5 Tips Aman Tetap Jogging Saat Puasa

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Jogging merupakan olahraga paling sederhana yang disukai banyak orang. Untuk melakukannya Anda tidak membutuhkan banyak peralatan dan biaya. Hanya dengan sepatu dan baju yang nyaman, Anda sudah bisa berjogging. Meskipun kelihatannya cukup mudah dilakukan, jika tidak dilakukan dengan benar, jogging bisa menimbulkan risiko cedera. Apalagi jika Anda melakukannya saat berpuasa. Tips dan trik berikut bisa membuat rutinitas jogging saat puasa Anda bebas dari masalah.

Bagaimana cara melakukan jogging saat puasa yang aman bagi tubuh?

1. Pastikan Anda terhidrasi dengan baik

Jika di hari biasa Anda bisa membawa sebotol minuman saat jogging, beda ketika Anda jogging saat puasa. Jika Anda dehidrasi saat jogging karena kurangnya asupan cairan ke tubuh, kegiatan jogging yang seharusnya membantu Anda supaya tetap sehat justru bisa membahayakan.

Bagaimana agar hal ini tidak terjadi? Jika Anda berencana untuk tetap berolahraga meski sedang berpuasa. Pastikan Anda terhidrasi dengan baik dari waktu berbuka puasa hingga imsyak. Selain minum air putih, asupan cairan juga bisa Anda dapatkan dari buah-buahan atau yogurt. Untuk menghindari dehidrasi, Anda bisa memilih waktu sore hari sebelum menjelang berbuka puasa yaitu jam 16.30-18.00.

2. Gunakan sepatu yang tepat

Gunakanlah sepatu lari yang nyaman dan pas di kaki Anda, jangan kebesaran ataupun kekecilan. Disarankan untuk mengganti sepatu jogging setiap enam bulan. Hal itu untuk mengurangi risiko cedera akibat penurunan kualitas sepatu.

3. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Jangan pernah langsung melakukan jogging sebelum Anda melakukan pemanasan. Pemanasan sangat penting, terutama jika Anda sedang berpuasa, mengapa? Karena pemanasan bisa memberikan ‘sinyal’ ke tubuh bahwa Anda siap secara fisik dan mental untuk melakukan aktivitas fisik yang satu ini.

Pemanasan secara perlahan bisa meningkatkan detak jantung Anda dan meminimalkan stres pada jantung saat Anda mulai berlari. Sebelum jogging saat puasa, Anda bisa melakukan pemanasan dengan berjalan cepat dan diikuti lari-lari kecil. Ketika melakukan pemanasan, Anda akan tahu apakah Anda bisa melakukan jogging saat puasa atau tidak.

Tidak kalah pentingnya dengan pemanasan, pendinginan juga penting Anda lakukan untuk menurunkan tingkat detak jantung dan tekanan darah secara bertahap. Ketika Anda sudah selesai melakukan jogging, akhiri dengan berjalan kaki selama lima menit.

4. Jangan berlebihan

Jangan terlalu antusias untuk meningkatkan jarak tempuh Anda hanya karena berhasil melakukan jogging jarak jauh saat puasa kemarin. Hal ini justru meningkatkan risiko cederaan. Jangan meningkatkan jarak tempuh mingguan Anda lebih dari 10 persen setiap minggunya.  Tetap mulai secara erplahan ketika Anda jogging saat puasa agar Anda bisa mengambil manfaat jogging untuk tetap bugar meski Anda sedang berpuasa.

5. Biasakan bernapas dari hidung dan mulut

Beberapa dari Anda mungkin menganggap bahwa Anda harus bernapas hanya melalui hidung. Ketika Anda jogging saat puasa, usahakan Anda bernapas melalui hidung dan mulut untuk memastikan Anda mendapatkan cukup oksigen ke otot Anda saat berlari. Mengambil napas dalam perut dapat membantu mencegah side stiches atau sakit menusuk di perut bagian bawah tulang rusuk pada saat olahraga yang merupakan masalah umum bagi pelari.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sering Merasa Kebelet Pipis Saat Berhubungan Seks, Normalkah?

Mengompol bukan cuma dialami oleh bayi dan balita. Tak jarang ada orang dewasa yang tak sengaja ngompol, terutama saat seks. Apa penyebab ngompol saat seks?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Seks & Asmara 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

10 Khasiat Mengejutkan Buah Mengkudu yang Wajib Anda Tahu

Meski berbau busuk tajam dan rasanya kurang menggugah selera, ada banyak manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. Tertarik untuk mencobanya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Fakta Unik 7 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Ciri Kulit Sensitif dan 8 Cara Jitu Mengatasinya

Ciri kulit sensitif termasuk ruam kemerahan dan gatal-gatal setelah memakai produk perawatan kulit atau produk wewangian. Bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Kecantikan 7 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Perut Panas dan Ulu Hati Sakit Setelah Makan? Begini Mengatasinya

Apa yang biasanya Anda lakukan segera setelah makan? Rebahan karena ngantuk kekenyangan? Kebiasaan buruk ini bisa bikin perut panas dan perih, lho

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Hidup Sehat, Tips Sehat 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat herbal dan alami untuk kanker prostat

Pedoman Memilih Suplemen dan Obat Herbal yang Aman Dikonsumsi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
tips menjaga kesehatan gigi dan mulut

11 Prinsip Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sehari-hari

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
cara masturbasi wanita

Panduan Masturbasi Aman untuk Perempuan, Bagaimana Caranya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
persiapan naik gunung

7 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Naik Gunung

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit