home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Seks setelah haid sering kali dihindari karena dianggap bukan masa subur wanita. Terutama jika Anda dan pasangan sedang melakukan program hamil. Namun, mungkinkah seks tepat setelah haid menyebabkan hamil? Yuk simak jawabannya di bawah ini.

Apakah hubungan seks setelah haid menyebabkan hamil?

menutup mata saat bercinta menutup mata saat berhubungan seks

Perlu Anda pahami bahwa pembuahan dapat terjadi ketika sel telur bertemu dengan sperma. Hal itu berarti sperma harus ada dalam saluran tuba falopi pada masa ovulasi wanita.

Lantas, apakah berhubungan seks setelah haid dapat menyebabkan hamil? Jawabannya adalah iya. Melansir New Health Guide, kehamilan dapat terjadi meskipun peluangnya relatif kecil.

Pada saat haid, Anda akan membuang sel telur yang tidak terpakai. Kemudian segera mempersiapkan lagi sel telur baru untuk dibuahi dalam beberapa hari.

Jika Anda melakukan hubungan seks sehari setelah haid berakhir, masih ada kemungkinan hamil. Pasalnya, sperma dapat menunggu hingga 5 hari di dalam vagina.

Namun, pada kenyataannya, sangat jarang terjadi pembuahan jika berhubungan seks sehari setelah haid. Hal ini karena umumnya, aktivitas sperma semakin menurun jika ia berada cukup lama di dalam vagina.

Sementara itu, sel telur wanita biasanya butuh waktu beberapa hari sebelum matang dan dilepaskan ke rahim untuk dibuahi.

Jika Anda merencanakan kehamilan, kemungkinan yang paling besar adalah jika Anda dan pasangan melakukan hubungan seks pada masa subur wanita, yaitu masa ketika wanita berovulasi (menghasilkan telur).

Bagaimana menghitung masa subur wanita?

Seks tepat setelah haid boleh-boleh saja Anda lakukan. Namun, jika mendambakan anak, pastikan Anda mengetahui kapan masa subur Anda dan lakukan hubungan seks yang berkualitas di masa itu.

Masa subur biasanya terjadi 10 hingga 17 hari setelah hari pertama haid terakhir. Hal ini berlaku jika siklus haid Anda normal yaitu 28 hari dalam satu periode.

Siklus haid maksudnya adalah jarak antara hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh menghitung siklus haid berikut.

Jika Anda mengalami haid pada tanggal 1 April, kemudian haid berikutnya pada tanggal 29 April, siklus menstruasi Anda adalah 28 hari.

Jika siklus haid Anda teratur, Anda dapat lebih mudah mengetahui masa subur. Pada contoh di atas, kemungkinan masa subur Anda berada di tanggal 11 hingga 18 April.

Penentuan tanggal ini belum tentu tepat, masa subur Anda bisa saja lebih cepat atau lebih lambat sebanyak satu atau dua hari.

Tips merencanakan kehamilan jika melakukan seks setelah haid

hamil 4 bulan

Pada dasarnya, sperma dapat bertahan hidup di dalam rahim selama 3 sampai 5 hari. Oleh karena itu, kehamilan masih mungkin terjadi jika Anda berhubungan seks 5 hari menjelang masa ovulasi sampai 1 hari setelah masa ovulasi.

Berdasarkan teori tersebut, seks saat haid setelah haid memungkinkan hamil. Namun, peluang hamil yang paling tinggi adalah jika sperma ada di dalam rahim tepat pada masa ovulasi (masa subur).

Melansir American College of Obstetricians and Gynecologists, berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya Anda lakukan dalam merencanakan kehamilan.

1. Ketahui masa subur Anda

Berhubungan seks segera setelah haid memang memungkinkan haid, tapi jika dilakukan pada masa subur kemungkinan hamil jauh lebih tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui masa subur Anda dengan baik.

Lakukan perhitungan dengan bantuan kalender atau alat penghitung masa subur untuk membantu Anda mengetahui kapan masa subur Anda terjadi.

2. Hindari stres

Jika siklus haid Anda teratur, Anda bisa memperkirakan masa subur dengan lebih akurat. Jagalah keteraturan siklus haid dengan menghindari stres, mengurangi aktivitas berat dan konsumsi makanan sehat.

Meskipun seks saat haid bisa menjadi pilihan, tetapi alangkah lebih baik jika Anda dan pasangan dapat merencanakan seks yang berkualitas di masa subur.

3. Mengecek cairan serviks

Selain menghitung tanggal, ternyata lendir serviks, yakni cairan yang keluar dari vagina, juga dapat digunakan untuk mengecek masa subur lho.

Saat masa ovulasi terjadi, biasanya lendir yang keluar dari serviks lebih ringan dan licin. Anda dapat merencanakan kehamilan di saat itu dengan melakukan hubungan seks setiap hari atau berselang satu hari.

Namun, pastikan Anda memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kondisi lendir, seperti penggunaan cairan pembersih kewanitaan, konsumsi obat-obatan atau pengaruh hormonal seperti stres dan menyusui.

4. Cek suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh saat sedang beristirahat atau tidur di malam hari. Biasanya suhu basal tubuh akan meningkat sekitar 0.3°C sampai 0,5°C jika Anda berada dalam masa ovulasi.

Masa yang paling subur terjadi pada 2-3 hari sebelum peningkatan suhu tubuh basal. Oleh karena itu, lakukan pengecekan suhu tubuh setiap hari sebelum bangkit dari tempat tidur dan beraktivitas.

5. Cek kesehatan reproduksi

Jika merencanakan kehamilan, Anda boleh saja melakukan seks setelah haid. Selain menjalankan tips-tips di atas, lakukan pula cek kesehatan reproduksi untuk memastikan reproduksi Anda sehat.

Jika Anda mengalami penyakit yang mengganggu kehamilan seperti kista ovarium dan PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome), sebaiknya Anda mengobatinya lebih dulu.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Can I Get Pregnant by Having Sex Right After Period?. (2021). Retrieved 8 April 2021, from https://www.newhealthguide.org/Sex-After-Menstruation.html

Fertility Awareness-Based Methods of Family Planning. (2019). Retrieved 8 April 2021, from https://www.acog.org/womens-health/faqs/fertility-awareness-based-methods-of-family-planning?utm_source=redirect&utm_medium=web&utm_campaign=otn

Menstrual cycle tool. (2018). Retrieved 8 April 2021, from https://www.womenshealth.gov/menstrual-cycle/your-menstrual-cycle\

K Welt, C. (2021). Evaluation of the menstrual cycle and timing of ovulation. University Of Utah School Of Medicine. Retrieved from https://www.uptodate.com/contents/evaluation-of-the-menstrual-cycle-and-timing-of-ovulation

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani
Tanggal diperbarui 5 hari lalu
x