Nama Generik: Blessed Thistle

Manfaat

Blessed thistle untuk apa?

Blessed thistle adalah tanaman berbunga yang sering diolah menjadi obat herbal. Orang-orang biasanya mengolah pucuk bunga, daun, dan bagian atas batangnya untuk dijadikan obat. Kegunaan utama dari blessed thistle adalah untuk merangsang produksi asam lambung dan air liur, serta meningkatkan produksi ASI.

Bunga yang berwarna kuning pucat berduri ini sering diseduh untuk diminum sebagai teh herbal, guna mengobati masalah pencernaan dan nafsu makan menurun. Teh herbal blessed thistle juga umum digunakan untuk mengobati pilek, batuk, demam, infeksi bakteri, dan diare.

Air rebusan blessed thistle bisa Anda gunakan untuk mengobati luka, dan bisul. Caranya cukup dengan merendam kain kassa bersih dalam air tersebut, peras sedikit, dan kemudian tempelkan pada kulit yang bermasalah.

Blessed thistle tumbuh alami di wilayah Afrika Utara, Eropa Selatan, dan Asia Barat. Tanaman ini paling sering tumbuh di tempat yang berbatu, ia bisa tumbuh sekitar 0,7  meter dari permukaan.

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja suplemen herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kemampuan blessed thistle adalah untuk merangsang nafsu makan dan meningkatkan sekresi lambung. Beberapa laporan menunjukkan bahwa ramuan ini dapat memiliki sifat anti-infeksi pada tubuh.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk blessed thistle untuk orang dewasa?

Belum ada studi penelitian yang bisa menganjurkan seberpa banyak dosis dari blessed thistle. Namun, 4-6 gram ekstrak blessed thistle kering sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Dosis tinggi blessed thistle, sekitar 5-6 gram atau lebih, dapat menyebabkan muntah-muntah.

Dosis dari suplemen herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja blessed thistle tersedia?

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk dan dosis sebagai berikut: kapsul, ramuan kering, teh, tingtur (cairan).

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh blessed thistle?

Blessed thistle dapat menimbulkan beberapa efek samping:

  • Mual, muntah, anoreksia
  • Dermatitis kontak
  • Hipersensitivitas

Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi blessed thistle?

Simpan produk herbal blessed thistle di tempat yang sejuk dan kering, jauhkan dari panas dan kelembapan. Anda harus memantau reaksi alergi dan dermatitis kontak; jika kondisi ini muncul, hentikan penggunaan ramuan ini.

Distribusi dan penggunaan suplemen herbal tidak diatur ketat oleh BPOM layaknya obat medis. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanannya. Sebelum menggunakan, konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut untuk memastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya.

Seberapa amankah blessed thistle?

Karena efek iritasi yang muncul, blessed thistle dapat menyebabkan efek samping pada tukak lambung atau dalam kondisi radang usus seperti penyakit Crohn.

Blessed thistle sebaiknya tidak digunakan pada masa kehamilan. Tidak ada bukti yang mendukung keampuhannya saat digunakan untuk membantu ibu yang menyusui.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi blessed thistle?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.

Antasida (H2-blocker) digunakan untuk mengurangi asam lambung. Blessed thistle  dapat meningkatkan asam lambung. Dengan meningkatkan asam lambung, blessed thistle dapat menurunkan efektivitas antasida.

Blessed thistle adalah tanaman yang juga dapat meningkatkan hasil tes AST dan ALT (tes fungsi hati) dan alkali fosfatase.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 7, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 7, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan