5 Manfaat Rajin Minum Air Putih

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Tahukah Anda bahwa 50% lebih tubuh kita ini terdiri dari air? Tanpa adanya air, kita tidak bisa menjaga suhu tubuh normal, melumasi sendi, atau membuang zat yang tidak terpakai dalam tubuh melalui keringat, urin, dan air besar.

Faktanya secara medis, tubuh kita memerlukan air atau cairan yang berguna untuk memproses pencernaan, penyerapan zat atau kandungan makanan untuk energi, sirkulasi darah atau pencernaan dan lainnya, transportasi nutrisi, memproduksi cairan atau air ludah, serta mempertahankan suhu tubuh.

Kita perlu banyak mengonsumsi air agar tubuh tidak dehidrasi atau kekurangan air, yang bisa menyebabkan tubuh lemas, otot lemah dan kram, tidak fokus, meningkatkan risiko kelelahan karena panas, dan bahkan stroke!

Berapa banyak harusnya kita minum air putih? Bukan 8 gelas per hari

Seperti dijelaskan dalam WebMD, umumnya kita sering mendengarkan nasihat atau artikel bahwa kita perlu minum air putih sebanyak 8 gelas air setiap hari, yang setara dengan 1,5 liter. Namun, Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board merekomendasikan bahwa wanita sebenarnya memerlukan 2,6 liter air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter setiap hari.

Anda bisa mendapatkan cakupan air yang cukup setiap hari dengan meminum air putih dan mengonsumsi cairan seperti sup dan minuman ringan, bersama dengan buah dan sayuran yang mengandung air. Jangan lupa juga, bila Anda berolahraga atau berlari, Anda akan memerlukan air yang lebih banyak, sebelum, saat, dan setelah melakukannya.

Di samping setiap harinya kita memerlukan asupan air putih sesuai yang telah direkomendasikan Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board, ada beberapa fakta lain yang perlu Anda ketahui mengapa kita perlu minum banyak air putih, seperti dilansir Kompas.com di bawah ini:

Membangkitkan otot

Sel-sel otot yang tidak memiliki cairan yang cukup tidak akan mampu mempertahankan cairan dan elektrolit, sehingga otot akan kelelahan. Otot tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya akan berkurang. Kita juga memerlukan air yang banyak saat berolahraga, menurut American College of Sports Medicine. Beberapa ahli dari kampus tersebut merekomendasikan bahwa kita harus meminum 0,5 liter air, 2 jam sebelum mulai berolahraga.

Menjaga kulit tetap bercahaya

Kulit kita sebenarnya mengandung banyak sekali air, yang berfungsi sebagai benteng untuk mencegah hilangnya cairan tubuh berlebihan. Akan tetapi, jangan harap kalau kelebihan cairan tubuh bisa jadi cara ampuh menghilangkan kerutan dari garis pada kulit.

Mengendalikan kalori

Minum banyak air putih biasanya dilakukan orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Meski efeknya tidak langsung, menggunakan air putih sebagai pengganti minuman berkalori tinggi tentu saja akan sangat membantu.

“Program diet akan berhasil jika Anda memilih air atau minuman non-kalori sebagai pengganti minuman berkalori. Lalu, diet dengan makanan kaya cairan yang lebih sehat pun akan membantu Anda memangkas kalori,” tutur peneliti dari University State of Pennsylvania dan juga penulis buku The Volumetrics Weight Control Plan, Barbara Rolls PhD.

Memelihara fungsi ginjal

Cairan tubuh adalah “alat” transportasi sisa atau limbah yang keluar masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang bisa melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dikeluarkan dalam bentuk urin. Saat cairan tubuh mencukupi, urin akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Ketika cairan tubuh tidak cukup, konsentrasi urine, warna, dan baunya akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Inilah kenapa kalau kita kurang minum air putih, risiko Anda terkena batu ginjal akan meningkat, apalagi pada iklim panas atau hangat.

Mempertahankan fungsi usus yang normal

Bila kita minum air putih yang cukup, makanan yang kita konsumsi bisa dengan lancar melewati saluran pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Namun, bila konsumsi air kita tidak cukup, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga kita akan sulit untuk buang air besar.

Nah, kebayang kan kalau kita jarang minum air putih masalah kesehatan apa saja yang bisa menghampiri kita? Jangan lupa untuk terus minum air putih setiap hari, ya.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Menelan Ludah Tidak Menghilangkan Haus?

Saat tidak ada air minum, menelan ludah adalah solusi darurat yang mau tak mau dicoba. Namun kenapa ya, menelan ludah sendiri malah bikin makin haus?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 14 Juni 2019 . Waktu baca 4 menit

5 Minuman yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya makanan, apa yang Anda minum juga sama pentingnya untuk menurunkan berat badan. Inilah 5 minuman penurun berat badan yang dapat Anda coba.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 2 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit

7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Agar Panjang Umur

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk hidup lebih bahagia dan panjang umur adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Yuk, cari tahu caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 31 Januari 2019 . Waktu baca 6 menit

Selain Mineral, Apakah Air Putih Juga Mengandung Vitamin? Ini Faktanya!

Selain dari makanan, asupan vitamin juga bisa Anda dapatkan dengan minum suplemen. Lantas, apakah vitamin juga ada di dalam kandungan air putih?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Fakta Unik 15 Januari 2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
Minum air mineral selama puasa dapat membantu kebutuhan cairan tubuh

Meski di Rumah Saja, Ini Pentingnya Minum yang Cukup Selama Puasa

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 21 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
infused water saat puasa

Minum Air Putih vs Infused Water Saat Puasa, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 5 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
minum saat sahur

Aturan Minum yang Benar Saat Sahur dan Buka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 1 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
cara mengatasi perut bunyi

Perut Berbunyi Bikin Malu? Ini 5 Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 22 Agustus 2019 . Waktu baca 5 menit