Infeksi jamur di mulut, juga disebut kandidiasis oral (oral thrush), merupakan sebuah penyakit yang muncul karena penumpukan jamur Candida albicans di rongga mulut. Sebenarnya, jamur Candida albicans memang hidup secara alami di dalam mulut, tetapi jumlahnya sedikit sehingga tidak menimbulkan gangguan apa pun. Akan tetapi, ketika jamur sudah mulai tumbuh tanpa terkendali, infeksi akan terjadi di dalam mulut. Kondisi ini paling sering menyerang bayi dan balita, tetapi tak menutup kemungkinan juga terjadi pada orang dewasa.


Kandidiasis oral dapat menimbulkan bercak putih pada mulut. Biasanya, bercak putih ini muncul pada area lidah atau pipi bagian dalam. Terkadang, infeksi oral thrush bisa menyebar ke bagian langit-langit mulut, gusi, amandel, atau bagian belakang tenggorokan. Kandidiasis oral jarang menyebabkan masalah serius. Kendati demikian, penyakitnya tetap membutuhkan penanganan segera.


Kandidiasis oral bisa saja menimbulkan komplikasi pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Berikut merupakan hal-hal yang dapat membantu untuk mengatasi kandidiasis oral.


- Jaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik.

- Jangan gunakan obat kumur atau spray secara berlebihan.

- Kunjungi dokter gigi secara rutin.

- Batasi asupan gula dan makanan yang mengandung ragi.


Apakah Sobat Sehat pernah terkena infeksi jamur di mulut? Yuk berbagi cerita di kolom komentar!