Setiap wanita pasti mendambakan rambut sehat dan berkilau. Dengan rambut yang sehat, penampilan wanita pasti menjadi lebih baik dan membuatnya makin percaya diri. Tak jarang, untuk membuat rambutnya menjadi terlihat lebih bagus, banyak wanita menggunakan berbagai produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia. Tapi tunggu dulu, sebelum mencoba produk perawatan rambut, coba dulu beberapa minyak untuk rambut berikut ini. Minyak ini alami dan tentu tidak mengandung bahan kimia seperti yang ada di produk perawatan rambut.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah dipercaya selama ribuan tahun dapat menjaga kesehatan rambut. Minyak untuk rambut ini bekerja dengan cara menembus batang rambut dan mempertahankan kelembaban rambut, sehingga menambah kelembutan dan menguatkan akar rambut.

Minyak zaitun juga dapat menghaluskan lapisan pelindung rambut (kutikula), sehingga membuat rambut terlihat bersinar. Kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene dalam minyak zaitun dapat membuat hal tersebut terjadi. Bahkan, banyak produk sampo, conditioner, dan pomade mengandung bahan-bahan tersebut dalam bentuk sintesis yang dibuat di laboratorium.

Bagi Anda yang mempunyai rambut kering dan tebal, rambut bercabang, dan sering melakukan perawatan rambut dengan bahan kimia, mungkin cocok menggunakan minyak zaitun agar rambut lebih sehat.

2. Minyak kelapa

Kelapa memang pohon yang sangat bermanfaat di semua bagiannya, termasuk minyak yang dihasilkannya. Minyak kelapa dapat membantu Anda menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa dapat memberikan nutrisi dan melembabkan kulit kepala dan rambut.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Cosmetic Science tahun 2005 melaporkan bahwa minyak kelapa mampu menembus folikel rambut lebih banyak daripada bahan lain yang umum dalam conditioner. Sehingga, minyak kelapa dapat menjaga kelembaban rambut dan membuat kulit kepala lebih sehat.

Minyak kelapa juga dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut tumbuh lebih tebal. Namun, minyak kelapa ini tidak dapat mengobati penyebab rambut rontok. Sifat antibakteri dalam minyak kelapa juga dapat melawan infeksi jamur pada kulit kepala, seperti kurap, dan juga mengobati kulit kepala berketombe.

3. Minyak jojoba

Minyak untuk rambut lainnya adalah minyak jojoba. Minyak jojoba berasal dari tanaman jojoba, Simmondsia chinensis. Minyak ini kaya akan asam lemak, sehingga dapat meningkatkan kelembaban rambut Anda. Oleh karena itu, minyak ini cocok untuk Anda yang memiliki rambut kering atau rusak. Juga, dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe karena kulit kepala yang kering biasanya dapat menyebabkan rambut berketombe.

Pemakaian minyak jojoba pada rambut juga tidak meninggalkan residu apapun, sehingga tidak akan menyebabkan rambut menjadi berketombe. Anda bisa mengoleskan minyak jojoba langsung di kulit kepala, diamkan selama beberapa menit, dan cuci rambut dengan sampo.

4. Minyak jarak (castor oil)

Satu lagi minyak yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan rambut Anda adalah minyak jarak atau castor oil. Walaupun minyak jarak belum benar-benar terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi rambut, namun banyak orang percaya bahwa minyak jarak dapat menumbuhkan rambut atau untuk mengurangi kerontokan rambut.

Beberapa orang melaporkan bahwa penggunaan minyak jarak sekali dalam sebulan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut tiga sampai lima kali dibandingkan normal. Normalnya, rata-rata rambut manusia tumbuh lebih dari satu sentimeter setiap bulan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca