kuku sebenarnya bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan Anda. 

1. Infeksi

Infeksi pada kuku jari dapat terjadi apabila Anda sering menggigiti kuku, terutama dalam ukuran yang cukup besar. Pada saat kuku Anda tercabut, maka kulit halus di bawah kuku akan terlihat. Nah, bagian tersebut sangat rentan terkena bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. 

Infeksi yang paling sering terjadi pada daerah tersebut adalah paronikia. Paronikia adalah infeksi kulit yang muncul di sekitar kuku jari tangan dan kaki. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur.

Gangguan pada kulit ini tentu saja bisa disembuhkan dengan menghentikan kebiasaan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa merendam tangan di dalam air hangat untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan.

2. Kutil periungual

bahan alami untuk mengobati kutil kelamin

Kutil jenis ini biasanya sering terjadi pada orang yang suka menggigit kuku. Pada umumnya, ukuran kutil yang kecil tidak akan menimbulkan rasa sakit sedikitpun. Namun seiring dengan pertumbuhan kutil yang semakin membesar dan menyebar, rasa sakit pun bertambah. Selain sakit, penampilan di sekitar kuku akan terlihat buruk.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh HPV (human papillomavirus) yang bisa masuk melalui goresan atau luka. Maka dari itu kutil periungual dapat terjadi pada Anda yang sering menggigiti kuku.

Nah, karena menggigit kuku ternyata dapat berakibat yang cukup serius, seperti kutil, tentu ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini, seperti menggunakan asam salisil atau injeksi antigen.

3. Herpetic whitlow

Sources: Science Photo Library

Bahaya dari sering menggigit kuku lainnya adalah terkena herpes tangan atau herpetic whitlow. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex jenis 1 dan jenis 2. Nah, virus ini kemudian masuk melalui kulit jari yang terbuka yang terkena cairan HSV. Biasanya terjadi jika Anda sedang menderita penyakit herpes oral. 

Gejala yang paling sering muncul dari penyakit ini adalah demam dan rasa kebas pada jari yang terkena infeksi. Jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut karena sering menggigiti kuku, segera periksakan ke dokter Anda untuk perawatan lebih lanjut.

4. Masalah pada gigi

gusi-berdarah

Selain merusak kuku tangan Anda, kebiasaan ini juga membahayakan kesehatan gigi dan mulut Anda. Ternyata, posisi gigi Anda bisa bergeser dari tempatnya dan juga menyebabkan gigi atau email gigi pecah. Tidak hanya itu, gusi Anda juga beresiko tinggi terkena infeksi dan mengalami pembengkakan.

5. Peradangan pada kuku

Bahaya menggigit kuku paling umum adalah terjadinya peradangan dan pembengkakan pada jari kuku Anda. Hal tersebut disebabkan oleh air liur Anda yang mengandung komposisi kimia untuk memecah lemak dan molekul makanan. Nah, karena tujuannya untuk memperlancar pencernaan, air liur yang keluar saat menggigiti kuku membahayakan kulit jari Anda. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan, bibir pecah-pecah, dan merusak kulit di sekitar kuku Anda.

6. Pertumbuhan kuku tidak normal

kuku lepas

Selain berefek buruk pada kesehatan Anda, kebiasaan menggigit kuku juga membuat kuku Anda tumbuh ke dalam. Lapisan generatif pada kuku Anda yang disebut dengan ‘matriks’ adalah sebuah tempat yang menjadi fondasi ketika kuku Anda tumbuh. Jika kebiasaan ini dilanjutkan, lapisan tersebut dapat rusak dan menyebabkan pertumbuhan ke dalam atau kelainan pada kuku.

7. Sakit perut

penyebab sakit perut

Kebiasaan menggigiti kuku ini juga dapat membahayakan perut Anda, lho. Hal tersebut disebabkan oleh bakteri yang ada di tangan Anda biasanya senang bersembunyi di balik kuku.

Oleh karena itu, ketika Anda menggigit kuku, bukanlah hal yang tidak mungkin jika bakteri tersebut masuk ke dalam saluran pencernaan Anda. Mulai dari flu hingga virus perut yang cukup serius dapat Anda alami apabila tidak menghentikan kebiasaan ini.

Nah, setelah mengetahui bahaya dari menggigit kuku sendiri dan dampaknya bagi kesehatan Anda, apakah Anda masih mau melanjutkan kebiasaan tersebut?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Kiat Mudah Memanjangkan Kuku di Rumah

Tidak perlu sampai merogoh kocek dalam-dalam untuk merawat kuku. Memanjangkan kuku yang sehat dan kuat bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Intip, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 14/12/2017 . Waktu baca 4 menit

Herpetic Whitlow

DefinisiApa itu herpetic whitlow? Herpetic whitlow adalah kondisi kulit yang terasa sakit dan sangat menular, biasanya muncul pada jari-jari tangan. Kondisi ini juga dikenal dengan abses herpetik atau herpes tangan ...

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 12/03/2016 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

paronikia adalah

3 Kiat Ampuh Mengatasi Jari Bengkak Akibat Infeksi Kulit di Sekitar Kuku (Paronikia)

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 15/03/2019 . Waktu baca 4 menit
memotong kutikula kuku

Bolehkah Kita Memotong Kutikula Kuku? (Plus Tips Perawatannya yang Tepat)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fitriana Deswika
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2018 . Waktu baca 4 menit
menggigit kuku

Hobi Gigit-gigit Kuku? Ini 9 Siasat untuk Menghentikannya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 06/04/2018 . Waktu baca 5 menit
diabetes penyebab kuku kuning

Waspada, Kuku Kuning Bisa Jadi Tanda Awal Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 18/12/2017 . Waktu baca 3 menit