Masih butuh dua gelas kopi setiap pagi demi mata melek seharian?

Menurut International Coffee Organization, sekitar 1,6 miliar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari di seluruh belahan dunia.

Terlalu sering ngopi juga tidak bagus untuk kesehatan. Konsumsi lebih dari 500-600 mg kafein setiap hari bisa menyebabkan insomnia, kegugupan, gelisah, cepat marah, maag, jantung berdebar, bahkan tremor otot. Beberapa penelitian juga telah mengaitkan bahwa kafein dalam batas normal pun tetap mengandung efek negatif bagi tubuh.

Dilansir dari Medicalnewstoday.com, mengonsumsi 300 mg kafein setiap hari selama kehamilan bisa meningkatkan risiko bayi kecil (berat saat lahir di bawah berat normal), sementara studi lainnya menunjukkan bahwa empat gelas kopi sehari meningkatkan risiko kematian dini.

Berikut adalah 6 cara mudah agar Anda bisa bangun pagi lebih semangat, tanpa bantuan kopi:

Gonta-ganti notifikasi alarm Anda

Jika Anda terus-terusan menggunakan satu nada dering untuk alarm Anda, hal ini akan membiasakan Anda terhadap bunyi tersebut dan cenderung untuk menunda bangun pagi.

Ganti dengan nada dering alarm yang berbeda, misalnya seminggu sekali, untuk mengejutkan Anda di pagi hari.

Persulit diri Anda untuk tekan “snooze”

Jauhkan alarm dari tempat tidur Anda, misalnya di meja rias atau di dekat pintu kamar. Saat alarm pagi berbunyi, mau tidak mau Anda harus benar-benar beranjak dari tempat tidur dan berjalan untuk mematikan alarm Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih memilih untuk melanjutkan aktivitas pagi Anda daripada menekan tombol ‘snooze’ dan kembali tidur.

Tarik-buang napas perlahan

Ngulet sebentar boleh, tapi sisihkan waktu sebentar untuk duduk di pinggir tempat tidur dan ayun-ayunkan kaki dibarengi dengan sesi tarik-buang napas dalam-dalam selama beberapa saat. Pemanasan ringan ini akan membantu menyiapkan tubuh Anda untuk bangun, namun pikiran tetap tenang.

Buka gorden atau nyalakan lampu kamar begitu Anda bangun

Segera buka gorden kamar tidur atau nyalakan lampu kamar tidur setelah Anda mulai merasa segar, juga matikan AC kamar. Sinar matahari akan mengirimkan sinyal kepada otak Anda, menandakan ini saatnya Anda untuk bangun dan bergerak. Berlama-lamaan di kamar yang gelap dan dingin justru semakin menggoda Anda untuk kembali tidur.

Minum air, bukan kopi

Setiap malam sebelum tidur, ada baiknya Anda minum air putih. Begitu pula di pagi hari.

Segelas air dingin saat perut kosong sebenarnya memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya menyeimbangkan kerja sistem getah bening yang berfungsi untuk melawan infeksi.

Air putih akan mendorong metabolisme Anda untuk mulai bekerja sehingga Anda akan bangun lebih cepat dan waspada. Jadi, selalu siapkan segelas air di meja kamar tidur Anda untuk menyambut Anda di pagi hari.

Buat motivasi pagi

Kalau setiap tidur dan bangun pagi Anda hanya membayangkan tentang tumpukan pekerjaan yang belum selesai, tentu rutinitas pagi Anda tidak akan menyenangkan. Otak Anda akan mengaitkan bangun pagi dan ‘teror’ kantor menjadi satu hal yang harus Anda hindari, membuat Anda untuk terus menunda bangun dan akhirnya merusak hari Anda.

Buat satu rutinitas pagi yang akan selalu Anda nantikan, misalnya sesi karaoke di kamar mandi, janjian sarapan bersama teman kantor di kafe, atau datangi kelas olahraga pagi di gym.

Mulai hari Anda dengan sesuatu yang menyenangkan bagi Anda daripada menyambut hari langsung dengan pekerjaan berat.

BACA JUGA:

Yang juga perlu Anda baca