Menurunkan tekanan darah adalah hal yang susah-susah gampang. Tekanan darah tinggi, atau juga disebut hipertensi, adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Hipertensi dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup, factor keturunan (genetik), ataupun keduanya. Meskipun terlihat sepele, namun, hipertensi bisa berbahaya jika tidak ditangani karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Untuk mengetahui tekanan darah Anda, satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah mengukur tekanan darah.

BACA JUGA: Waspada Jika Tekanan Darah Tangan Kanan dan Kiri Berbeda

Jika hipertensi disebabkan oleh faktor keturunan (genetik), Anda harus mengonsumsi obat tertentu untuk menurunkan tekanan darah tersebut. Namun, jika hipertensi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, Anda harus mengubah gaya hidup Anda menjadi gaya hidup yang lebih sehat.

Bagaimana cara menurunkan tekanan darah?

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah Anda:

1. Jaga berat badan

Menjaga berat badan yang sehat untuk tipe tubuh Anda dapat membantu menjaga tekanan darah Anda. Oleh karena itu, jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, membuang berat badan berlebih sangat penting untuk menurunkan tekanan darah.

2. Berolahraga

Berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit per hari dalam seminggu, dapat menurunkan tekanan darah Anda secara signifikan. Mengapa harus teratur dilakukan? Alasannya adalah karena jika Anda berhenti berolahraga, maka tekanan darah Anda akan meningkat kembali.

Jika Anda mengalami pre-hipertensi, beroalahraga dapat membantu Anda untuk menghambat terjadinya hipertensi. Atau, jika Anda sudah mengalami hipertensi, berolahraga akan membantu tekanan darah Anda pada tingkatan yang aman.

Bentuk olahraga yang mungkin bisa Anda coba untuk menurunkan tekanan darah adalah jalan, jogging, bersepeda, berenang, atau bahkan menari. American College of Sports Medicine (ACSM) mengatakan bahwa latihan sederhana seperti berjalan atau melakukan tugas-tugas rumah dapat menurunkan tekanan darah. ACSM merekomendasikan jam minimal setengah dari moderat aktivitas fisik lima hari dalam seminggu.

Dengan menggabungkan latihan kardiovaskular (seperti berlari ataupun berenang) dalam rutinitas Anda, ternyata dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan efisiensi jantung. Kombinasi tersebut akan mengurangi tekanan darah Anda.

BACA JUGA: 10 Aktivitas Bersih-bersih Rumah yang Membakar Banyak Kalori

3. Kurangi konsumsi garam

Salah satu penyebab tingginya tekanan darah adalah konsumsi garam yang berlebih. Oleh karena itu, untuk mengurangi tekanan darah, Anda harus mengurangi konsumsi garam hingga kurang dari sekitar satu sendok teh garam per hari dapat membuat perbedaan besar dalam tekanan darah Anda.

BACA JUGA: Waspada, 7 Makanan Ini Mengandung Garam Tinggi

4. Makan makanan yang sehat

Untuk menurunkan tekanan darah, cobalah untuk konsumsi makan makanan yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak dan kolesterol. Meskipun mengubah kebiasaan makan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, namun Anda bisa mencoba untuk menerapkan pola makan yang sehat seperti berikut ini :

  • Menulis buku harian makanan. Tujuannya adalah untuk memantau apa dan seberapa banyak makanan yang telah Anda makan.
  • Mempertimbangkan meningkatkan kalium dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran. Kalium dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah.
  • Jadilah pembeli yang cerdas, yaitu dengan membaca label nutrisi makanan saat Anda berbelanja, dan tetap pada rencana makan makanan yang sehat –meskipun saat Anda makan di luar.

5. Berhenti merokok

Ternyata, setiap batang rokok yang Anda konsumsi dapat berkontribusi pada meningkatnya tekanan darah Anda. Oleh karena itu, berhenti merokok akan membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah. 

BACA JUGA: Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berhenti Merokok

6. Beraktivitas di luar ruangan

Rendahnya tingkat vitamin D ternyata berkonstribusi dalam peningkatan tekanan darah. Dan, menurut sebuah studi, diketahui bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin D ternyata tidak membantu meningkatkan tekanan darah. Untuk itu, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan beraktivitas di luar ruangan sehingga kulit Anda terkena sinar matahari. Berdasarkan sebuah studi di tahun 2014, ditemukan bahwa ketika kulit terkena sinar matahari, reaksi kimia tersebut akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan tekanan darah menjadi turun.

7. Cek tekanan darah Anda secara rutin

Tentunya, melakukan pengecekan terhadap tekanan darah Anda secara rutin dapat membantu Anda mengawasi tekanan darah Anda. Sehingga hal ini dapat membantu Anda melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi peningkatan tekanan darah atau bahkan hipertensi.

Yang juga perlu Anda baca