home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Anjuran dan Pantangan Makanan Saat Memakai Behel

Anjuran dan Pantangan Makanan Saat Memakai Behel

Begitu memutuskan untuk memakai behel, maka Anda juga harus mulai mencermati jenis makanan yang Anda konsumsi. Pasalnya, beberapa jenis makanan dapat tersangkut pada celah behel, terlalu keras hingga memengaruhi posisi behel, atau bahkan menyebabkan kerusakan pada behel dan area gigi di sekitarnya.

Apa saja yang boleh dimakan saat memakai behel?

Jenis makanan yang boleh dikonsumsi saat memakai behel adalah makanan yang bertekstur normal hingga lunak seperti di bawah ini.

1. Sayuran yang telah dimasak

Bagi pengguna behel, kebanyakan sayuran mentah biasanya terlalu keras untuk dimakan langsung. Tapi, jangan khawatir. Anda tetap bisa menyiasatinya dengan merebus, mengukus, atau memasak sayur-sayuran tersebut hingga teksturnya lunak. Cara ini cukup efektif saat Anda ingin mengonsumsi sayuran keras seperti wortel, brokoli, dan mentimun.

2. Telur

Telur memiliki tekstur yang cukup lembut untuk pengguna behel sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Anda pun tidak perlu cemas akan kehabisan ide saat memasak telur, sebab bahan makanan kaya nutrisi ini dapat diolah menjadi berbagai hidangan sedap yang menyehatkan. Misalnya telur orak-arik, telur mata sapi, hingga omelet isi keju dan paprika.

3. Kentang tumbuk

Kentang tumbuk dapat menjadi alternatif karbohidrat pengganti nasi, terutama selama beberapa hari pertama memakai behel. Makanan ini sangat mudah dibuat dan dapat dikreasikan menjadi berbagai hidangan yang menarik sehingga Anda tidak akan cepat bosan. Barulah setelah behel cukup kuat dan nyeri pada gigi berangsur hilang, Anda dapat mencoba mengonsumsi kentang rebus yang bertekstur lebih padat.

Makanan yang sebaiknya dihindari saat memakai behel

Makanan berikut sebaiknya dihindari karena dapat memengaruhi posisi dan fungsi behel.

1. Buah-buahan keras

Buah-buahan merupakan unsur yang penting dalam pola makan bergizi seimbang, tapi Anda harus menyesuaikan jenis buah yang dikonsumsi selama menggunakan behel. Behel yang menempel di gigi akan memengaruhi kemampuan mengunyah. Sementara, hindari jenis buah-buahan yang keras seperti apel, pir, persik, serta buah yang belum matang.

2. Kacang dan biji-bijian

Sebagian besar kacang dan biji-bijian sebenarnya dapat dikonsumsi oleh pengguna behel. Namun, ada pula jenis kacang dan biji-bijian yang sebaiknya dihindari, contohnya jagung kering, gandum, kacang tanah, kacang almond, dan biji rami (flaxseed). Tidak hanya keras, bahan makanan ini juga dapat terselip di antara celah behel dan sulit dikeluarkan.

3. Daging merah

Mengonsumsi daging merah bisa menjadi tantangan tersendiri saat memakai behel karena daging merah terdiri dari serat-serat yang alot. Anda perlu berusaha lebih keras untuk mengunyahnya sehingga kawat di area gigi geraham menjadi longgar. Selain itu, serat daging juga dapat tersangkut di dalam celah behel atau di antara gigi.

4. Makanan lainnya

Makanan lain yang sebaiknya Anda hindari saat memakai behel adalah sebagai berikut:

  • makanan garing seperti popcorn dan keripik kentang
  • permen manis, kenyal, atau lengket
  • makanan yang kenyal atau alot seperti pinggiran piza atau roti Prancis
  • makanan yang harus digigit sampai ke dalam seperti jagung bakar dan iga sapi

Anjuran makan tersebut tidak serta-merta menjadi batasan bagi Anda yang ingin menjalani pola makan bergizi seimbang. Bila makanan tertentu tidak dapat dikonsumsi karena teksturnya keras, Anda bisa mencari alternatif lain yang tidak kalah sehat. Dengan begitu, memakai behel tidak akan menjadi halangan untuk menjalani gaya hidup yang baik.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What You Can and Can’t Eat with Braces. https://www.verywellhealth.com/what-you-can-and-cant-eat-with-braces-1059351 Diakses pada 5 Maret 2019.

Hard and Soft Grains. https://grainmaker.com/hard-and-soft-grains/ Diakses pada 5 Maret 2019.

The 10 Best Foods for New Braces. https://www.orthodonticslimited.com/teeth/the-10-best-foods-for-new-braces/ Diakses pada 5 Maret 2019.

Life with Braces and Caring for Your Braces. https://www.parksorthodontics.com/life-with-braces/ Diakses pada 5 Maret 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 04/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x